7 Alat Live TikTok dan Instagram yang Harus Dimiliki oleh Content Creator

Anggi Novita Sari

Daftar Alat Live TikTok dan Instagram 

Kadjiro – TikTok dan Instagram kini sudah merajai platform media sosial berkat fitur live streamingnya. Sehingga, lebih banyak diminati oleh content creator untuk melakukan siaran langsung. 

Supaya lebih optimal dan banyak ditonton, kamu juga membutuhkan alat live TikTok dan Instagram yang mumpuni. Lalu, apa saja diantaranya? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Daftar Alat Live TikTok dan Instagram 

Sebagai berikut adalah daftar perlengkapan dan alat yang bisa kamu gunakan untuk live di TikTok dan Instagram : 

  1. Kamera Berkualitas HD 

Peralatan pertama yang harus dimiliki pada saat live TikTok dan Instagram adalah kamera dengan kualitas HD. Tujuannya adalah untuk menghadirkan gambar yang jernih dan mempunyai resolusi tinggi. Maka dari itu, pastikan di dalam memilih kamera selain lensa dengan resolusi tinggi, fitur-fitur pendukungnya juga lengkap. 

Di dalam hal ini, salah satunya adalah smartphone dengan kamera full HD atau resolusi 1080p. Berkat ukuran resolusi tersebut, maka hasil akan terlihat lebih nyata dan jernih. Apalagi kalau ditambahkan dengan beberapa efek pendukung supaya lebih optimal dan tidak membosankan para audiens. 

  1. Ring Light 

Selanjutnya, pencahayaan juga wajib diperhatikan pada saat live di TikTok maupun Instagram. Cahaya natural dari tempat yang dibuat untuk live streaming ini terkadang tidak terlalu optimal. 

Maka dari itu, ring light merupakan pilihan yang paling tepat. Terutama untuk melakukan live di indoor dengan pencahayaan yang lebih merata dan terlihat smooth di suatu objek tertentu. 

Sesuai dengan namanya, alat live kali ini mempunyai bentuk seperti cincin dan lampu yang ada di sekelilingnya. Kamu juga bisa mengatur pencahayaan dari lampu ini supaya tidak terlalu terang atau redup. 

Atur juga ketinggian tata letak pencahayaan supaya lebih fokus pada objek yang disorot. Untuk masalah harganya sangat beragam dan yang paling murah berada di bawah Rp100.000,00. 

  1. Mikrofon 

Tidak hanya sekedar video saja, seorang content creator juga wajib memperhatikan perihal suara di saat live berlangsung. Sebagus apapun video, tentunya kurang pas rasanya jika tidak dibarengi dengan kualitas audio yang jernih. Khususnya di saat streaming di luar ruangan yang ramai dengan suara sekitarnya. 

Disini, kamu bisa menggunakan mikrofon yang sudah dilengkapi dengan peredam kebisingan. Fitur tersebut juga akan menyaring suara dan peredam suara dari luar. Jadi, hanya suara kamu yang masuk di dalam perangkat tersebut. Selain itu, dengan kondisi audio yang bagus maka konten akan terlihat lebih profesional dan menarik. 

  1. Headset 

Selain mikrofon, untuk memantau kualitas audio kamu juga membutuhkan headset. Apalagi kalau konten yang disajikan berhubungan dengan game. Di dalam hal ini, gunakan headset dengan fitur noise cancelling yang bisa meredam suara dari luar dan lebih jernih. 

Biasanya, pengguna lebih suka menggunakan jenis headset gaming karena mempunyai performa unggul. Lalu, perhatikan juga tingkat kenyamanan saat digunakan. 

Usahakan headset tersebut sudah sesuai dengan ukuran kepala bantalan busa yang empuk dan lembut. Dengan begitu, maka tidak membuat sakit di kepala pada saat digunakan hingga mencegah terjadinya iritasi di kulit bagian telinga karena busa yang berkualitas buruk. 

  1. Powerbank 

Apabila kamu menggunakan smartphone, perhatikan selalu perihal kondisi baterai. Jangan sampai di tengah-tengah live TikTok dan Instagram, HP kamu mati tiba-tiba mati karena daya baterai yang menurun drastis. Terlebih lagi di saat kamu melakukan live di tempat terbuka (outdoor) yang jauh dari sumber arus listrik. 

Maka, salah satu cara untuk menjaga daya baterai supaya tetap prima adalah menggunakan powerbank. Selain itu, gunakan juga charger dengan kualitas terbaik dan mempunyai standar keamanan tinggi. Jadi, selain tidak khawatir baterai habis juga merawat HP supaya tetap awet. 

  1. Tripod dan Smart Holder 

Tripod bisa kamu gunakan untuk menjaga perangkat kamera dan HP tetap stabil selama melakukan live. Perangkat satu ini bisa meredam guncangan atau getaran yang berpengaruh terhadap hasil video. Para pembuat konten biasanya akan menggunakan tripod untuk mengambil video dengan komposisi dan sudut yang sesuai. 

Selain tripod, kamu juga bisa menggunakan smart holder. Biasanya, perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur yang canggih seperti auto tracking. Jadi, cukup letakkan kamera dan pasangkan di tripod maka perangkat akan langsung bergerak mengikuti gerakan para pengguna. Bahkan, bisa juga beralih ke mode hanya dengan menggunakan gestur gesekan dan tangan saja. 

  1. Perangkat Pendukung Internet 

Terakhir, pastikan juga internet kamu berjalan stabil selama live di TikTok dan Instagram berlangsung. Sebab, kondisi internet yang stabil ini bisa memaksimalkan kreativitas para content creator. Hasilnya juga lebih baik dan akan ada banyak audiens yang menonton kontenmu. 

Kamu juga bisa menggunakan beberapa perangkat tambahan untuk tetap menjaga kestabilannya. Khususnya untuk live dengan kualitas gambar terbaik dan di dalam jangka waktu panjang. 

Misalnya menggunakan router atau WiFi extender. Pilihlah kedua perangkat tersebut sesuai dengan kebutuhan di saat melakukan live streaming di TikTok dan Instagram. 

Nah, itu dia alat live di TikTok dan Instagram yang harus kamu miliki. Dengan perlengkapan tersebut, kamu akan terasa lebih nyaman di saat live dan potensial untuk ditonton banyak orang. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas konten yang dibuat. Pastikan konten tersebut sudah menarik tanpa harus melanggar ketentuan yang ada.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar