Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Kunjung Penuh

Anggi Novita Sari

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Kunjung Penuh
Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Kunjung Penuh

Kadjiro – Masalah pada saat pengisian baterai HP yang tidak bisa penuh ini bisa terjadi siapa saja. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini ada cara mengatasi baterai HP yang tidak kunjung penuh.

Penyebab baterai HP yang tidak bisa penuh 100% ketika isi ulang ini dikarenakan kualitas baterai sudah mulai menurun. Bagi para pengguna iPhone, kamu bisa memeriksa kualitas baterai HP dengan cara mengakses bagian “pengaturan-baterai-kesehatan baterai”. Nanti di halaman tersebut akan terlihat kapasitas maksimal dari baterai HP tersebut.

Jika masih 100% berarti HP yang kamu gunakan masih berada di dalam keadaan baik. Semantara jika sudah dibawah itu, misalnya 80% atau 70%, berarti kualitas baterainya sudah mulai menurun dibandingkan dengan kondisi baru.

Tingkat kualitas baterai ditentukan oleh beberapa faktor. Mulai dari cara menggunakan HP sehari-hari, jumlah aplikasi yang diunduh dan data menumpuk. Tahukah kamu jika semakin banyak pemberitahuan atau notifikasi yang masuk, maka semakin membebani kualitas baterai. Maka dari itu, persentase baterai bisa menurun dan di saat proses pengisian daya menjadi tidak penuh.

Di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai 11 cara mengisi baterai HP yang tidak kunjung penuh. Bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan tersebut, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Kunjung Penuh

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa baterai yang tidak sehat ini disebabkan oleh beberapa faktor. Ada 11 cara untuk mengatasi baterai HP yang tidak kunjung penuh pada saat di charger :

Memeriksa Lubang Charger

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa bagian lubang charger HP. Barangkali ada kerusakan di dalam bagian ini. Biasanya, kerusakan ini terjadi karena lubang charger kemasukan air.

Selain itu, kerusakan tersebut juga bisa terjadi karena ada pin maupun serat yang bengkok. Jika kamu menemukan air atau serat, coba untuk bersihkan terlebih dahulu dan pakai lagi untuk mengisi daya baterai HP.

Memastikan Kepala dan Kabel Charger Sudah Sesuai

Para pengguna juga harus memastikan, bahwa kepala dan kabel charger sudah sesuai untuk mengisi daya baterai HP. Apabila kamu menggunakan fast charging, maka harus dipastikan sudah kompatibel untuk HP yang digunakan.

Mengecek Steker Listrik

Coba lakukan steker listrik yang sedang kamu gunakan. Apakah benar sudah tersambung dengan aliran listrik atau tidak. Bisa jadi, aliran listrik terputus dan pengisian daya baterai HP bisa terhenti.

Mencoba Menggunakan Charger Lain

Jika pengisian daya baterai tidak kunjung penuh, coba isi daya baterai dengan jenis charger lainnya. Barangkali ada kerusakan pada charger tersebut, sehingga tidak dapat digunakan untuk mengisi daya.

Hindari Menggunakan Charger Palsu

Cara mengatasi baterai HP yang tidak kunjung penuh berikutnya, yaitu memastikan bahwa kamu sudah menggunakan charger asli atau original. Sebaiknya, kamu tidak menggunakan charger palsu maupun KW karena bisa mempengaruhi kualitas di saat pengisian daya baterai sedang berlangsung.

Jangan Membiarkan Daya Baterai HP Dibawah 20%

Sebaiknya, pengisian daya baterai HP dilakukan sebelum dibawah 20%. Artinya, di saat baterai sudah hampir 20% kamu bisa langsung mengisi kembali daya baterai HP. Hal ini harus diperhatikan guna menjaga kualitas baterai agar tidak mudah rusak.

Tidak Perlu Mengisi Sampai 100%

Selain mengisi baterai sebelum 20%, pengisian baterai HP sebenarnya tidak harus dilakukan sampai dengan 100%. Bahkan, siklus pengisian daya baterai HP yang mencapai 100% ini hanya perlu dilakukan 1 bulan sekali saja.

Sebaiknya, pengisian daya baterai sampai dengan 80%-90% saja. Hal ini harus diperhatikan guna menjaga kualitas baterai agar tetap prima seperti baru. Kamu juga bisa mengaktifkan pengingat supaya pengisian daya baterai tidak perlu sampai 100% di setiap periode pengisian daya. Hindari pengisian baterai yang ditinggal semalaman, karena rentang menyebabkan daya baterai terisi sampai 100% di dalam waktu lama.

Charger HP Dalam Keadaan Mati

Jika daya baterai masih belum bisa bertambah sampai penuh, maka coba charger berada di dalam keadaan HP mati. Cara lain juga bisa digunakan, yaitu mengaktifkan mode pesawat atau airplane.

Dengan hal ini bisa membuat segala aktivitas yang menyita baterai akan terhenti secara secara sementara. Sehingga, HP bisa lebih fokus mengisi daya baterai tanpa harus sambil menjalankan sistem yang memakan daya baterai di waktu bersamaan.

Restart HP

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di charger pada baterai tanam adalah memuat ulang atau restart. Selain itu, kamu juga bisa mematikan secara manual dan menyalakan kembali atau langsung dengan cara mode restart. Hal ini akan memberikan penyegaran pada sistem HP, termasuk ketika ada kendala pada pengisian daya.

Mengupdate Software

Para pengguna juga bisa melakukan pembaharuan perangkat lunak atau software pada versi terbaru. Biasanya, software yang terbaru ini bisa menunjang kinerja sistem dan penggunaan baterai lebih optimal.

Mengganti Baterai

Cara mengatasi baterai HP yang tidak kunjung penuh pada saat di charger terakhir, yaitu mengganti baterai. Sebab bisa saja, kualitas baterai HP kamu sudah terlalu rendah. Maka dari itu, kamu tidak dapat menunjang berbagai aktivitas di HP dan ketika mengisi ulang justru tidak bisa sampai penuh.

Itulah dia 11 cara mengatasi HP baterai yang tidak kunjung penuh pada saat di charger. Semoga informasi diatas bisa membantu dan selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Kunjung Penuh”

  1. Ping-balik: Cara Membersihkan Kabel Charger dan Tips Merawat Supaya Awet! – Kadjiro
  2. Ping-balik: 9 Merk Charger HP Terbaik dengan Teknologi Fast Charging – Kadjiro

Tinggalkan komentar