10 Cara Mengatasi Speaker HP yang Kemasukan Air, Aman!

Anggi Novita Sari

10 Cara Mengatasi Speaker HP yang Kemasukan Air, Aman!
10 Cara Mengatasi Speaker HP yang Kemasukan Air, Aman!

Kadjiro – Speaker HP yang kemasukan air sering menyebabkan masalah serius dan mengetahui cara mengatasi situasi ini sangat penting. Tidak jarang speaker HP menjadi mati atau mengeluarkan suara yang terdistorsi setelah terpapar air, situasi ini bisa menimbulkan frustasi bagi banyak pengguna.

Di dalam kesempatan kali ini akan membahas berbagai metode efektif untuk mengeluarkan air dari speaker dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. Bagi kamu yang penasaran dengan cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Speaker HP yang Kemasukan Air

Ada banyak sekali cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa kamu lakukan dan sebagai berikut daftarnya :

Memutar Lagu Miroh dari Stray Kids

Sebagai langkah awal yang tidak konvensional, coba kamu memutar lagu “Miroh” dari “Stray Kids” dengan volume maksimum. Metode ini mungkin terdengar biasa-biasa saja, tapi vibrasi kuat dari lagu tersebut bisa membantu kamu mengeluarkan air dari speaker. Frekuensi tinggi dan bass di dalam lagu ini bisa menyebabkan getaran yang membantu di dalam mengeluarkan air dari speaker.

Hal ini merupakan langkah yang paling aman dan mudah untuk dicoba sebelum beralih ke metode lebih praktis. Setelah mencoba ini dan speaker HP masih belum bekerja dengan baik, langkah berikutnya adalah mematikan perangkat serta mengeluarkan komponennya.

Mematikan dan Mengeluarkan Komponen HP

Setelah mencoba suara, langkah berikutnya adalah mematikan HP untuk menghentikan aliran listrik yang bisa merusak komponen lainnya. Lepaskan baterai, kartu SIM dan micro SD jika memungkinkan. Hal ini digunakan untuk mencegah kerusakan di komponen vital dan mengurangi resiko konsleting.

Dengan memisahkan komponen ini, kamu juga bisa mempersiapkan HP untuk proses pengeringan. Proses ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan lebih lanjut sebelum ke langkah pengeringan.

Mengeringkan Permukaan HP dan Speaker

Setelah HP dimatikan dan komponen nya dilepas, maka gunakan handuk kering atau kain microfiber guna menyerap air dari permukaan dan sekitar speaker. Teknik ini sangat sederhana, tapi penting untuk menghilangkan kelembaban yang terlihat.

Hati-hati untuk melakukan cara ini dan hindari penekanan terlalu keras atau menggoyangkan HP, karena bisa mendorong air masuk lebih dalam. Pengeringan awal ini sangat penting dilakukan sebelum menggunakan metode lebih lanjut yang lebih fokus terhadap pengeringan air dari dalam speaker HP.

Mengarahkan Lubang Speaker ke Bawah dan Menggoyangkan HP

Setelah mengeringkan permukaan luar, arahkan lubang speaker HP kebawah dan goyangkan secara lembut. Gerakan ini bisa membantu mengeluarkan air dari speaker melalui gravitasi.

Penting untuk melakukan cara ini dengan hati-hati guna menghindari kerusakan pada komponen internal. Setelah melakukan metode ini, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya yang melibatkan penyerapan kelembaban yang lebih intensif.

Menggunakan Tisu Dapur untuk Menyerap Air

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sifat kapilaritas dan tisu dapur untuk menyerap air-air yang tersisa. Dengan menempatkan ujung tisu di lubang speaker, maka air akan diserap ke atas.

Hal ini merupakan cara pasif, tapi efektif untuk menarik keluar air tanpa perlu gerakan maupun alat tambahan. Setelah air tampaknya sudah diserap, langkah berikutnya menggunakan metode pengeringan yang lebih intensif.

Menggunakan Blower Udara dengan Hati-Hati

Setelah air sebagian besar keluar, maka kamu bisa menggunakan peniup udara di kecepatan rendah guna mengeringkan area dalam dan sekitar speaker HP. Alat ini bisa membantu kamu di dalam mengeluarkan air sisa dan mempercepat proses pengeringan.

Pastikan, untuk kamu sudah menggunakan blower dari jarak yang aman guna menghindari tekanan udara berlebihan dan bisa merusak komponen lainnya. Apabila masih ada kekhawatiran tentang kelembaban di dalam perangkat, kamu bisa melanjutkan ke metode berikutnya.

Menarik Air Menggunakan Vacuum Cleaner

Sebagai cara alternatif atau tambahan dari blower, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner dengan hati-hati untuk menarik air keluar dari speaker HP. Gunakan nozzle yang sesuai dan jaga agar jarak tetap aman.

Cara ini bisa membantu kamu untuk mengeluarkan air yang mungkin terjebak di tempat sulit di jangkau. Setelah menggunakan vacuum cleaner, langkah berikutnya adalah menyerap kelembaban yang tersisa dengan metode lebih tradisional.

Merendam Di Dalam Beras atau Silika Gel

Menempatkan HP di dalam wadah yang berisikan beras atau silika gel bisa membantu di dalam menyerap sisa air. Beras dan silika gel akan bertindak menarik keluar dari kelembaban dari lingkungan sekitar. Biarkan HP di dalam wadah ini selama beberapa jam atau semalaman. Cara ini pasif dan aman, namu membutuhkan waktu untuk melihat efeknya.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Speaker

Setelah semua metode fisik kamu coba dan HP sudah kering, maka gunakan aplikasi pembersih speaker untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa air. Aplikasi ini akan memainkan frekuensi suara tertentu yang dirancang untuk membantu mengeluarkan air dari speaker HpP. Hal ini bisa menjadi langkah pembersih final sebelum menguji, apakah speaker HP sudah berfungsi normal atau belum.

Mengunjungi Pusat Layanan

Apabila semua cara di atas belum memperbaiki speaker HP dengan baik, maka kamu bisa membawa ke pusat layanan atau tempat service adalah pilihan terakhir. Pihak tempat service akan melakukan perbaikan yang diperlukan. Hal ini juga penting guna memastikan, bahwa semua masalah sudah ditangani secara profesional.

Dengan mengikuti semua cara di atas bisa meningkatkan peluang untuk memperbaiki speaker HP yang kemasukan air. Semoga penjelasan diatas bisa membantu kamu,ya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar