4 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot dan Ngelag

Anggi Novita Sari

Cara Mengatasi WhatsApp Lemot dan Ngelag

Kadjiro – WhatsApp ngefreeze, lemot dan ngelag tentunya akan sangat mengganggu. Apalagi, buat kamu yang menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chatting utama. 

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi WhatsApp ngelag yang bisa kamu coba. Bagi yang penasaran, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab WhatsApp Lemot dan Ngelag 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasi WhatsApp lemot, penting buat kamu untuk paham terlebih dahulu alasan yang menjadi penyebab kenapa WhatsApp pending tapi internet lancar. Karena sering kali, solusi yang tepat untuk mengatasi WhatsApp lemot dipilih berdasarkan dengan penyebabnya. 

Kalau begitu, apa saja faktor yang seringkali menyebabkan WhatsApp lemot dan ngelag? Sebagai berikut adalah daftar daftar selengkapnya : 

  1. Belum Update ke Aplikasi WhatsApp Versi Terbaru 

Salah satu penyebab umum mengapa aplikasi WhatsApp menjadi lemot adalah versi aplikasi yang ternyata sudah usang. Untuk memastikan apakah penyebabnya benar versi WhatsApp yang belum update, kamu bisa langsung mengecek di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) untuk mengecek apakah sudah ada update aplikasi ke versi terbaru atau belum. 

  1. Memori HP sudah Penuh 

Penyebab umum lainnya kenapa WhatsApp lemot di iPhone maupun Android adalah kapasitas memori perangkat yang sudah penuh. Hal ini dikarenakan aplikasi WhatsApp membutuhkan memori yang cukup supaya tetap bisa digunakan secara normal. 

  1. Tumpukan Data dan Cache WhatsApp 

Apabila kamu menggunakan aplikasi di HP, akan selalu ada data dan file cache yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut, terlepas dari apa aplikasi yang kamu gunakan. Nah, file cache dan data tersebut bisa terus menerus menumpuk dan memenuhi memori HP jika selalu dibirkan dan tidak pernah dihapus sama sekali. 

Cara Mengatasi WhatsApp Lemot dan Ngelag 

Setelah mengetahui apa saja faktor yang biasanya menyebabkan WhatsApp jadi lemot, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari solusi yang tepat. Berikut adalah 5 cara mengatasi WhatsApp lemot yang bisa kamu lakukan : 

  1. Hapus Chat yang Sudah Lama 

Buat kamu yang menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chat utama untuk komunikasi, besar kemungkinan ada banyak chat yang di dalam aplikasi tersebut. Bahkan, tidak mengejutkan kalau total chat-nya bisa mencapai ratusan. Padahal, WhatsApp akan butuh lebih banyak waktu supaya bisa terbuka jika ada terlalu banyak chat di dalamnya. 

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi WhatsApp lemot dan ngelag yang bisa kamu coba adalah menghapus chat yang sudah lama atau tidak terlalu penting. Kamu hanya perlu tekan chat yang ingin dihapus cukup lama, kemudian tap ikon gambar tempat sampah di bagian atas layar untuk menghapusnya. Bahkan, kamu juga bisa memilih beberapa chat terlebih dahulu dan menghapus semuanya sekaligus. 

Untuk grup, kamu hanya perlu keluar terlebih dahulu grup dan kemudian menghapusnya. Namun, kamu hanya saja bisa menghapus grup secara terpisah dan tidak bisa dilakukan secara bersamaan dengan menghapus chat WhatsApp. 

  1. Hapus Cache dan Data WhatsApp 

Dengan begitu banyak pesan yang masuk ditambah file dan media di dalam chat, ada banyak data yang tersimpan di dalam aplikasi WhatsApp. Apalagi, jika aplikasinya kamu gunakan dengan frekuensi yang tinggi. 

Cache sendiri sebenarnya digunakan untuk menyimpan informasi yang sering digunakan terkait aplikasi, sementara data aplikasi akan menyimpan di setiap file atau pesan yang ada di dalam aplikasi. Maka dari itu, tidak heran kalau menghapus cache dan data aplikasi WhatsApp ini bisa menjadi salah satu cara agar WhatsApp tidak lemot dan ngelag paling efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan : 

  • Membuka menu “Settings” di HP, lalu pilih opsi menu “Apps”. Setelah itu, HP akan menampilkan daftar semua aplikasi yang ada di dalam perangkat kamu. 
  • Cari aplikasi “WhatsApp”, lalu tap untuk membukanya. 
  • Pilih opsi “Clear Cache”. Kamu juga bisa sekalian memilih “clear data” jika memang dibutuhkan. 

Di saat menghapus cache, HP kamu akan menghapus semua data cache di perangkat yang aslinya disimpan supaya pesan bisa dibuka lebih cepat. Setelah cache dihapus, kamu mungkin akan merasa aplikasi loading agak lama di saat pertama kali membuka, tapi seharinya aplikasi tersebut akan langsung berfungsi normal di dalam beberapa saat. 

Sedangkan, untuk opsi “clear data” sebaiknya kamu pilih di saat kondisinya benar-benar butuh. Soalnya, ketika kamu menghapus data kamu juga akan ter-logout aplikasi dan kamu harus login lagi sesudahnya. 

  1. Restart HP 

Terkadang, solusi yang paling efektif untuk mengatasi aplikasi lemot adalah melakukan restart HP. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi WhatsApp lemot, ngelag dan hang freeze. 

Apabila kamu melakukan restart HP, cara ini akan merefresh perangkat dengan menghapus cache dan mengurangi beban memori yang digunakan pada penyimpanan RAM. Kamu bisa restart HP setiap hari atau biasakan mematikan HP sebelum tidur dan menyalakan kembali di saat bangun. Atau kamu juga bisa jadwalkan melakukan restart HP minimal seminggu sekali. 

  1. Update Aplikasi WhatsApp versi Terbaru 

Seperti sudah dijelaskan di atas, menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama ini juga bisa menjadi penyebab WhatsApp ngelag atau lemot. Sehingga, tidak mengherankan jika update aplikasi menjadi salah satu rekomendasi cara mengatasi WhatsApp ngelag yang efektif. 

Ketika pihak developer aplikasi merilis update ke versi terbaru, ada beberapa alasan yang melandasinya. Misalnya, untuk memperbaiki bugs di versi yang sebelumnya, penambahan fitur dan lain-lain. 

Solusi satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu membuka Google Play Store (Android) dan App Store (iPhone). Kemudian cari aplikasi WhatsApp. Apabila ada tombol opsi “update”, berarti sudah ada versi terbaru untuk aplikasi WhatsApp di HP kamu. 

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja cara mengatasi WhatsApp ngelag yang bisa kamu lakukan jika nanti aplikasi mendapati masalah serupa? Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kamu, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar