6 Cara Merawat Laptop Gaming Supaya Performanya Tetap Tangguh!

Anggi Novita Sari

Cara Merawat Laptop Gaming 

Kadjiro – Seiring berkembangnya dunia game online, semakin banyak juga orang yang mempunyai perangkat khusus untuk bermain game seperti laptop gaming. Laptop gaming menjadi salah satu pilihan yang paling populer, karena fleksibilitasnya memungkinkan para pemain untuk bisa menikmati game favorit mereka dari mana saja. Namun dengan penggunaan yang intens dan sering, merawat laptop gaming menjadi satu hal sangat penting. 

Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu bisa memastikan laptop gaming kamu tetap tangguh dan bisa menjalankan berbagai game terbaru dengan performa yang optimal. Lalu, bagaimana cara merawat laptop gaming supaya tidak cepat rusak? Yuk, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Merawat Laptop Gaming 

Di dalam menjaga agar laptop gaming tetap tangguh dan awet, ada beberapa langkah perawatan yang harus diperhatikan. Sebagai berikut adalah cara merawat laptop gaming yang bisa membantu kamu di dalam memastikan performa dan umur penggunaan perangkat kamu : 

  1. Membersihkan Secara Berkala 

Apabila kamu bertanya hal apa yang membuat laptop gaming cepat rusak? Salah satu adalah dikarenakan debu dan kotoran yang menumpuk di bagian permukaan laptop, keyboard dan ventilasinya. Itulah kenapa, penting sekali untuk membersihkan laptop gaming secara berkala supaya tidak mengganggu kinerja laptop karena mengganggu sirkulasi udara yang masuk. 

  1. Menggunakan Antivirus 

Kedengarannya memang biasa-biasa saja, tapi menggunakan antivirus ini bisa menjadi salah satu upaya untuk memberikan perlindungan laptop gaming kamu dari segala jenis serangan virus dan malware yang bisa merusak sistem operasi serta mengganggu performanya. 

Namun, penting untuk memilih antivirus yang terpercaya dan melakukan scan secara rutin. Aktifkan juga fitur proteksi real time serta selalu melakukan upgrade antivirus untuk menjaga keamanan laptop gaming kamu. 

  1. Memperbarui Driver dan Sistem Operasi 

Memperbarui driver dan sistem operasi secara rutin, seperti kartu grafis, kartu suara dan perangkat keras lainnya ini juga menjadi salah satu bagian dari merawat laptop gaming dan memastikan perangkat tersebut mempunyai driver terbaru yang diperlukan untuk meningkatkan performa lebih optimal. Selain itu, untuk sistem operasi ini juga penting untuk melakukan pembaruan bug hingga meningkatkan keamanannya. 

  1. Menghindari Overheating 

Menghindari overheating ini juga menjadi salah satu langkah penting di dalam merawat laptop gaming. Untuk mencegah overheating, pastikan laptop gaming kamu ditempatkan pada permukaan yang rata dan mempunyai sirkulasi yang baik. 

Sebaiknya juga menghindari menempatkan laptop gaming di atas kasur. Selain itu, gunakan juga cooler untuk membantu menjaga suhu laptop gaming agar tetap stabil dan tidak terjadi overheating yang bisa merusak beberapa komponen internal di dalamnya. 

  1. Memeriksa Kondisi Hardware Secara Berkala 

Apa saja yang menyebabkan laptop gaming kamu cepat rusak? Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadi kerusakan pada laptop gaming. Itulah kenapa, di dalam merawat laptop gaming kamu harus melakukan pemeriksaan hardware secara berkala seperti memastikan baterai tidak mengalami pembengkakan atau penurunan daya, ventilasi dan kipas pendingin bersih dari debu dan lain-lain. 

  1. Mengoptimalkan Pengaturan Daya 

Mengoptimalkan pengaturan daya di laptop gaming ini juga bisa membantu di dalam memperpanjang umur baterai dan menjaga performa dari perangkat tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengatur penggunaan daya secara optimal melalui pengaturan yang telah disediakan oleh sistem operasi dan memilih mode pengaturan daya sesuai dengan kebutuhan. 

Lalu, apakah boleh main game di laptop sembari di cas? Boleh-boleh saja, bahkan penggunaan laptop gaming disarankan digunakan sambil dicas. Namun, sebaiknya kamu tetap memperhatikan beberapa hal untuk meminimalkan resiko kerusakan yang terjadi pada laptop gaming dan baterainya. 

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Setelah tahu cara merawat laptop gaming, berikut ini ada beberapa rekomendasi laptop gaming terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Apabila sedang membutuhkan perangkat tambahan yang lebih cerdas, yuk simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut : 

  1. MSI Cyborg 15 A12VF-429ID 

MSI Cyborg 15 A12VF-429ID adalah laptop gaming pilihan terbaik untuk memberikan pengalaman bermain yang luar biasa. Mempunyai layar 12.6 inch FHD (1920×1080) berkecepatan 144Hz IPS-Level, kamu akan mendapatkan visual yang tajam dan juga responsif. 

Grafisnya juga sudah didukung dengan NVIDIA GeForce RTX 4060 dan laptop GBU 8GB GDDR6, memberikan kinerja grafis yang luar biasa untuk bermain game terbaru. Hadirnya prosesor Intel Core i7-12650H up to 4.70 GHz, memberikan daya komputasi yang kuat untuk menjalankan beberapa game yang intens. 

Kamu juga tidak perlu khawatir lagi, karena laptop gaming kali ini sudah dibekali dengan DDR5 16GB (8GB*2) untuk menjalankan beberapa game dan aplikasi secara lancar. MSI Cyborg 15 A12VF-429ID ini juga sudah dilengkapi dengan baterai 3 cell, 53.5 Whr dan memberikan daya yang cukup untuk sesi bermain gaming durasi panjang. 

  1. MSI GF63 Thin 12UXC-1013ID 

MSI GF63 Thin 12UXC-1013ID adalah rekomendasi laptop gaming yang memberikan penawaran pengalaman bermain game secara imersif dan beberapa fitur audio super canggih. Dilengkapi dengan Nahimic 3 Audio Enhancer dan Hi-Res Audio Ready, laptop yang satu ini menghadirkan kualitas audio yang superior untuk menambahkan dimensi baru di dalam pengalaman bermain game.

Sedangkan, untuk performanya sudah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core 15-12450H Processor 12M Cache, up to 4.4 Ghz, laptop ini menawarkan kinerja komputasi yang cepat dan responif untuk menjalankan beberapa game berat. Grafis yang dihadirkan oleh MSI GF63 Thin 12UXC-1013ID adalah NVDIA Ge Force RTX 2050 GPU DDR6 4GB dan memberikan kinerja grafis yang optimal untuk bermain game. 

Nah, itulah dia cara merawat dan rekomendasi laptop gaming yang bisa kamu pilih. Selamat memilih dan semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai tambahan informasi, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar