4 Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu, Jangan Sampai Salah Membeli!

Anggi Novita Sari

Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu 

Kadjiro – Beredarnya HP Samsung KW, rekondisi dan replika ini cukup meresahkan bagi para pengguna gadget original. Pasalnya, ada beberapa ponsel palsu tersebut juga dijual bebas di beberapa gerai ponsel maupun toko online

Tampilan bahkan informasi spesifikasi dari HP Samsung palsu pun tidak jauh berbeda dengan yang aslinya. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena kebanyakan dari kamu sulit untuk melihat perbedaan tersebut jika melihatnya secara sekilas saja. 

Maka dari itu, sebagai pembeli kamu harus lebih jeli di dalam membedakan HP Samsung yang asli dengan palsu. Bagi yang penasaran dengan cara membedakan HP Samsung asli dan palsu, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu 

Sebagai berikut adalah cara membedakan HP Samsung Asli dan Palsu yang harus kamu ketahui : 

  1. Mengecek Spesifikasi dan Harga 

Pengecekan spesifikasi dan harga HP Samsung ini menjadi langkah pertama untuk memastikan keaslian dari perangkat tersebut. Apabila kamu membeli unit HP dari e-commerce dan bukan toko officialnya, pastikan spesifikasi HP Samsung yang akan atau sudah kamu beli cocok dengan aslinya. 

Sebagai contoh, kamu akan membeli HP Samsung Galaxy S24 Ultra. HP ini mempunyai spesifikasi di kelas paling atas. Contohnya, kapasitas RAM jumbo sebesar 12GB, menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan hadir di dalam kamera 200 MP yang bisa melakukan zoom di objek seperti bulan. 

Nah, di e-commerce tidak jarang ada oknum penjual yang memasarkan HP Samsung replika. Bahkan, di beberapa diantaranya tidak menyertakan keterangan bahwa HP tersebut bukan unit yang asli. 

Ada juga yang memberikan informasi spesifikasi yang hampir mirip dengan aslinya. Namun, bila kamu cukup jeli, kejanggalan sangat mudah sekali untuk ditemukan. Tidak mungkin HP secanggih Samsung Galaxy S24 Ultra dijual dengan harga Rp1.000.000,00. 

Jelas, jika mempunyai spesifikasi yang ditawarkan, tidak mungkin HP flagship kali ini mempunyai harga lebih mudah daripada Samsung Galaxy A33 5G. Bahkan, HP Samsung yang murah seperti Galaxy A03, Galaxy A04 mempunyai harga sekitar Rp1.300.000,00. 

Harga asli untuk sebuah unit HP Samsung Galaxy S24 Ultra ini bisa mencapai angka belasan juta Rupiah. Supaya tidak salah informasi perihal informasi, nama produk dan harga HP Samsung yang asli, silahkan untuk membuka situs resmi dari Samsung. 

  1. Mengecek Bentuknya

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengenali HP Samsung asli dan palsu adalah mengecek pada bentuk aslinya. Buat yang membeli langsung, cara kali ini tentu mudah sekali untuk dilakukan.

Tapi mungkin buat yang beli secara online, kamu membutuhkan effort lain supaya bisa mengenali HP tersebut asli atau palsu. Cara yang paling mudah untuk mengenali bentuk fisik produknya adalah dari gambar promosi di toko online tersebut. 

Bentuk HP Samsung yang palsu dan mempunyai nama mirip ini seringkali ditemukan di beberapa toko online. Bukan HP Samsung saja yang mempunyai duplikasi atau kemiripan tapi juga ada di HP merk lainnya. 

Pada umumnya, HP palsu tersebut mempunyai bentuk bodi yang belakangnya mirip dengan aslinya. Itulah kenapa HP palsu sering disebut sebagai HP HDC. 

Sebagai informasi HDC merupakan singkatan dari high detailed copy. Sebagian ada yang menyebutnya dengan handphone copy draw. Apapun singkatannya, HP HDC merupakan HP palsu yang mempunyai tampilan seperti HP ori. 

Ada satu hal perlu diingat, HP HDC biasanya memberikan penawaran bentuk fisik yang tidak kokoh alias seadanya. Berbeda dengan produk asli Samsung yang telah beredar di pasaran. 

  1. Mengecek IMEI HP Samsung 

Untuk mengetahui keaslian dari HP Samsung, kamu bisa mengecek menggunakan IMEI. Caranya sangat mudah dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 

  • Membuka dialer di HP Samsung kamu dan mengetikkan *#06#. 
  • Salin salah satu nomor IMEi dan simpan di dalam aplikasi notes atau tempat aman lain yang ada di HP kamu. 
  • Cocokkan IMEI yang sudah kamu salin dengan nomor IMEI yang tertera di box penjualan HP Samsung. Apabila sama, kamu bisa dipastikan HP Samsung sudah terjamin keasliannya. 

Selain mengecek melalui dialer, kamu juga harus memastikan orisinalitas dari HP Samsung melalui website untuk mengecek IMEI-nya. Salah satu situs yang paling populer adalah Imei.info. Sebagai berikut adalah langkah-langkah mengecek IMEi di web tersebut : 

  • Masuk ke dalam situs www.imei.info
  • Tempelkan nomor IMEI HP Samsung di bagian kolom yang sudah tersedia. 
  • Isikan kolom CAPTCHA. Setelah selesai, klik tombol “Check”. 
  • Informasi soal HP kamu akan segera tampil di dalam website, termasuk IMEi beserta dengan nomor serinya. Apabila cocok dengan yang tertera di box penjualan atau perangkat, maka HP Samsung kamu terjamin keasliannya. 

Situs diatas juga bisa kamu gunakan untuk mengecek garansi dari HP Samsung kamu. Hanya saja, untuk layanan ini berbayar. Informasi tentang IMEI juga bisa kamu lihat di menu “settings – about phone”. Disini akan tertera nomor IMEI, nomor seri, nama produk dan model HP-nya. 

  1. Tes LCD 

Kamu bisa mengecek keaslian ponsel, setelah kamu terlanjur membelinya. Caranya adalah kamu mengecek komponen LCD-nya. 

Tuliskan saja kode *#0*# di layar panggilan untuk melakukan pengetesan LCD. Setelah itu, HP Samsung kamu akan menghadirkan beberapa tes seperti layar sentuh, kamera, suara dan lain-lain. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai 4 cara membedakan HP Samsung yang asli dan palsu. Semoga semua cara di atas bisa membantu kamu yang masih ragu dengan produk Samsung ingin kamu beli. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “4 Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu, Jangan Sampai Salah Membeli!”

  1. Ping-balik: 3 Cara Melihat Status WhatsApp yang di Privasi, Mudah dan Tidak Ribet! – Kadjiro

Tinggalkan komentar