5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka, Mudah dan Cepat!

Anggi Novita Sari

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Kadjiro – Siapa yang disini tidak kenal dengan Instagram? Sebagai salah satu platform media sosial terkenal, Instagram menyediakan beberapa fitur menarik yang juga canggih untuk semua kalangan. Namun sayangnya, Instagram seringkali mengalami masalah tidak bisa dibuka. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? 

Seperti yang kamu ketahui kalau aplikasi dunia maya tidak selamanya bisa diakses secara bebas, termasuk Instagram. Ada banyak penyebab yang membuat beberapa platform tersebut tidak bisa dibuka dan penjelasan lengkapnya kamu bisa simak di bawah ini. 

Apa Itu Instagram ? 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka. Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tahu apa itu Instagram. Lalu, apa itu pengertian dari Instagram? 

Sederhananya, Instagram merupakan aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows. Dimana, para pengguna bisa melakukan interaksi dengan pengguna lain melalui foto maupun video. 

Disana kamu juga bisa merekam hingga edit konten yang diinginkan sebelum di unggah ke halaman utama Instagram. Setelah unggahan kamu berhasil dimuat, nantinya akan terpampang di feed maupun beranda pengguna lain yang menjadi pengikutmu. 

Kamu juga bisa melakukan interaksi dengan para pengguna lain melalui komentar dan like. Menarik, kan? Perlu kamu ketahui juga, sistem pertemanan di Instagram sering disebut dengan istilah following dan follower. 

Following berarti kamu mengikuti pengguna Instagram lain. Sedangkan, follower adalah pengguna yang mengikuti kamu. Bahkan, kamu juga bebas melakukan berbagai jenis transaksi dengan follower dan non follower sekalipun. 

Fitur yang Banyak Digunakan Oleh Pengguna Instagram 

Sampai dengan saat ini banyak sekali fitur dari Instagram yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Bahkan, untuk beberapa fitur yang ada di Instagram ini tidak ada di aplikasi media sosial lainnya. Sebagai berikut adalah 3 fitur Instagram yang banyak digunakan oleh para penggunanya : 

  1. Kamera 

Fitur pertama yang bisa kamu rasakan di saat menggunakan Instagram adalah kamera. Uniknya, fitur yang satu ini dinilai lebih unggul karena memberikan banyak penawaran filter menarik. 

Kamu bisa mengedit, memberi caption dan membagikan kepada pengguna lainnya. Tentunya, kamera Instagram juga bisa digunakan oleh pengguna secara gratis dan sepuasnya. 

  1. Live Video 

Selain kamera, ada juga fitur live video yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan live streaming secara real time. Melalui live video, kamu bisa melakukan interaksi dengan para follower secara langsung di saat siaran video berlangsung. Pasalnya di saat kamu sedang melakukan siaran langsung, maka para follower akan mendapatkan pemberitahuan. 

  1. Editor 

Instagram mempunyai tool editor yang menarik untuk dipilih dan digunakan. Selain itu, disana ada 10 tool editor foto seperti untuk mengatur pencahayaan, kontras dan saturasi. Bahkan, saat ini kamu bisa mengambil foto secara portrait dan landscape agar lebih leluasa. 

  1. Instagram TV – IGTV 

IGTV menjadi fitur yang paling menarik, karena kamu bisa membuat konten video dengan durasi panjang. Fitur yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan Youtube, karena kamu harus membuat channel maupun akun terlebih dahulu sebelum melakukan upload video. Kamu juga bisa langsung melakukan promosi di dalam konten video tersebut. 

  1. Instagram Stories 

Instagram Stories merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat konten singkat dengan durasi 15 detik. Namun, jika kamu ingin unggah konten lebih panjang maka bisa langsung berganti ke slide berikutnya. Tidak seperti feeds, Instagram Stories hanya bisa diakses hingga 24 jam saja. 

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka 

Meski Instagram sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat, tapi platform yang satu ini terkadang mengalami masalah seperti tidak bisa dibuka. Biasanya, untuk masalah tersebut disebabkan oleh banyak faktor seperti koneksi internet yang tidak stabil maupun memori penuh. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya sebagai berikut : 

  1. Update Aplikasi Instagram 

Apabila Instagram kamu tidak bisa dibuka, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan update aplikasi tersebut. Pasalnya pembaharuan aplikasi ini akan membuat aplikasi Instagram lama tidak bisa digunakan di perangkat kamu. Sebaiknya, kamu lebih rajin memantau update aplikasi Instagram di Google Play Store maupun App Store. 

  1. Mengecek Instagram Down atau Tidak 

Tahukah kamu, Instagram tidak bisa dibuka bukan berarti perangkat kamu sedang bermasalah karena jadi memang aplikasi tersebut sedang down dari pusat servernya. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi Instagram sedang down atau tidak. Kamu juga bisa mengecek melalui situs Downdetector atau Twitter. 

  1. Membersihkan Cache HP 

Selanjutnya, untuk memulihkan aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka adalah membersihkan cache HP. Cache HP yang sudah penuh biasanya akan menimbulkan masalah dan salah satunya adalah aplikasi Instagram tidak bisa dibuka. Jadi, di sarankan kamu untuk segera membersihkan cache di HP. 

  1. Mengecek Koneksi Jaringan Internet 

Kenapa Instagram tidak bisa dibuka? Penyebab terbesarnya adalah karena koneksi internet sedang mengalami gangguan. Kamu bisa mengecek dengan cara membuka aplikasi maupun browser lain. Apabila sama-sama tidak berfungsi, maka masalahnya berasal dari koneksi jaringan internet. 

  1. Menghentikan Aplikasi Secara Paksa 

Instagram tidak bisa dibuka bisa disebabkan karena HP tidak menjangkau aplikasi tersebut akibat memori RAM sudah penuh. Untuk memastikannya, kamu harus menghentikan aplikasi Instagram secara paksa dari opsi menu “pengaturan”. Jika sudah, maka coba membuka ulang aplikasi dan lihat apakah cara kali ini berhasil atau tidak. 

Itulah dia cara mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat. 

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar