7 Fitur Canggih Google Photos yang Harus Kamu Ketahui

Anggi Novita Sari

Fitur Google Photos 

Kadjiro – Bagi pengguna smartphone khususnya Android tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan dari OS Android yaitu Google Photos. Meski begitu, kenyataanya masih belum banyak para pengguna yang tahu apa itu Google Photos dan apa saja fitur-fitur di dalamnya. 

Google Photos merupakan aplikasi penyimpanan dan berbagi foto yang sudah diluncurkan oleh Google sejak tahun 2015. Tidak hanya untuk smartphone Android, Google Photo juga tersedia untuk perangkat iOS dan versi web. 

Berbeda dengan aplikasi Gallery bawaan smartphone yang mempunyai fitur rata-rata, Google Photos ini mempunyai banyak fitur mengesankan yang masih belum banyak diketahui oleh penggunanya. Lali, apa saja fitur yang ada di dalam Google Photos? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Fitur Google Photos 

Seperti sudah disebutkan diatas, bahwa sampai dengan saat ini masih banyak pengguna yang belum paham betul dengan aplikasi Google Photos. Berikut adalah beberapa fitur Google Photos yang harus kamu ketahui : 

  1. Unlimited Backup 

Salah satu masalah utama di saat kamera smartphone canggih adalah ukuran fotonya semakin besar. Dampaknya memori penyimpanan smartphone kamu menjadi cepat habis. Akan tetapi, jika kamu menggunakan Google Photos tidak perlu takut lagi kehabisan memori penyimpanan. 

Ini merupakan keuntungan terbesar di saat menggunakan Google Photos. Kamu bisa memilih jenis sinkronisasi (backup) ke cloud storage di Google Photos. Apabila kamu memilih Original Quality (ukuran asli), maka foto tersebut akan masuk di dalam perhitungan kapasitas Google Drive. Sedangkan, untuk kamu memilih High Quality maka bisa menyimpan foto sebanyak apapun tanpa batas dan gratis. 

  1. Album Sharing 

Tidak cuman foto yang bisa kamu bagikan lewat smartphone, tapi satu album juga bisa. Fungsi kali ini ada di Google Photos dan sering disebut dengan Album Sharing. 

Cara penggunaanya sangat sederhana. Pilih foto yang ingin kamu bagikan, lalu buat Sharing Link dan mulai kirimkan ke teman-teman terdekat kalian. Nantinya, mereka yang membuka album tersebut bisa menambahkan foto seru mereka sendiri dan dibagikan ke pengguna lainnya. 

Satu hal yang tidak kalah menarik adalah kamu bisa saling berkomentar di album foto tersebut. Sangat menarik dan seru, bukan? 

  1. Search 

Fitur keren yang ada di Google Photos adalah pencarian yang brilian. Artinya, kamu bisa dengan mudah mencari foto yang sudah di backup dengan keyword yang sesuai. 

Contohnya kamu mencari kata selfie, girl atau coffee, maka Google Photos akan menampilkan semua foto yang berhubungan dengan apa yang kamu cari. Jadi, kamu tidak perlu ribet lagi mencari satu persatu foto yang dimaksud. Sangat hemat waktu, kan? 

  1. Photos Editor 

Meski pada dasarnya Google Photos sebagai galeri, tapi aplikasi ini mempunyai alat edit dengan fitur yang lumayan lengkap. Kamu bisa menambahkan filter, mengatur pencahayaan dan warna, atau melakukan rotate dan cropping. Tergantung kebutuhan kamu, jika hanya ingin sekedar membuat foto tampak lebih bagus maka fitur edit foto di dalam aplikasi Photos sudah memadai. 

  1. Video Editor 

Meski namanya menggunakan embel-embel foto, aplikasi yang satu ini bisa juga digunakan untuk mengedit video. Memang, untuk fitur edit video yang ada di dalam aplikasi Google Photos ini tidak terlalu canggih. 

Akan tetapi, dengan fitur ini kamu bisa membuat video lebih stabil, merotasi video dan memotong video. Untuk sekedar mengedit video, tentunya fitur editor video di dalam aplikasi Google Photos ini sudah sangat memadai. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat klik film menggunakan aplikasi Google Photos dan bantuan Google Assistant. Kamu bisa memilih baik foto (jadi slideshow) atau potongan video untuk kamu buat film. Fitur yang satu ini semacam auto-editing yang ditambahkan dengan filter dan suara (kamu juga bisa menambahkan lagu sendiri). 

  1. Animasi Stop Motion 

Salah satu fitur paling menarik dari Google Photos yang sampai dengan sekarang belum banyak orang tahu adalah bisa membuat animasi stop motion dari foto yang sudah dimiliki. Caranya juga sangat mudah, karena bisa dilakukan secara otomatis. 

Kamu tinggal mengambil setidaknya 3 – 50 foto dengan konsisten dan mengatur ritme yang baik. Selebihnya, aplikasi Google Photos yang akan merubah menjadi sebuah animasi. 

  1. Mengatur Waktu dan Lokasi 

Untuk beberapa kasus, bisa saja foto yang kamu terlabelkan oleh waktu dan lokasi yang salah. Hal ini mungkin saja terjadi, karena pengaturan di kamera smartphone kamu yang keliru. 

Kamu bisa mengatur sendiri waktu dan lokasi sesuai dengan keinginan dari aplikasi Google Photos. Opsi kali ini juga tersedia di situs Photos. 

Perbedaan Google Photos dan Galery 

Kamu mungkin sedang bertanya-tanya apa perbedaan antara Google Photos dan Galeri di smartphone? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google Photos memberikan banyak fitur dan tidak tersedia di galeri. 

Fitur Google Photos ini juga dirancang secara khusus untuk mempermudah proses penyimpanan berbagai file foto supaya mudah diakses di saat melakukan penelusuran. Lalu, apa kelebihan Google Photos dibandingkan dengan aplikasi galeri yang sudah ada di smartphone? Sebagai berikut penjelasan selengkapnya : 

  1. Mode Pencarian yang Lebih Cerdas 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas fitur utama dari Google Photos adalah kemampuan untuk secara langsung menandai foto dan video berdasarkan lokasi, pengenalan wajah dan jenis media seperti selfie, tangkapan layar dan video. Semuanya akan dikelompokkan menjadi beberapa kategori tertentu, sehingga pengguna bisa dengan mudah menemukan media yang ingin dibuka tanpa harus menggulir ke bawah. 

  1. Cloud Storage 

Fitur yang menjadikan Google Photos sebagai aplikasi berbagi media yang terbaik adalah kemampuan untuk mendatangkan media di perangkat kamu ke layanan penyimpanan cloud. Artinya, kamu bisa mengunduh media yang disimpan di dalam akun penyimpanan cloud di berbagai macam perangkat dan dimanapun.

Apabila smartphone rusak atau hilang, kamu tidak perlu kehilangan semua data media karena sudah tersimpan secara otomatis di penyimpanan cloud. Backup juga bisa dilakukan melalui koneksi atau data WiFi. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai Google Photos yang harus kamu ketahui. Semoga dengan adanya informasi diatas bisa memberikan manfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “7 Fitur Canggih Google Photos yang Harus Kamu Ketahui”

  1. Ping-balik: 7 Tips dan Trik Menggunakan VPN, Dijamin Internet Semakin Lancar. – Kadjiro

Tinggalkan komentar