Ingin Membeli Smartwatch? Ini 9 Fungsi yang Harus Diketahui Terlebih Dahulu

Anggi Novita Sari

Fungsi Smartwatch 

Kadjiro – Belakangan ini, kamu seringkali melihat orang yang menggunakan smartwatch ketika sedang berada di tempat gym atau di transportasi. Tampaknya, aksesoris ponsel yang satu ini sedang populer di masyarakat. Namun, apa sebenarnya fungsi dari smartwatch bagi para penggunanya ? 

Bahkan, ada produk gadget jenis ini yang memang dikhususkan untuk pengguna anak-anak. Setahu kamu salah satu fungsi dari smartwatch adalah supaya tidak ketinggalan notifikasi dari headphone. Namun, apa benar sebatas itu saja? 

Kalau memang fungsi dari smartwatch hanya hal tersebut, tampaknya orang-orang tidak akan berbondong-bondong untuk menggunakannya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai fungsi aksesoris yang satu ini. Siapa tahu kamu tertarik untuk membeli dan menggunakannya. 

Fungsi Smartwatch 

Sebelum mengetahui fungsi dari smartwatch, ada baiknya kamu ketahui dahulu pengertian dari perangkat satu ini. Dilansir dari laman Lifeware, jam pintar ini merupakan sebuah perangkat portable yang memang didesain secara khusus untuk bisa dikenakan di bagian pergelangan tangan. 

Perangkat satu ini bekerja hampir sama dengan smartphone. Bisa dijalankan melalui touchscreen, mempunyai sejumlah aplikasi, bahkan terkadang bisa membantu kamu mengecek kondisi kesehatan secara umum. 

Bisa dibilang, kamu seperti menggunakan komputer mini yang bentuknya hampir mirip dengan jam di tanganmu. Pada umumnya, perangkat satu ini banyak digunakan untuk aktivitas diluar ruangan, seperti bersepeda atau jogging

Namun, sebenarnya apa fungsi dari smartwatch sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakannya? Supaya kamu tidak banyak melakukan spekulasi. Berikut ini adalah beberapa fungsi smartwatch yang harus kamu ketahui : 

  1. Tidak Ketinggalan Notifikasi 

Terkadang, letak smartphone kamu berada di tas atau loker saat sedang melakukan olahraga. Bisa juga, kamu tidak diperkenankan untuk menggunakan ponsel di saat sedang berada di dalam ruangan meeting. Padahal, kamu sedang menunggu pesan penting dari klien maupun keluarga. 

Nah, disinilah fungsi dari smartwatch muncul. Kamu harus tahu, bahwa perangkat ini bisa terkoneksi dengan notifikasi yang ada di dalam ponsel. 

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan notifikasi pesan singkat, chat, telepon masuk dan update media sosial. Jadi, kamu akan selalu mendapatkan notifikasi terkini meski tidak sedang menggunakan ponsel. 

  1. Bisa Membantu Manajemen Kesehatan 

Salah satu alasan semakin banyak orang yang menggunakan smartwatch adalah untuk perihal kesehatan. Kenapa bisa demikian? Sejumlah merek jam pintar ini mempunyai fitur untuk melakukan pengecekan kesehatan para penggunanya. 

Contohnya, kamu bisa tahu jumlah langkah yang sudah dipijak seharian dan angka detak jantungmu. Jadi, ketika berbeda, kamu tahu ini bukan menjadi hal yang normal. Tidak heran jenis perangkat satu ini banyak digunakan pada saat pandemi COVID-19. 

  1. Mengetahui Perkiraan Cuaca 

Apabila kamu akan melakukan aktivitas diluar ruangan, pastinya harus mengetahui cuaca yang ada di luar. Jangan sampai kamu sudah siap-siap jogging di taman dan ternyata hujan deras. 

Nah, kamu bisa melakukan pengecekan perkiraan cuaca dan suhunya melalui jam pintar satu ini. Fungsi sebenarnya dari smartwatch adalah untuk menentukan arah aktivitas di luar ruangan. . 

  1. Mendengarkan Musik 

Pada saat berolahraga di luar ruangan, kamu seringkali membutuhkan musik untuk menambahkan semangat. Kalau kamu mengkoneksikan ke ponsel, berarti harus dibawa kemana-mana. 

Untuk setting lagunya pun juga harus membuka ponsel. Ternyata, fungsi smartwatch salah satunya adalah juga bisa mempermudah kamu di saat mendengarkan musik. 

  1. Menjawab Pesan 

Selain mendapatkan notifikasi pesan-pesan dari ponsel, kamu ternyata juga dapat menjawabnya dari jam pintar tersebut. Fungsi dari smartwatch adalah kamu bisa melakukan dengan voice dictation. Jadi, perangkat ini akan mengirimkan semua perintah suara ke ponsel kamu. Sangat menarik, bukan? 

  1. Sebagai Alarm Pengingat 

Fungsi smartwatch berikutnya adalah sebagai alat pengingat kamu. Sejumlah jam pintar mempunyai fitur yang mengingatkan kamu terhadap kebiasaan. 

Contohnya, kamu sudah duduk selama dua jam dan saatnya bergerak. Bisa juga mengingatkan kamu untuk mengkonsumsi air putih setelah berapa lama. 

Tentunya, fitur-fitur ini juga bisa membantu kamu di dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, smartwatch juga bisa menyalakn alarm kamu untuk membuat jadwal atau tugasmu berikutnya. Jadi, terasa seperti mempunyai asisten pribadi. 

  1. Membantu Mencari Ponsel 

Pernahkah kamu lupa meletakkan ponsel terakhir kali? Biasanya, hal seperti ini sering terjadi dan membuatmu pusing. 

Apalagi, ketika kamu harus melakukan hal penting menggunakan perangkat pintar tersebut. Fungsi dari smartwatch berikutnya adalah membantu kamu di dalam menemukan perangkat HP

Sejumlah jam pintar mempunyai fitur untuk mencari gadget dan kunci elektronik. Pastinya, pertama-tama kamu harus mendaftarkan perangkat tersebut. Lalu, melakukan tracker bisa menyala ketika kamu sedang melakukan pencarian. 

  1. Bisa Berfoto 

Kamu merasa hari ini sedang stunning banget. Namun, terlalu malas untuk mengambil ponsel yang ada di dalam tas. 

Tenang saja, karena sejumlah smartwatch sudah dilengkapi dengan remote camera yang bisa kamu gunakan kapan saja. Jadi, kamu bisa lebih leluasa untuk melakukan selfie

  1. Mengatur Waktu Menggunakan Smartwatch 

Apabila sedang berolahraga, kamu membutuhkan stopwatch untuk menghitung berapa lama gerakannya. Nah, fungsi dari smartwatch berikutnya adalah mempunyai fitur tersebut. Jadi, kamu tidak berlebihan untuk melakukan latihan fisik tersebut atau tidak kekurangan. 

Kamu hanya tinggal memilih tombol stopwatch di jam pintar kamu. Pastinya, ini akan mempermudah kamu karena tidak perlu lagi menggunakan perangkat lain. 

Itu dia beberapa fungsi dari smartwatch yang harus kamu ketahui sebelum membelinya. Perangkat ini juga sangat penting untuk kamu yang aktif melakukan aktivitas harian. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar