3 Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram, Tanpa Menggunakan Aplikasi!

Anggi Novita Sari

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram

Kadjiro – Di balik semua fitur menarik yang sudah ditawarkan oleh Instagram, ada beberapa hal yang masih sering dikeluhkan oleh para pengguna. Salah satunya adalah masalah terkait Instagram yang masih tidak bisa menyimpan foto ke galeri HP. 

Sebenarnya, tidak adanya fitur ini bukan tanpa alasan lagi. Ada beberapa hal yang menyebabkan tidak dapat menyimpan foto dari Instagram. Bagi yang penasaran, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Tidak Bisa Menyimpan Foto di Instagram 

Tidak semua foto cantik yang ada di Instagram dapat langsung disimpan di dalam galeri HP kamu. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut terjadi : 

  1. Hak Cipta 

Instagram menjadi salah satu media sosial yang sangat peduli perihal hak cipta dari sebuah karya. Media sosial satu ini juga menyadari perjuangan maupun proses pembuatan sebuah foto yang diposting. Maka dari itu, Instagram tidak mengizinkan para penggunanya untuk menyimpan foto maupun video dari akun orang lain secara sembarangan. 

Tidak heran, ketika Instagram masih tidak menambahkan fitur langsung untuk menyimpan foto-fotonya di galeri HP. Sampai dengan saat ini, Instagram hanya mengizinkan para penggunanya untuk menyimpan foto maupun video miliknya saja, bukan milik orang lain. 

  1. Tidak Ada Fitur Download 

Penyebab lain tidak bisa menyimpan foto Instagram adalah tidak ada fitur download di dalamnya. Berbeda dengan media sosial lainnya yang sudah menyediakan fitur download untuk setiap postingan berupa foto maupun video. Hal ini sesuai dengan kebijakan Instagram yang sangat menghargai hak cipta dari sebuah postingan atau karya telah dibagikan. 

  1. Akses Foto 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Instagram hanya memberikan izin kepada pengguna untuk menyimpan foto miliknya sendiri di dalam galeri HP. Namun sayangnya, beberapa pengguna masih kesulitan di dalam menyimpan foto miliknya ke galeri. 

Apabila hal tersebut terjadi, penyebab bisa jadi karena kamu belum memberikan akses foto untuk aplikasi Instagram. Solusinya adalah kamu bisa masuk ke dalam menu pengaturan di HP dan memilih aplikasi Instagram. Kemudian, cek juga di bagian akses perizinannya. 

  1. Aplikasi Belum Melakukan Update 

Apabila kamu masih kesulitan di dalam menyimpan foto dari Instagram sendiri, maka bisa jadi karena aplikasinya belum di update. Pasalnya, fitur simpan foto ini biasanya akan hadir di dalam aplikasi Instagram versi paling baru. Nah, kamu bisa mencoba update terlebih dahulu aplikasinya dari Google Play Store

  1. Sistem Keamanan yang Super Ketat 

Guna mencegah terjadinya pelanggaran terhadap hak cipta, Instagram sudah dibekali dengan sistem keamanan yang cukup ketat di dalam perihal unggah dan menyimpan foto. Ada beberapa foto yang tampak mengandung unsur kekerasan, seks dan hal sensitif lainnya juga terkadang tidak dapat disimpan ke galeri. Bahkan, Instagram juga akan menampilkan peringatan terhadap konten sensitif di saat kamu mengunggah foto maupun video semacam itu. 

Penyebab tidak bisa menyimpan foto di Instagram yang terakhir adalah koneksi internet yang tidak stabil. Foto dan video yang diunggah ke Instagram ini akan membutuhkan koneksi internet benar-benar bagus. Sama halnya, ketika ingin menyimpan foto dari Instagram yang juga membutuhkan koneksi internet. 

Cara Menyimpan Foto dari Instagram

Instagram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang fokus pada postingan foto maupun video. Selain itu, Instagram juga mempunyai berbagai macam fitur dan filter menarik supaya foto maupun video yang diunggah terlihat lebih menarik.

Hal inilah yang membuat beberapa pengguna Instagram berusaha untuk menyimpan foto dari akun sendiri maupun akun milik orang lain. Sebagai berikut adalah cara menyimpan foto dari Instagram : 

  1. Menyalakan Fitur Simpan ke Galeri 

Instagram memang sampai sekarang belum dibekali dengan fitur download untuk menyimpan konten milik orang lain. Akan tetapi, Instagram sudah menyediakan fitur simpan ke galeri untuk menyimpan foto maupun video milik sendiri.

Dengan menyalakan fitur ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyimpan foto dari Instagram. Untuk menyalakan fitur ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Instagram dan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut : 

  • Membuka profil Instagram dan masuk ke menu “Settings and Privacy” dengan cara menekan menu tiga baris yang ada di sebelah pojok kanan atas. 
  • Pilih “Archiving and downloading”. 
  • Aktifkan fitur “Save original photos” dan “Save story to Gallery”. 
  • Selesai. 
  1. Menggunakan Situs Web 

Cara berikutnya adalah menggunakan situs download foto dan video dari Instagram. Banyak situs web yang sudah menyediakan fitur untuk mengunduh foto maupun video dari Instagram. Bahkan, kamu juga bisa menyimpan story dengan mudah. 

Tidak hanya milik sendiri, kamu juga bisa menyimpan foto dan video milik orang lain. Dengan catatan akun tersebut tidak terkunci atau terbuka untuk public. 

Meski begitu, kamu juga tetap harus bijak di dalam menggunakan cara yang satu ini. Pasalnya, bisa saja kamu menyimpan foto maupun video yang memang mempunyai hak cipta dan tidak boleh digunakan secara sembarangan. 

  1. Menggunakan Fitur Screenshot 

Era HP yang kini semakin berkembang pesat memang memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya. Salah satunya adalah fitur screenshot yang bisa digunakan untuk memotret layar HP. Fitur yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto dari Instagram. 

Cara menggunakan fitur satu ini sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan screenshot di bagian foto yang ingin kamu simpan. Namun, lagi-lagi kamu harus bijak di dalam melakukan tindakan semacam ini. Pasalnya, mungkin saja hal ini akan mengganggu privasi dari seseorang. 

Itulah beberapa hal yang mungkin menyebabkan tidak dapat menyimpan foto dari Instagram. Meski begitu, kamu masih tetap bisa menyimpan foto dan video dari Instagram dengan melakukan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “3 Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram, Tanpa Menggunakan Aplikasi!”

  1. Мадонна, икона поп-музыки и культурного влияния, продолжает вдохновлять и поражать своей музыкой и стилем. Её карьера олицетворяет смелость, инновации и постоянное стремление к самовыражению. Среди её лучших песен можно выделить “Like a Prayer”, “Vogue”, “Material Girl”, “Into the Groove” и “Hung Up”. Эти треки не только доминировали на музыкальных чартах, но и оставили неизгладимый след в культурной и исторической панораме музыки. Мадонна не только певица, но и икона стиля, актриса и предприниматель, чье влияние простирается далеко за рамки музыкальной индустрии. Скачать mp3 музыку 2024 года и слушать онлайн бесплатно.

    Balas

Tinggalkan komentar