6 Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu!

Anggi Novita Sari

6 Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu!
6 Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu!

Kadjiro – Membeli barang elektronik terutama HP harus dilakukan dengan cara teliti demi menghindari produk palsu. Untuk menghindari segala tindakan penipuan, pastikan kamu tahu cara cek HP Samsung asli atau palsu. Apabila tidak, pengguna bisa mengalami kerugian yang cukup besar.

Pada dasarnya membeli HP yang asli bisa dilakukan secara online maupun offline store secara resmi. Cara ini akan menghindarkan kamu dari segala jenis penipuan, karena toko tersebut sudah pasti menjual barang asli. Namun, sebagian orang masih suka membeli HP di distributor yang tidak resmi karena harganya lebih murah.

Di dalam hal ini, kamu harus menyadari bahwa harga miring tentu bisa merugikan pihak penjual jika barang itu asli. Maka dari itu, perhatikan toko terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli HP. Jika memungkinkan, kamu bisa datang ke store secara langsung dan cek HP tersebut dengan teliti.

Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu

Minat pasar terhadap HP Samsung tergolong sangat tinggi di Indonesia. Hal ini yang mendorong munculnya orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menjual produk tiruan atau kw dari HP Samsung. Supaya tidak tertipu, sebelum membeli HP kamu bisa memperhatikan beberapa cara sebagai berikut :

Tampilan Luar

Bagian yang pertama kali diperhatikan pada saat membeli HP adalah tampilan luar. Sebelum membeli, pastikan kamu mencari gambar HP Samsung tersebut di internet dan lalu bandingkan dengan yang akan dibeli. HP Samsung yang asli mempunyai body proporsional dan pas untuk digenggam.

Untuk versi asli, bagian layarnya juga terlihat penuh dari atas hingga bawah. Adapun bezel atas dan bawah dibuat sangat amat tipis. Sementara itu, untuk HP Samsung palsu mempunyai layar yang tidak terlalu penuh dan bagian bawahnya ada garis hitam serta bezel atas dan bawah yang lebar.

Ciri-ciri tersebut merupakan hal umum sering dijumpai, tapi banyak juga yang membuat HP palsu dengan tampilan persis sama dengan aslinya. Jadi, dibutuhkan parameter lain untuk memeriksa HP Samsung supaya bisa memastikan bahwa HP tersebut asli.

Nomor IMEI

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk memastikan HP Samsung asli adalah mengecek nomor IMEI. Seperti yang diketahui, bahwa IMEI merupakan kode yang menjadi identitas dari sebuah HP. Untuk mengecek IMEI HP Samsung, kamu bisa mengetik *#06# di halaman layar.

Setelah itu, akan muncul kode IMEI yang harus kamu sesuaikan dengan di kotak HP. Jika kodenya sama, maka HP tersebut kemungkinan besar adalah asli dan jika berbeda berarti palsu. Langkah berikutnya adalah mengecek versi firmware dengan cara memasukkan kode *#1234#.

Apabila HP Samsung tersebut bisa membaca kode dan menampilkan hasil, maka bisa dipastikan HP tersebut asli. Perangkat elektronik yang mempunyai IMEI bermasalah bisa membuat penggunaan menjadi kurang maksimal, bahkan berpotensi untuk diblokir oleh pemerintah.

LCD

Layar LCD adalah komponen yang sangat penting di dalam HP. Pengguna juga bisa melihat gambar atau tulisan dengan bagus, ketika kondisi LCD berada di dalam keadaan baik. Untuk mengecek kondisi LCD Samsung, kamu bisa memasukkan kode di layar panggilan yaitu *#0*#.

Setelah itu, HP akan menampilkan beberapa tahapan tes seperti, suara, kamera, layar sentuh dan masih banyak lainnya lagi. Periksa satu persatu supaya kamu bisa memastikan semua komponen berfungsi dengan optimal. Selain itu, pengguna juga bisa mengecek spesifikasi dari HP Samsung.

Caranya dengan menuliskan kode *#*#4636#*#* dan beberapa saat kemudian akan memperlihatkan spesifikasi HP Samsung tersebut. Tugasmu adalah menyesuaikan spesifikasi yang tertulis di HP dengan yang tertulis di kotak.

Kualitas Kamera

Cara cek HP Samsung asli atau palsu lainnya adalah melihat kualitas kameranya. Cara ini sangat penting dilakukan, karena kamera merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh HP dan berpengaruh terhadap harganya. Aktifkan kamera dan cobalah untuk memotret sesuatu lalu melihat hasilnya.

Perhatikan kualitas hasil foto, apakah bagus atau pecah-pecah. Untuk memaksimalkan pemeriksaan kamera, kamu bisa menggunakan fitur yang ada di dalam HP seperti zoom untuk memperbesar. Pada umumnya, HP Samsung asli mempunyai kualitas kamera yang berbeda-beda dan tergantung jenis.

Jika kamu mendapatkan hasil foto yang kabur, maka kemungkinan besar HP Samsung tersebut adalah palsu. Hal ini disebabkan, karena perusahaan Samsung selalu menawarkan kualitas terbaik di setiap produknya terutama kemampuan untuk mengambil gambar atau video.

Samsung Kies

Samsung mempunyai software resmi yang bisa digunakan untuk menguji keaslian produknya atau sering dikenal dengan Samsung Kies. Software ini digunakan untuk menghubungkan HP atau tablet bermerek Samsung dengan komputer. Untuk menggunakan Samsung Kies, kamu bisa mengikuti cara sebagai berikut :

  • Unduh dan install Samsung Kies di komputer atau komputer yang kamu gunakan.
  • Hubungkan HP Samsung tersebut dengan komputer menggunakan kabel data.
  • Apabila Samsung Kies bisa mendeteksi dan terhubung dengan HP, maka bisa dipastikan bahwa HP tersebut asli.
  • Sebaliknya, ketika Samsung Kies tidak bisa mendeteksi apapun atau tidak membaca HP kamu. Maka, HP itu palsu atau tiruan.

Kecepatan Internet

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh HP adalah layanan internet. Maka dari itu, memastikan layanan tersebut di dalam sebuah HP sebelum akhirnya membeli menjadi hal sangat penting. Secara umum, HP Samsung asli mempunyai layanan internet yang cepat saat digunakan untuk browsing.

Sedangkan, untuk Samsung palsu mempunyai layanan internet cenderung lebih lambat. Kamu bisa mencobanya dengan cara membuka aplikasi peramban lalu mencari informasi tertentu di internet. Namun, koneksi internet yang lambat bisa juga disebabkan oleh provider yang digunakan oleh HP tersebut.

Kamu bisa mencoba untuk mematikan koneksi data lalu mengalihkan ke WiFi yang biasanya mempunyai kecepatan lebih tinggi. Jika sesudah dialihkan tapi masih tetap lambat, maka kemungkinan HP Samsung tersebut bukan asli atau palsu.

Itulah dia 6 cara mengecek HP Samsung asli atau palsu yang harus kamu perhatikan. Semoga informasi diatas bisa membantu dan tidak ada lagi yang membeli HP Samsung,ya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “6 Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu!”

  1. Ping-balik: 5 Cara Membedakan HP Ori dan HDC, Mudah dan Simple. – Kadjiro

Tinggalkan komentar