Apa Perbedaan VPN Gratis dan VPN Berbayar? Ini Dia 6 Perbedaan yang Harus Kamu Ketahui!

Anggi Novita Sari

Perbedaqn VPN Gratis dan Berbayar

Kadjiro – Jangan pernah mengharapkan kesempurnaan dari produk yang kamu dapatkan secara gratis. Namun, kamu harus tahu apakah produk tersebut cukup baik untuk tujuan kamu atau tidak. 

Hal tersebut juga berlaku pada VPN. VPN gratis memberi solusi yang tepat bagi kalangan masyarakat. Namun, bagaimanapun juga VPN gratis ini tetap mempunyai beberapa kekurangan. Jadi, kamu harus tetap membeli versi berbayarnya. 

Tentu saja, ada perbedaan diantara VPN gratis dan berbayar. Mengenali perbedaan dan kekurangannya masing-masing VPN akan membuat kamu paham mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu VPN? 

Virtual Private Network (VPN) adalah layanan jaringan secara virtual yang akan melindungi data kamu saat online di internet. Cara kerjanya adalah dengan menyematkan alamat IP dan mengenkripsi traffic, sehingga kamu bisa online dengan aman dan membuka konten terblokir di negara maupun wilayah kamu. 

Selain di dalam perihal privasi dan keamanan, VPN juga memungkinkan kamu bisa mengakses lebih banyak konten di halaman internet. Kamu juga bisa merubah lokasi virtual dengan VPN dan membuka website yang biasanya hanya dapat diakses di wilayah tertentu, umumnya di luar negeri. 

Perbedaan VPN Gratis dan Berbayar 

Setelah paham mengenai pengertian dari VPN, kamu juga harus mengerti betul perbedaan dari VPN gratis dan berbayar. Sebagai berikut adalah perbedaan VPN gratis dan berbayar yang harus kamu ketahui  : 

  1. Bagaimana VPN Menghasilkan Uang 

VPN Gratis : Layanan VPN gratis tidak akan membebankan biaya berlangganan kepada pelanggannya. Sebagai gantinya, mereka akan membombardir para pengguna dengan iklan. 

Bahkan, VPN gratis juga terus mendorong penggunanya untuk meningkatkan ke versi berbayar. Satu hal yang lebih parah darI VPN gratis adalah melacak dan menjual data penjelajahan pengguna untuk dijual kepada pihak ketiga. 

VPN berbayar : Penyedia VPN berbayar akan menghasilkan uang dengan cara membebankan biaya kepada pengguna. Uang tersebut akan diinvestasikan  infrastruktur, memperkenalkan fitur baru dan berupaya memberikan pengalaman para penggunanya sebaik mungkin. 

  1. Tingkat Keamanan 

VPN Gratis : Pada layanan VPN gratis akan melacak pengalaman online pengguna dan menjual data pribadi maupun riwayat penelusuran. Ada beberapa VPN gratis yang membajak browser pengguna dan mengarahkan kepada situs mitra tanpa izin. 

VPN Berbayar : Di dalam VPN berbayar akan menawarkan perlindungan aski untuk data pribadi secara online. Pada saat kamu memutuskan sambungan dari data web, maka data penggunmu akan hilang. Begitu juga dengan VPN premium. 

  1. Fitur 

VPN Gratis : VPN Gratis mempunyai tingkat performa yang terbatas. Selain itu, VPN gratis juga tidak memberi pengguna fitur keamanan siber secara real time

Kecepatan koneksi  di VPN gratis juga sangat terbatas. Sehingga, streaming dan bermain online tidak bisa diandalkan. 

VPN Berbayar : Pengguna akan mendapatkan banyak hal bagus di saat menggunakan VPN berbayar. Contohnya, banyak layanan premium yang memungkinkan software miliknya di beberapa perangkat secara bersamaan hanya dengan satu langganan saja. 

Selain itu, VPN berbayar juga memberikan penawaran IP secara khusus server P2P ean pemblokiran malware dan iklan bawaan. Ada beberapa yang mempunyai dukungan pelanggan secara responsif dan banyak juga yang mempunyai antarmuka ramah pengguna. 

  1. Tingkat Kecepatan 

VPN Gratis : Apabila kamu menggunakan VPN gratis untuk melakukan streaming video, bermain game dan mengunduh torrent, hampir pasti pengguna akan merasa sangat kecewa. Pengguna VPN gratis akan menurunkan kecepatan internet, karena proses enkripsinya, jaringan yang kecil, iklan secara terus menerus atau pembatasan kecepatan yang disengaja. 

VPN Berbayar : Dengan menggunakan VPN berbayar, kamu tidak akan merasakan masalah di dalam hal kecepatan internet. 

  1. Jumlah Server 

VPN Gratis :  Pilihan server di dalam VPN gratis ini jumlahnya sangat terbatas. Bahkan, pengguna juga mungkin tidak mempunyai wewenang untuk menyambungkan koneksi ke lokasi yang diinginkan. 

VPN Berbayar : VPN berbayar akan memberikan pengguna akses internet ke semua jaringan servernya, terutama yang seringkali berukuran sangat besar dan menjangkau seluruh dunia. Maka dari itu, pengguna akan mempunyai lebih banyak akses layanan dan situs yang dibatasi secara geografis. 

  1. Privasi 

VPN Gratis : Pada saat menggunakan VPN gratis, kamu akan diberikan tingkat privasi yang lemah atau kurang. Seperti yang diketahui, VPN gratis ini akan menjual data para pengguna kepada pihak ketiga dan tentunya akan mengobarkan privasi pihak ketiga.

VPN Berbayar : Berbeda dengan beberapa VPN berbayar, layanan kali ini tidak akan mencatat aktivitas online para pengguna. Mereka tidak akan menjual semua data penelusuran para pengguna dari pihak ketiga atau mengumpulkannya untuk tujuan yang lain. 

  1. Tingkat Kenyamanan 

VPN Gratis : Penjelajahan menggunakan secara VPN gratis ini akan terus-menerus terganggu oleh iklan, perlambatan koneksi dan terbatasnya akses server. 

VPN Berbayar : Penjelajahan menggunakan VPN berbayar akan sangat nyaman sekali digunakan, karena para pengguna tidak akan menemukan iklan di tengah-tengah penjelajahan. Koneksinya juga lebih stabil dan pengguna mempunyai banyak pilihan akses ke berbagai server. 

Jadi, apakah VPN gratis ini sama bagusnya dengan VPN berbayar? Pada dasarnya tidak. Bagaimanapun, VPN gratis mempunyai beberapa keterbatasan jika dibandingkan dengan layanan berbayar. Selain itu, karena layanan gratis sering mengandalkan penjualan data pengguna, maka terdapat resiko bahwa data tersebut tidak digunakan sebaik layanan berbayar.  

Itulah dia 7 perbedaan VPN gratis dan berbayar. Kira-kira kamu ingin menggunakan layanan yang mana? Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu kamu di dalam menentukan pilihan, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar