Internet HP Kamu Lemot? Gunakan 9 Cara Memperkuat Sinyal WiFi HP Berikut

Anggi Novita Sari

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP 

Kadjiro – Saat ini, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi banyak orang. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah menggunakan jaringan WiFi. Namun, terkadang sinyal WiFi di Hp kamu sering lemah. Sehingga, membuat koneksi jaringan internet menjadi lambat dan terputus. 

Ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi di HP kamu. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP 

Sinyal WiFi di HP yang lemah ini disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kesalahan jaringan sampai dengan bug di bagian software. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan sebagai berikut diantaranya : 

  1. Posisi yang Tepat untuk Router 

Pastikan router WiFi kamu sudah ditempatkan pada tempat yang strategis dan bebas dari hambatan. Hindari juga penyimpanan di dalam lemari maupun belakang benda besar yang bisa menghalangi sinyal. Tanpa disadari, ketebalan dinding ini juga memberikan pengaruh besar terhadap kelancaran sinyal WiFi yang diterima. 

Apabila jaraknya terlalu jauh, pastikan kamu untuk memindahkan router atau modem ke tempat lebih dekat. Beberapa perangkat elektronik juga ada yang dapat mengganggu sinyal WiFi, maka dari itu pastikan meletakkan router di tempat yang tepat. 

  1. Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak Router 

Selalu pastikan, bahwa perangkat lunak router kamu selalu diperbarui. Pembaruan ini tidak hanya memberikan fitur baru tapi juga memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja sinyal. Jadi, pastikan untuk melakukan update software atau sistem operasi ke versi terbaru yang bisa dilakukan dari aplikasi maupun pengaturan perangkat lunak di HP. 

  1. Menggunakan Frekuensi yang Tepat 

Router modern seringkali mendukung dua frekuensi, yaitu 2.4 GHz dan 5GHz. Pilih salah satu frekuensi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Frekuensi 5GHz ini lebih cepat, tapi mempunyai jangkauan yang lebih pendek. 

Smartphone yang tersedia saat ini mempunyai beberapa pengaturan frekuensi yang bisa dirubah. Kamu juga bisa melakukan perubahan sesuai dengan keinginan. 

Apabila masih menggunakan smartphone versi lama, biasanya hanya bisa beroperasi di frekuensi 2.4 GHz. Di saat perangkat kamu mendukung, maka pastikan untuk melakukan perubahan ke 5Ghz. 

  1. Menggunakan Repeater 

Apabila di area rumah kamu sulit dijangkau oleh sinyal, maka pertimbangkan untuk menggunakan perangkat sinyal atau repeater. Alat yang satu ini bisa digunakan untuk memperluas jaringan WiFi terutama di area yang sulit dijangkau oleh router. Harga repeater kali ini relatif murah, sehingga kamu tidak perlu merogoh krocek yang terlalu dalam untuk mendapatkan perangkat satu ini. 

Di saat kamu sudah menggunakan router baru tapi masih mengalami masalah dengan sinyal, maka tidak ada salahnya menggantinya dengan yang baru. Seperti yang diketahui, bahwa perangkat router yang lama ini sudah tidak dapat digunakan untuk menyalurkan koneksi internet dengan kecepatan tertentu. 

  1. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal 

Menggunakan aplikasi penguat sinyal adalah cara yang paling praktis untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi di HP. Kamu bisa dengan mudah menemukan aplikasi penguat sinyal di Google Play Store maupun App Store. 

Kebanyakan aplikasi ini bisa menganalisis pengaturan WiFi dan mengoptimalkan sinyal WiFi. Bahkan, ada beberapa yang sudah didukung dengan alat penguji koneksi terintegrasi dan memberikan cara cepat untuk analisa koneksi. 

Apabila aplikasi tersebut nantinya akan menyediakan berbagai fitur, termasuk tombol Boost yang bisa digunakan untuk meningkatkan WiFi di ponselmu. Dengan mengaktifkan fitur yang satu ini, kamu bisa merasakan koneksi yang lebih cepat dibandingkan pengguna lainnya. 

  1. Mengecek Case HP 

Siapa sangka ternyata casing HP bisa memberikan pengaruh seberapa kuat sinyal WiFi yang diterima oleh ponselmu, terutama di saat casing tersebut terbuat dari logam. Seperti yang diketahui, bahwa logam mempunyai sifat untuk memantulkan sinyal WiFi akibat konduktivitas dan kemampuannya untuk memanipulasi medan elektromagnetik. 

Dengan hal tersebut pula, biasanya router WiFi kamu diletakkan pada area yang penuh dengan perangkat elektronik atau barang mengandung logam. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan speed test tanpa casing untuk meningkatkan penerimaan sinyal WiFi. 

  1. Mengganti Jaringan yang Sepi 

Untuk memperkuat sinyal WiFi, kamu bisa memilih channel yang kurang ramai. Gunakan aplikasi analisis jaringan WiFi, seperti WiFi Analyzer di HP Android kamu untuk menentukan channel yang kurang digunakan. Selain itu, matikan koneksi di perangkat yang sedang digunakan untuk mengoptimalkan bandwidth dan mencegah penurunan kecepatan di perangkat sedang aktif. 

  1. Restart HP atau Modem 

Cara yang paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah merestart smartphone atau modem. Apabila ada kesalahan atau bug yang membuat jaringan bermasalah, maka biarkan router atau modem mati di dalam beberapa menit sebelum menghidupkan kembali. 

Apabila masih terjadi masalah setelah melakukan restart HP, kamu bisa mencoba untuk lupakan sambungan terlebih dahulu dan menyambungkannya kembali dengan memasukkan password WiFi lagi. Karena di dalam beberapa kasus memang sering terjadi kesalahan di dalam jaringan karena bug. 

  1. Ganti Password 

Coba untuk mengganti password dengan komposisi yang lebih kuat untuk menghindari penggunaan akses tidak sah. Karena pencurian sinyal WiFi ini bukan hal yang jarang terjadi saat ini. Apabila sinyal WiFi kamu luas dan bisa diakses hingga ke jalan raya atau rumah orang lain. 

Maka, kamu bisa mencoba untuk menghapus akses perangkat yang tidak dikenal dan mengganti password di setiap 3 bulan sekali. Dengan hal ini, kamu bisa terhindar dari penggunaan WiFi tanpa izin yang bisa memperlambat koneksi internet. 

Itulah dia 9 cara untuk memperkuat sinyal WiFi di HP yang bisa kamu gunakan. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu dan bermanfaat. 

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Internet HP Kamu Lemot? Gunakan 9 Cara Memperkuat Sinyal WiFi HP Berikut”

  1. Ping-balik: 8 Cara Mengatasi WiFi Lemot Mudah dan Praktis, Dijamin Internet Langsung Lancar! – Kadjiro

Tinggalkan komentar