Seberapa Penting Linktree untuk Bisnis Online? Temukan Jawaban Selengkapnya Disini!

Anggi Novita Sari

Mengenal Pinterest untuk BIsnis Online

Kadjiro – Menggunakan Linktree kini sudah semakin populer, terutama bagi para pelaku bisnis online. Hal ini tidak bisa dipungkiri mengingat manfaat dan cara membuat Linktree bisa dilakukan secara mudah bagi semua orang. 

Linktree bisa ditemukan dengan mudah di informasi maupun bio pada suatu akun media sosial, seperti Instagram. Bahkan, untuk layanan ini juga memungkinkan seseorang membagikan link dengan mudah dan prakti. Sangat menarik, bukan? 

Di kesempatan kali ini akan membahas lengkap mengenai cara membuat Linktree. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Linktree? 

Linktree merupakan sebuah platform yang memungkinkan para pengguna membuat sebuah halaman website berisikan kumpulan tautan. Fitur yang disediakan juga memungkinkan para pengguna untuk menyesuaikan dan melakukan personalisasi halaman. 

Pada umumnya, Linktree digunakan untuk meletakkan sekumpulan tautan media sosial sebuah bisnis. Hal tersebut juga akan mempermudah pelanggan untuk menemukan platform media sosial yang disukai. 

Biasanya, pebisnis akan meletakkan tautan Linktree di bio setiap media sosial. Misalnya, Facebook, TikTok, Instagram dan masih banyak lainnya lagi. 

Linktree juga bisa digunakan untuk mengumpulkan link kategori sebuah produk. Dengan demikian, maka pembeli bisa menemukan produk yang diinginkan secara lebih mudah. 

Fungsi Linktree 

Fungsi dari Linktree ini sangat signifikan untuk membantu para pebisnis online di dalam mengumpulkan tautan, baik sosial media, platform jual beli dan kategori produk. Sebagai berikut adalah beberapa fungsi dari Linktree : 

  • Salah satu indikator untuk menentukan efektivitas pemasaran digital yang dilakukan. 
  • Bisa membantu di dalam mengidentifikasi channel yang paling berpotensi untuk mendatangkan konsumen. 
  • Mempermudah orang lain atau pelanggan untuk menemukan tautan yang berhubungan dengan bisnis online. 
  • Membantu merapikan beberapa tautan dan meletakkannya secara terorganisir di dalam satu halaman. 

Cara Membuat Linktree 

Selain memberikan penawaran kemudahan untuk mengumpulkan tautan, cara membuat Linktree juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan sebagai berikut cara membuat Linktree

  1. Mengunjungi Website Linktree

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi websitenya terlebih dahulu. Namun, jika kamu sudah mempunyai akun bisa langsung klik opsi menu “login” dan klik “get started for free” apabila belum mempunyai akun Linktree. 

  1. Mendaftar Akun Linktree

Memasukkan data yang dibutuhkan untuk mendaftar akun, mulai dari username, email dan password. Pastikan juga untuk memberikan tanda checklist di kolom “terms and conditions” dan klik “sign up with emaill”. 

  1. Menambah Informasi Akun 

Cara membuat Linktree selanjutnya adalah mengisi informasi akun, terkait nama dan kesukaan. Linktree sudah menyediakan pilihan dan kamu bisa memilih berdasarkan dengan tujuan penggunaan akun Linktree. 

  1. Memilih Plan Penggunaan Linktree

Berikutnya, kamu akan diminta memilih plan untuk akun Linktree mulai dari versi gratis sampai premium. Di dalam tutorial cara membuat Linktree kali ini, silahkan klik di bagian opsi menu “gratis” dan “sign up for free”.

Apabila kamu tertarik untuk mencoba plan lainnya, maka bisa memilih versi Linktree berbayar. Perbedaan disetiap plan ini terletak di bagian kelengkapan fitur yang telah tersedia. Sebagai berikut adalah paket akun Linktree yang bisa kamu pilih : 

  • Free : gratis tanpa biaya bulanan. 
  • Starter : Rp25.000,00 – Rp39.000,00. 
  • Pro : Rp59.000,00 – Rp75.000,00. 
  • Premium : Rp179.000,00 – Rp220.000,00. 
  1. Verifikasi Alamat Email 

Langkah terakhir dari cara membuat Linktree adalah melakukan verifikasi email. Hal kali ini berfungsi untuk mengaktifkan akun kamu sebelum penggunaan. 

Cara Menggunakan Linktree

Setelah paham mengenai cara membuat Linktree, kamu bisa langsung memanfaatkan fitur yang ada di dalam akun tersebut. Sebagai berikut adalah cara menggunakan Linktree untuk membuat tautan baru : 

  1. Tampilan Dashboard Akun Linktree 

Setelah melakukan verifikasi email, kamu langsung diarahkan ke tampilan dashboard Linktree. Ada beberapa menu yang harus kamu ketahui dan berikut daftarnya : 

  • Links : digunakan untuk menambahkan link baru. 
  • Appearance : digunakan untuk mengatur tampilan Linktree, seperti perubahan profil dan teman. 
  • Settings : digunakan untuk mengatur sejumlah jenis fitur, seperti integrasi email, affiliate program, banner dan lain-lain. 
  • Analytics : digunakan untuk menampilkan data dari klik. 
  • Upgrade : digunakan untuk melakukan upgrade jenis paket Linktree.
  1. Menambahkan Link Baru 

Di dalam tahap ini, kamu bisa langsung menambahkan link untuk membangun halaman Linktree. Silahkan klik pada tombol opsi menu “add new link” dan isikan semua informasi tautan yang akan dibagikan seperti judul dan URL. 

Contohnya, kamu ingin membuat halaman Linktree untuk jenis paket KadjiroHosting. Maka, kamu bisa menambahkan link lain di dalam satu halaman Linktree yang sama dengan cara klik opsi menu “add new link”. Selain itu, kamu juga bisa memastikan tampilan dari halaman Linktree yang dibuat dari preview pada sisi kanan. 

  1. Membangun Linktree 

Langkah yang terakhir adalah membagikan link yang sudah dibuat sebelumnya. Klik pada opsi menu “share” yang ada di bagian pojok kanan atas. Kamu bisa memilih untuk dibagikan sesuai jenis platform, mulai dari sosial media, email, WhatsApp dan lain-lain. 

Aplikasi Sejenis Linktree 

Linktree mungkin menjadi pilihan yang paling banyak ditemukan, khususnya di bio media sosial. Akan tetapi, kamu juga bisa mencoba beberapa aplikasi lain yang sejenis dengan Linktree dan berikut adalah daftarnya : 

  • Campsite 
  • Swipop
  • Shor.by
  • Contact Bio
  • Linkfly

Nah, itulah dia pembahasan mengenai cara membuat Linktree dan manfaat untuk bisnis online kamu. Linktree merupakan pilihan yang paling tepat untuk mengorganisir kumpulan tautan yang sudah kamu miliki, khususnya terkait bisnis. 

Selain Linktree, ada juga beberapa pilihan lain yang bisa digunakan dengan sejumlah fitur berbeda-beda. Jadi, kamu tertarik untuk mencoba Linktree atau aplikasi yang lainnya? 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar