Tips Upload Foto Instagram Jernih dan Tajam

TRISULA

Ukuran foto Instagram

Buat kamu yang sering update feeds di Instagram pernah ngga mengalami hasil uploadan kurang jernih dan tajam. Padahal kalau dilihat langsung dari file nya hasil gambar nya bagus dan jernih. Kenapa setelah diaupload jadi kurang tajam. 

Baca juga : Cara download video Twitter mudah 

Maka dari itu sobat dapat membaca tips ini supaya hasil upload foto di Instagram jernih dan tajam. Jadi postingan sobat tampak seperti hasil foto dari fotografer profesional. Tentu akan lebih menarik dan berpeluang mendapatkan banyak like dan komentar. Kira- kira apa saja tipsnya, simak dibawah ini : 

Tips upload foto Instagram jernih dan tajam 

Resolusi Foto Instagram 

Untuk mendapatkan gambar yang bagus, kalian dapat menggunakan layout yang sudah disediakan oleh Instagram. Yaitu square, potrait dan landscape sobat dapat memeilih diantara tiga itu. Kalau ukuran foto sudah sesuai dengan tiga layout itu maka gambar yang dihasilkan akan tajam. jadi itu tips pertama yang harus dipahami. 

Ukuran foto Instagram

Dari ketiga layout diatas sobat harus menyesuaikan ukuran foto yang akan diupload agar sesuai dengan standard Instagram, berikut ukuran yang cocok sesuai layout 

1. Untuk tipe layout square atau kotak perbandingan rasioanya 1:1 , ukuran yang cocok dengan rasio ini yaitu 1080×1080 pixel . 

2. Tipe layout potrait atau tegak berdiri perbandingan rasionya 4:5. Untuk ukuran ini resolusi terbaik adalah 1080×1350 pixel.

3. Layout landscape atau horizontal aspect rasionya 1.91:1 resolusi terbaik untuk layout ini adalah 1080×608 pixel. 

3 Aplikasi terbaik untuk edit foto Instagram 

Setelah memahami ukuran foto yang sesuai dengan layout Instagram , selanjutnya sobat dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan edit ukuran ,tone warna dan lainya. Kira-kira apa saja aplikasi yang disarankan? 

1. Lightroom – aplikasi ini sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna Instagram . Sobat dapat melakukan editing seperti mempertajam gambar. tetapi jangan terlalu over , gunakan sewajarnya saja. 

2. Vsco – Didalam aplikasi ini tersedia fitur efek yang sangat banyak, sobat dapat membeli versi premium untuk mendapatkan stok efek yang lengkap. Selain itu juga terdapat fitur untuk menajamkan gambar. 

3. Snapseed – siapa yang tidak tahu aplikasi ini, rasa-rasanya semua orang sudah pernah memakainya, selain karena fiturnya yang lengkap, yang mungkin tidak ada pada dua aplikasi diatas. Dapat digunakan untuk menajamkan gambar, healing dan masih banyak lagi 

Setting kamera hp 

Sebelum melakukan proses editing dan lain-lain , kualitas foto harus lebih dulu bagus. Maka dari itu penting untuk melakukan setting pada kamera hp. Pilih resolusi paling tinggi pada menu setting pada kamera bawaan, atau google cam. Pada setiap hp memiliki menu pengaturan yang berbeda-beda sobat dapat mencari refrensi pengaturanya di google. 

Setting Instagram 

Selanjutnya atur juga kualitas unggahan di instagram. Caranya buka Instagram >tap profil> pengaturan > akun > penggunaan data seluler > Media beresolusi tinggi , pada menu ini pilih penggunaan Seluler + WiFi agar file berhasil diunggah secara maksimal jadi hasilnya akan tajam. 

Sinyal internet lancar 

Ternyata, asal kalian tahu kualitas sinyal ketika proses upload foto juga mempengaruhi kualitas gambar. Bisa jadi sebab foto yang sobat upload hasilnya burik adalah karena sinyal sedang tidak stabil. Walaupun telah dilakukan settingan resolusi tinggi seperti diatas. 

Jadi pastikan gunakan jaringan WiFi yang cepat. atau menggunakan data seluler saat sinyal stabil mode 4g atau 5g . 

Kesimpulan 

bagaimana! mudah dan simple bukan. Sobat dapat menerapkan tips diatas untuk kebutuhan upload foto di Instagram. Seperti upload foto pemandangan, makanan, atau produk jualan. Supaya kualitas gambar bagus sehingga akan membuat calon pembeli lebih tertarik. Coba saja dijamin hasilnya akan lebih jernih dan tajam. Semoga tips ini cukup membantu. Terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar