8 Cara Mengatasi iPhone 15 Pro Cepat Panas, Membuat HP Semakin Awet!

Anggi Novita Sari

Cara Mengatasi iPhone 15 Pro Cepat Panas 

Kadjiro – Beberapa pengguna mengeluhkan, bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max cepat panas saat digunakan. Apple mengakui masalah yang satu ini disebabkan oleh bug di dalam sistem operasi iOS 17 dan peningkatan aktivitas di latar belakang. 

Mereka berjanji akan mengatasi masalah satu ini dengan melakukan pembaruan perangkat lunak iOS 17.1 dan bekerja sama dengan pengembang aplikasi untuk memperbaiki aplikasi yang membuat perangkat panas. Pengguna juga diingatkan untuk selalu menggunakan adaptor dengan daya yang sesuai pada saat mengisi daya baterai. 

Meski tidak semua pengguna mengalami masalah ini, Apple mengatakan bahwa tidak ada resiko keamanan yang muncul akibat suhu perangkat yang tinggi. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara mengatasi iPhone 15 Pro cepat panas. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Mengatasi iPhone 15 Pro Cepat Panas 

Selain overheating, banyak dari pengguna yang mengeluhkan baterai iPhone 15 yang cepat panas. Meski bisa diatasi dengan melakukan pembaruan iOS 17.0.03 terbaru, namun update untuk patch tersebut belum tersedia sampai dengan sekarang. Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan iPhone 15 Pro cepat panas :

  1. Melihat Konsumsi Baterai Pada Aplikasi 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat konsumsi baterai pada aplikasi. Sebagai berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan : 

  • Membuka “Pengaturan – Baterai” untuk memeriksa secara detail penggunaan baterai kamu selama 24 jam terakhir. Maka akan terlihat aplikasi mana saja yang menggunakan energi paling banyak (termasuk layar utama, layar kunci dan siri). 
  • Klik “Last X Days” di bagian sebelah kanan yang akan memberikan gambar lebih luas tentang beberapa perihal apa yang menguras daya baterai kamu. 
  • Mencari “Aktivitas Latar Belakang” di bagian bawah aplikasi untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah menggunakan energi di belakang layar atau belum. 
  • Lihat juga “saran masa pakai baterai” tepat di atas penggunaan baterai (di dekat bagian atas). Ini akan memberikanmu cara cepat dan mudah ditindaklanjuti untuk mengatasi pengurasan baterai iPhone 15 Pro. 
  1. Mode Hemat Daya 

Mode hemat daya merupakan cara yang paling cepat untuk memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini akan bekerja dengan menyuguhkan pengambilan email, pembaruan aplikasi latar belakang, unduhan secara otomatis dan lainnya menggunakan satu tombol. Kamu juga bisa mengaktifkan mode pembaruan di “pengaturan – baterai” atau meminta Siri untuk melakukannya. 

Namun, akan berguna untuk mempunyai akses cepat ke mode daya rendah di pusat kontrol. Buka “pengaturan – control center – sesuaikan kontrol”, lalu ketuk ikon “+” di sebelah mode hemat daya jika belum tersedia. Ini berguna untuk menghentikan semua aktivitas di latar belakang aplikasi pada saat kamu barusan saja mengatur iPhone baru

  1. Brightness 

Apabila kamu melihat “layar utama dan layar kunci” pada pengguna baterai lebih tinggi dari yang diharapkan, sebaiknya melakukan pemeriksaan di pengaturan tersebut. Menurunkan kecerahan (Brightness) juga akan membantu kamu di dalam umur baterai, tapi ini juga akan bergantung lagi dengan preferensi masing-masing. 

Kamu bisa melakukannya di Control Center (geser dari sudut kanan atas) atau “pengaturan – tampilan & kecerahan”. Dengan kecerahan HDR iPhone 15 Pro hingga 1600 nits dan kecerahan luar ruangan hingga 2000 nits, ini merupakan sesuatu yang harus diperhatikan. 

  1. Auto – Lock 

Auto Lock setelah 30 detik ini akan membantu kamu di dalam menjaga umur baterai iPhone 15 Pro paling lama. Caranya adalah membuka “pengaturan – tampilan & kecerahan – auto lock”. 

  1. Always on Display 

Seperti di iPhone 15 Pro, tampilan Always on Display iPhone 15 Pro seharusnya tidak menghabiskan banyak baterai, karena tingkat kecepatan refreshnya sangat rendah. Namun jika ingin memperpanjang masa penggunaan baterai kamu selama mungkin, mematikannya bisa menghemat hampir 1% daya per jam. Pilihan lainnya adalah membiarkan always-on diaktifkan, tapi menonaktifkan wallpaper dan notifikasi berwarna. 

  1. Mengecek Suhu Panas dan Dingin 

Apple mengatakan, bahwa suhu lingkungan zona nyaman untuk iPhone adalah 32 – 95 derajat fahrenheit. Selain menjauhkan iPhone kamu dari panas yang ekstrim, sebaiknya lepaskan casing iPhone jika kamu melihatnya menjadi panas di saat mengisi daya atau memulihkan dari cadangan. 

Sedangkan, untuk suhu dibawah 32 derajat fahrenheit bisa mengurangi masa pakai baterai secara sementara. Apabila kamu tinggal di iklim dengan suhu dingin, menyimpan iPhone kamu lebih dekat ke tubuh kamu di saku bagian dalam bisa membantu memperpanjang masa pakai baterai dengan membuatnya selalu tetap hangat. 

  1. Pembaruan Aplikasi di Latar Belakang 

Penyegaran aplikasi di latar belakang ini memungkinkan aplikasi untuk memperbarui informasi di latar belakang, bahkan saat kamu tidak menggunakannya. Kamu juga bisa menonaktifkan penyegaran aplikasi di latar belakang untuk aplikasi tertentu dan caranya adalah “pengaturan – umum – penyegaran aplikasi latar belakang”. 

  1. Membatasi Penggunaan Layanan Lokasi 

Layanan lokasi akan menggunakan baterai pada saat aplikasi kamu menggunakan data lokasi. Kamu bisa membatasi penggunaan layanan lokasi tersebut untuk aplikasi tertentu di “pengaturan – privasi & keamanan – layanan lokasi”. 

Itulah dia beberapa tips yang bisa kamu gunakan supaya baterai iPhone 15 Pro tidak cepat panas dan tidak mudah habis sembari menunggu update dari software terbarunya. Apabila masih mengalami masalah yang sama dan setelah melakukan tips diatas, maka langkah terbaik adalah menggunakan powerbank atau MagSafe untuk menjaga baterai smartphone. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “8 Cara Mengatasi iPhone 15 Pro Cepat Panas, Membuat HP Semakin Awet!”

  1. Ping-balik: 5 Aplikasi Pembersih Cache Terbaik untuk iPhone, Terbaik dan Gratis! – Kadjiro

Tinggalkan komentar