5 Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense, Cepat dan Mudah

Anggi Novita Sari

Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense

Kadjiro – Meningkatkan pendapatan dari Google AdSense merupakan tujuan yang diinginkan oleh para pemilik situs web dan pengembang konten online. Google AdSense merupakan program periklanan secara online yang memungkinkan pemilik situs web atau blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang ditampilkan di halaman miliknya. 

Namun, untuk mencapai hasil secara signifikan kamu membutuhkan upaya dan strategi yang tepat. Di dalam kesempatan kali ini akan membahas 5 cara yang paling efektif untuk meningkatkan pendapatan dari Google AdSense. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Google AdSense ? 

Sebelum masuk di dalam pembahasan inti, kamu harus paham terlebih dahulu akan pengertian dari Google AdSense. Google AdSense adalah program periklanan besutan dari Google. 

Layanan periklanan kali ini mempunyai basic Cost Per Click (CPC) dan memungkinkan para pemilik situs maupun website untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang sudah terpasang di dalam situs miliknya. Sejak pertama kali diluncurkan, banyak para pemilik situs yang langsung melakukan pendaftaran situs miliknya menjadi publisher dari layanan Google AdSense ini. 

Hal ini terbukti sampai dengan sekarang dan sudah ada lebih dari 2 juta publisher Google AdSense tersebar di seluruh dunia yang terus meningkat setiap tahunnya. Layanan dari Google AdSense ini akan menampilkan iklan di sebuah situs dengan bentuk teks, gambar atau video yang nantinya akan ditujukan kepada para pengunjung situs. Iklan yang ditampilkan kepada pengunjung situs juga disesuaikan dengan minat. 

Mungkin kamu bertanya, bagaimana cara untuk mengetahui minat dari pengunjung sebuah situs? Mudah saja, Google AdSense ini akan melihat cache aplikasi browser untuk mengetahui history dari aktivitas internet pengunjung situs. 

Nantinya, iklan yang ditampilkan oleh pengunjung ini akan disesuaikan dengan ketertarikan pengunjung dan pemasang iklan bisa mendapatkan audiens iklan lebih akurat. Sebagai contoh, kamu mencari produk fashion pria dan wanita. 

Nah, jika membuka situs, Google AdSense akan langsung menampilkan dari toko produk fashion yang sudah kamu bukan sebelumnya atau semacamnya. Iklan yang akan kamu dapatkan ini juga akan berubah seiring berjalanya waktu atau sesuai cache aplikasi browser ,history pencarian dan aktivitas internet. 

Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense

Mendapatkan penghasilan yang jumlahnya terus meningkat ini menjadi sesuatu hal diinginkan oleh banyak orang. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pendapatan di Google AdSense dan berikut penjelasan selengkapnya : 

  1. Optimasi Ukuran Iklan dan Penempatannya 

Optimasi ukuran iklan dan penempatannya adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan di Google AdSense. Dengan mengoptimalkan ukuran iklan dan menempatkannya dengan bijak, kamu bisa meningkatkan jumlah klik yang akan diterima dan mengoptimalkan nilai per klik (Cost Per Click / PCP). 

Google AdSense menyediakan berbagai macam ukuran iklan yang bisa kamu gunakan. Disarankan, kamu memilih ukuran iklan yang sesuai dengan tata letak situs web yang paling menarik perhatian pengunjung. Ada beberapa ukuran iklan yang paling umum digunakan, yaitu 336 x 280, 300 x 250 dan 728×90. 

  1. Memperhatikan Sumber Lalu Lintas Pengunjung 

Di setiap wilayah maupun negara mempunyai Coast Per Click (CPC) yang berbeda-beda. Dengan hal inilah yang harus kamu optimalkan untuk bisa mendapatkan penghasilan maksimal dari Google AdSense. 

Gunakan juga alat pendukung analisis web seperti Google Analytics untuk melakukan pelacakan lalu lintas di dalam situs web kamu. Hal ini juga akan memberikan wawasan tentang jumlah pengunjung, sumber lalu lintas, perilaku pengunjung dan lain-lain. Bahkan, kamu juga bisa melihat sumber lalu lintas untuk mengetahui dari mana pengunjung datang, apakah itu dari mesin pencarian, media sosial, situs web lain dan beberapa sumber lainnya. 

  1. Membuat Iklan Menjadi Lebih Relevan 

Iklan yang sesuai dengan konten yang kamu buat ini mempunyai tingkat kecenderungan yang lebih besar untuk di klik daripada tidak. Dengan memastikan bahwa iklan yang ditampilkan kepada pengunjung situs web kamu sesuai minat dan preferensi, ini bisa memaksimalkan iklan di klik dan mendapatkan penghasilan dari Google AdSense yang jauh lebih besar. 

Cobalah untuk menggunakan alat pencarian kata kunci supaya dapat menemukan kata kunci yang relevan dengan konten situs web kamu. Memilih kata kunci ini bisa membantu Google AdSense di dalam memahami konten situs kamu dan menampilkan iklan yang sesuai. 

  1. Menghasilkan Konten yang Berkualitas Tinggi 

Konten berkualitas tinggi ini mencakup dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu orisinal dan informatif. Kedua hal ini mempunyai peran yang besar di dalam meningkatkan penghasilan dari Google AdSense, karena konten yang berkualitas bisa lebih mudah menarik perhatian pembaca dan termasuk iklan yang ditampilkan. 

Pastikan semua konten yang kamu tulis unik, informatif dan memberikan nilai tambah bagi para pembaca. Hindari juga menyalin konten dari sumber yang sudah ada, karena hal ini bisa merugikan peringkat SEO kamu dan mengurangi tingkat kepercayaan pengguna. 

  1. Mencoba Jenis Iklan yang Mempunyai Kinerja Baik 

Penting sekali bagi kamu untuk paham, bahwa Google AdSense memberikan penawaran berbagai macam jenis iklan yang bisa ditampilkan di dalam situs web. Hal ini termasuk iklan teks, iklan gambar, iklan responsif, iklan video dan lain-lain. 

Untuk meningkatkan pendapatan, kamu bisa melakukan uji coba dengan berbagai jenis iklan ini dengan melihat mana yang memberikan hasil terbaik bagi situs web kamu. Cobalah untuk menempelkan iklan di lokasi yang sudah terlihat jelas dan mudah diakses oleh pengunjung. Contohnya, kamu bisa menempatkan iklan di bagian header atau sidebar situs web. 

Pendapatan dari Google AdSense sebenarnya bisa kamu optimalkan dengan melakukan berbagai macam cara yang sudah disebutkan diatas. Google AdSense memang menjadi salah satu media periklanan yang cukup baik bagi para pemilik website, tapi kamu harus melakukan optimasi untuk bisa mendapatkan penghasilan jauh lebih besar. 

Sekian penjelasan mengenai 5 cara meningkatkan pendapatan dari Google AdSense. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan tambahan informasi, khususnya pemilik website yang ingin mendapatkan trafik penghasilan terus meningkat. 

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar