Cara Mengamankan Komputer Dari Serangan Virus, Lengkap dan Aman!

Anggi Novita Sari

Cara Mengamankan Komputer Dari Serangan Virus

Kadjiro – Komputer dan laptop merupakan perangkat yang sangat membantu aktivitas manusia di era globalisasi saat ini. Bahkan, sudah banyak pekerjaan yang mewajibkan adanya perangkat komputer. 

Maka dari itu, komputer sangat berdampak besar bagi para pengguna di seluruh dunia dan salah satunya di Indonesia sendiri. Seperti yang diketahui, komputer dan internet adalah dua komponen yang saling melengkapi di dalam menunjang pekerjaan manusia agar lebih mudah. 

Namun, internet sendiri mempunyai sisi gelap yang tidak bisa disangkal  keberadaannya seperti malware, virus dan lain-lain. Perangkat yang semula beroperasi dengan normal bisa saja mengalami kerusakan apabila kamu tidak berhati-hati di saat menggunakan internet

Maka dari itu sebagai pengguna atau pemilik komputer sebaiknya mengetahui cara mengamankan komputer dari serangan virus maupun aktivitas jahat lainnya. Daripada membuat kamu penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Cara mengamankan Komputer dari Serangan Virus 

Sebenarnya cara di bawah ini tergolong di dalam langkah-langkah dasar, ketika kamu menggunakan komputer. Namun karena tidak semua pengguna tahu akan hal ini, mereka pun melewatkan beberapa langkah dasar tersebut. Adapun beberapa cara untuk melindungi dan mencegah virus dari komputer

  1. Memasang Antivirus dan Mengaktifkan Firewall 

Antivirus dan firewall merupakan benteng utama di sebuah sistem perangkat komputer kamu. Di setiap perangkat khususnya Windows, untungnya Microsoft sudah memberikan antivirus gratis bernama Windows Defender. 

Banyak pengguna yang mematikan fitur ini terutama di saat akan memasang sebuah aplikasi (bajakan). Padahal, hal tersebut membuka pintu besar bagi para peretas untuk menyerang kamu. 

Untuk mengatasinya, pastikan kamu selalu mengaktifkan Windows Defender atau bila perlu menambahkan aplikasi antivirus dari pihak ketiga. Misalnya, Avira, Avast, Norton dan lain-lain. 

Antivirus yang telah disebutkan sebelumnya juga mempunyai perlindungan secara khusus bagi perangkat dari serangan Ransomware. Sementara itu, firewall juga menjadi aspek keamanan yang perlu kamu perhatikan karena melindungi kamu di saat mengakses internet. 

Secara umum, fungsi dari firewall adalah memblokir semua koneksi yang dirasa kurang aman. Bahkan, firewall juga bisa memblokir beberapa konten yang tidak kamu inginkan.

  1. Memastikan Sistem Selalu Up – to – date 

Memastikan sistem dan aplikasi selalu up – to – date merupakan cara mengamankan komputer yang sangat mudah tapi sering dilewatkan oleh pengguna. Ada beberapa pengguna yang beranggapan bahwa sistem yang tidak diperbarui masih bisa berjalan dengan normal. 

Padahal, pembaharuan sistem dan aplikasi ini berfungsi untuk mengatasi semua masalah dan bug yang menyebabkan terbukanya celah keamanan perangkat. Selain itu, pembaruan sistem juga terkadang akan memberikan beberapa fitur baru. 

Lagi pula, untuk sistem juga selalu memberikan pemberitahuan kepada pengguna untuk segera melakukan pembaharuan. Jadi, mulai sekarang kamu jangan mengabaikan apabila ada notifikasi pembaruan sistem dan aplikasi. 

  1. Rutin Melakukan Pemindaian Virus 

Cara mengamankan komputer berikutnya, yaitu rutin melakukan pemindaian virus di dalam sistem. Biasanya, cara ini dikenal dengan Full Scanning. Bahkan, semua antivirus sudah mendukung fitur yang satu ini dan tinggal kamu yang bersedia melakukan pemindaian atau tidak. 

Meski sedikit memakan waktu, tapi cara yang satu ini cukup efektif untuk mengatasi perangkat dari infeksi virus. Masalahnya, sebagian pengguna selalu abai dengan cara ini karena menganggap bila sudah memasang antivirus berarti perangkat tersebut sudah aman dari serangan virus. 

Nah, apabila salah satu pengguna yang beranggapan demikian. Mulai dari sekarang, kamu harus sering-sering melakukan pemindaian sistem komputer secara rutin, ya. 

  1. Menghindari Mengunduh File Mencurigakan 

Sebagai pengguna perangkat komputer, pasti kamu pernah atau bahkan sering mengunduh file mulai dari aplikasi, video, gambar dan lain-lain. Tapi siapa sangka, semua file yang kamu unduh ternyata bisa berpotensi membahayakan komputer karena sering disusupi oleh malware. 

Dengan catatan, file tersebut diunduh dari situs yang mencurigakan. Sehingga, tidak semua file yang diunduh dari halaman internet mengandung virus atau malware, ya. 

Selain itu, website yang kamu unduh dari halaman internet mengandung virus ini dipenuhi dengan iklan dan pop up. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu kamu, ya kan. 

  1. Jangan Menggunakan Aplikasi Bajakan 

Selanjutnya, cara ini sebenarnya berkaitan dengan yang sebelumnya yaitu mengunduh file mencurigakan. Memasang aplikasi bajakan yang kamu unduh dari situs mencurigakan merupakan hal yang tidak kalah bahaya. 

Apabila kamu belum tahu, aplikasi bajakan memang disengaja untuk mengubah fitur berbayar menjadi gratis. Namun, aplikasi bajakan semacam ini sering ditemui dan menjadi sumber masalah keamanan di sebuah perangkat komputer. 

Tidak jarang sebuah aplikasi bajakan pasti akan disematkan malware, spyware dan beberapa hal bahaya lainnya. Bahkan, Ransomware juga bisa berasal dari aplikasi bajakan yang kamu unduh dan pasang di komputer. Jadi, usahakan kamu menggunakan aplikasi yang  asli. 

  1. Menghindari Menggunakan USB 

Sebagai pengguna komputer, pasti kamu sering menggunakan penyimpanan USB flashdisk untuk menyalin maupun menyimpan data. Tidak cuman itu, mungkin kamu juga pernah meminjam penyimpanan USB milik orang lain dan menancapkan ke perangkat kamu 

Setelah ditelusuri, ternyata tindakan tersebut sangat berbahaya terlebih jika pemilik penyimpan USB tersebut mencurigakan. Penyimpanan USB bisa menginfeksi sebuah perangkat komputer, ketika disusupi oleh virus atau aplikasi jahat lainnya. 

Masalahnya, kamu tidak pernah tahu USB tersebut pernah disambungkan dengan perangkat mana saja. Sehingga, potensi penyimpanan USB tersebut mengandung virus sangat amat besar 

Kamu wajib berhati-hati, ketika ingin menggunakan penyimpanan USB. Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan penyimpanan USB dan tidak meminjamkan kepada siapa pun. 

Itulah dia 6 cara mengamankan komputer dari serangan virus berbahaya. Selamat mencoba dan semoga perangkat komputer kamu tetap aman digunakan. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Cara Mengamankan Komputer Dari Serangan Virus, Lengkap dan Aman!”

  1. Ping-balik: Jangan Takut Lagi Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga, Gunakan 7 Tips Aman Sebagai Berikut! – Kadjiro

Tinggalkan komentar