Turnitin : Definisi, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan!

TRISULA

Turnitin : Definisi, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan!
Source Img: https://images.app.goo.gl/Xkqhmq7PkdFMZgK3A

Sekarang, para mahasiswa dan pekerja yang bergerak di dalam bidang penulisan harus mengetahui apa itu Turnitin. Kenapa demikian? Turnitin merupakan software anti plagiarisme yang sangat terkenal dan efektif.

Fitur yang dimilikinya juga ampuh untuk berbagai keperluan plagiarisme, mulai dari artikel sampai laporan ilmiah. Sehingga, sangat cocok untuk digunakan untuk para pekerja dan mahasiswa.

Supaya lebih jelas, kali ini akan diberikan informasi secara rinci mengenai Turnitin. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Turnitin?

Sebelum membahas fitur serta kelebihan dan kekurangannya, pertama kamu harus mengulas apa itu Turnitin. Turnitin merupakan tools pencocokan teks yang bisa membandingkan orisinalitas karya tulis dengan berbagai sumber di internet, misalnya artikel, jurnal, buku dan lain-lain.

Software yang satu ini memungkinkan teks untuk dilakukan analisis di dalam sebuah database guna menentukan jumlah konten asli dan referensinya. Selain itu, alat ini juga berguna di dalam upaya pencegahan plagiarisme di lingkungan akademik maupun profesional.

Database Turnitin akan menyimpan semua teks yang dikirimkan oleh pengguna. Maka dari itu, referensinya akan berkembang di setiap kali kamu gunakan. Laporan orisinilitasnya juga memungkinkan pemeriksaan teks untuk menentukan sumber asli dan kutipan referensi yang benar.

Meski demikian, perlu kamu ketahui bahwa Turnitin tidak bisa mendeteksi plagiarisme secara langsung. Hal ini dikarenakan, softwarenya tidak bisa membuat plagiarisme yang sudah terjadi. Artinya, ia mampu memberi tahu apakah beberapa bagian tertentu di dalam teks serupa dengan sumber lainnya.

Manfaat Turnitin

Manfaat Turnitin adalah untuk melakukan pengecekan dari tindakan plagiat yang dilakukan oleh seseorang. Plagiarisme akan mendatangkan banyak dampak negatif yang merugikan diri sendiri. Memang benar, ketika menghindari tindakan plagiat ini bukan menjadi hal yang mudah dan semuanya membutuhkan proses agar terbiasa. Ada berbagai manfaat yang kamu dapatkan di saat menggunakan Turnitin, yaitu :

1. Meningkatkan Kredibilitas

Kamu harus tetap produktif di dalam menciptakan karya tulis di berbagai bidang ilmu dan mencari solusi penulisan tanpa harus ada unsur plagiarisme. Pada hal ini akan membantu kamu di dalam membangun kredibilitas kamu.

2. Menjamin Privasi Pada Semua Dokumen

Memeriksa plagiarisme ini sangat penting, ketika sedang menyusun disertasi, skripsi maupun tugas akhir. Ada banyak alat untuk pengecekan plagiarisme di luaran sana. Tapi, kamu juga harus berhati-hati dengan website atau aplikasi tidak menyimpan dokumen yang sedang ditinjau.

3. Memastikan Keaslian Naskah

Turnitin akan memastikan keaslian dokumen. Selain itu, aplikasi atau website Turnitin ini banyak digunakan oleh para sarjana untuk melakukan verifikasi keaslian dari sebuah tulisan.

Fitur Turnitin

Seperti sudah dijelaskan diatas, Turnitin merupakan tools cek orisinalitas tulisan yang sering dimanfaatkan berbagai institusi pendidikan. Hal ini tidak lain didukung oleh fitur yang ternilai sangat jitu untuk keperluan pengelolaan karya tulisan.

Sejatinya, Turnitin menyediakan beberapa fitur utama yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Simak lebih lanjut pemaparan fitur Turnitin sebagai berikut :

1. Peermark (Pembanding)

Salah satu fungsi andalan dari Turnitin adalah Peermark. Apa itu yang dimaksud dari fitur Turnitin yang satu ini? Ia merupakan tools yang bisa memfasilitasi pengguna dengan hasil review dari sesama pekerja maupun mahasiswa.

Melansir dari salah satu halaman internet, Turnitin akan mendistribusikan teks secara langsung kepada mahasiswa maupun pekerja yang sudah terdaftar sebagai reviewer. Fitur ini dijamin bisa memberikanmu gambaran yang jitu mengenai orisinalitas tulisan. Kendati demikian dengan memanfaatkan fitur Peemark, maka hasil tulisan kamu bisa terbuka untuk dibaca publik.

2. Grademark (Tanda Catatan)

Hampir sama dengan Peermark, fitur Turnitin ini merupakan teknologi yang sangat mumpuni untuk menilai dan memperbaiki orisinalitas sebuah tulisan. Artinya, fitur ini memungkinkan teks untuk diperiksa secara langsung oleh para dosen maupun editor yang sudah terdaftar di dalam sistem.

Serupa dengan Google Docs, untuk fitur ini memperbolehkan pemeriksa untuk meninggalkan catatan yang berhubungan dengan kekurangan maupun kelebihan teks. Untuk hal ini kamu bisa melakukan perbaikan kesalahan di dalam teks lebih mudah. Namun, apabila kamu menggunakan Grademark ini harus memberikan persetujuan bahwa teks bisa diakses oleh publik lain yang menggunakan Turnitin juga.

3. Originality Check (Pemeriksaan Orisinalitas)

Fitur Turnitin yang satu ini banyak dicari oleh kalangan mahasiswa dan pekerja. Sesuai dengan namanya, originality check ini berfungsi untuk memeriksa intrik-intrik plagiarisme di dalam teks.

Menggunakan database yang canggih, Turnitin secara otomatis akan memeriksa orisinalitas di dalam teks dan membandingkannya dengan beberapa sumber di internet. Hasilnya akan menunjukkan apakah ada bagian di dalam teks yang serupa dengan sumber-sumber milik Turnitin.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, hasil tidak bisa menjadi patokan plagiarisme. Fitur originality check hanya dapat dimanfaatkan untuk membandingkan kecocokan teks dengan beberapa sumber lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Turnitin

Mungkin, Turnitin merupakan salah satu tools mengecek orisinalitas terbaik yang bisa dimanfaatkan para mahasiswa dan profesional. Kendati demikian, sama halnya dengan software lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sebagai berikut daftar kelebihan dan kekurangan Turnitin :

1. Kelebihan Turnitin :

  • Mencegah adanya plagiarisme.
  • Komentar pemeriksa bisa direkam maupun diketik.
  • Menyediakan umpan baik secara terperinci kepada para pengguna.
  • Menerima berbagai macam jenis file.
  • Hasil pemeriksaan dinilai sangat amat cepat.

2. Kekurangan Turnitin

  • Membutuhkan akses jaringan internet.
  • Terkadang lambat atau harus sering-sering dilakukan refresh.
  • Hanya berfokus pada persentase kecocokan teks daripada mengembangkan keterampilan menulis para penggunanya.
  • Tidak bisa membedakan teks yang dikutip dengan benar dari plagiarisme secara lebih akurat.

Itulah dia pemaparan lengkap mengenai definisi, fitur, kelebihan dan kekurangan dari Turnitin. Intinya, Turnitin merupakan salah satu tools cek originalitas terbaik yang bisa kamu manfaatkan.

Namun, jangan lupa bahwa software yang satu ini hanya bisa membandingkan kecocokan teks dengan sumber lain saja. Artinya, ia tidak bisa memeriksa plagiarisme secara lebih akurat.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar