Begini Cara Mencari Efek di Tiktok Untuk Digunakan Pada Video

TRISULA

Cara Mencari Efek di Tiktok Untuk Digunakan Pada Video
Source Img: https://itkoding.com/cara-mencari-efek-di-tiktok/

Tiktok menjadi platform sosial media yang sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Selain itu, Tiktok juga menyediakan berbagai macam jenis efek yang bisa kamu gunakan. Pada aplikasi tersebut kamu bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter serta musik sebagai pendukungnya.

Kamu juga bisa membuat video pendek yang unik dan mudah dengan cepat. Selain itu, video itu juga bisa kamu bagikan kepada teman, bahkan seluruh dunia. Semakin berkembangnya aplikasi ini, kamu juga bisa membuat video dengan durasi yang lebih panjang yaitu selama 60 detik lamanya.

(H2) Tentang Tiktok

Apakah kamu sudah tahu sejarah Tiktok? Jangan cuma pakai aja, tapi harus tahu seluk-beluk nya. Ayo, kita bahas mengenai Tiktok.

Tiktok merupakan salah satu aplikasi mendunia yang berasal dari Tiongkok. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2016 oleh seorang pengusaha bernama Zhang Yiming.

Zhang Yiming merupakan pendiri dari sebuah perusahaan berbasiskan teknologi yaitu ByteDance.

Sebelum dikenal luas oleh dunia, aplikasi ini dulunya dikenal dengan sebutan Douyin di negara asalnya. Dimana, penggunanya hanya bisa membagikan video pendek berdurasi 15 detik kepada pengguna lainnya. Namun, siapa sangka aplikasi ini mendapatkan respon positif sehingga aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di negara asalnya.

Berhubung Zhang Yiming berhasil memperkenalkan aplikasi tersebut di negara asalnya sendiri, ByteDance akhirnya mencoba untuk memperkenalkan aplikasi tersebut kepada masyarakat di seluruh dunia. Sehingga, ByteDance memutuskan untuk mengganti namanya Douyin menjadi Tiktok.

Tahun 2018 silam, aplikasi Tiktok menjadi aplikasi yang cukup viral di Indonesia. Tepat pada tanggal 13 Juli 2018, Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) memblokir konten ini karena dianggap tidak memberikan konten yang mendidik.

Namun, sebulan kemudian, tepat pada bulan Agustus 208, aplikasi Tiktok ini bisa diunduh kembali. Meski mempunyai history yang kurang mengenakan, pengguna aplikasi Tiktok di Indonesia mencapai angka 30,7 Juta yang tercatat pada Juli 2020 lalu. Bahkan, saat ini aplikasi Tiktok sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. Fantastis sekali bukan?

Cara Mencari Efek di Tiktok Untuk Digunakan Pada Video

Mencapai status sebagai platform populer tentu bukan hal yang mudah. Aplikasi ini sempat mengalami beberapa hambatan. Selain itu, dalam perjalanannya menjadi platform populer, Tiktok juga pernah mengalami persaingan dengan platform serupa yang dikenal dengan nama Musical.ly. Merasa terancam, Tiktok pun mengakuisisi Mucical.ly dengan nominak 13,6 miliar.

3 Fitur Utama Tiktok

Berikut fitur pada aplikasi Tiktok yang bisa kamu ketahui.

1. Penambahan Musik

Pada dasarnya, tiktok memang salah satu platform video musik. Jadi, fitur utama yang ada pada Tiktok adalah fitur penambahan musik. Kamu bisa menambahkan beragam jenis musik yang sesuai dengan konten yang kamu buat. Musik yang ada pada Tiktok juga sudah mendapat izin dari pemiliknya sehingga tidak akan dikenakan copyright. Tidak perlu khawatir masalah biaya, kamu biasa mengaksesnya secara gratis.

2. Filter dan Efek

Kamu bisa menambahkan filter pada video untuk mengubah tune warnanya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat video dengan menambahkan efek visual, stiker, transisi, split, dan waktu.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah suara dalam video yang dibuat dengan menggunakan fitur Voice Changer. Jika kamu kurang percaya diri, kamu bisa menggunakan filter beauty yang akan mengubah wajah kamu jauh lebih cantik lagi.

3. Live

Selain membuat video, kamu juga bisa melakukan live, lho. Sayangnya, tidak semua pengguna bisa live streaming karena kamu harus memiliki minimal 1000 followers terlebih dahulu.

Cara Mencari Efek di Tiktok

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Tiktok menyediakan beragam fitur yang bisa memudahkan kamu untuk membuat konten video lebih menarik lagi. Cara menggunakannya juga cukup mudah karena fitur ini akan ditemukan di bawah video yang kamu tonton. Selain itu, kamu juga bisa langsung memilih efek atau mencarinya dengan keyword tertentu. Masih bingung? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Tiktok.
  • Klik ikon (+) untuk memulai merekam video.
  • Klik “Efek” di bagian pojok kiri.
  • Biasanya akan muncul berbagai macam efek yang bisa kamu gunakan.
  • Selain efek dan filter, kamu juga bisa menggunakan efek animasi dan edit video lainnya.
  • Jika efek yang tersedia kurang cocok, kamu bisa mencari efek dengan mengetik kata kunci yang ada di fitur pencarian efek, biasanya ditandai dengan ikon pencarian atau search.
  • Setelah menemukan efek atau filter yang pas, kamu bisa langsung merekam video sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  • Selesai.

Cara Mencari Efek di Tiktok Lite

Tiktok dan Tiktok lite, serupa tapi tak sama. Karena memiliki perbedaan dari segi ukuran, fitur, dan penggunaan data. Tiktok lite dirancang khusus untuk perangkat dengan spesifikasi ukuran rendah atau konektivitas internasional terbatas. Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang sama, seperti; mengedit, merekam, dan memposting video. Sayangnya Tiktok lite tidak memiliki beberapa efek visual yang tersedia di Tiktok. Tapi, kamu masih bisa memakai filter, kok. Caranya sama persis dengan mencari efek di aplikasi Tiktok. Kamu bisa mempelajarinya kembali dengan scroll ke atas.

Itulah cara mencari efek di Tiktok yang bisa kamu gunakan untuk video dan foto. Menggunakan efek atau filter juga berguna bagi kamu yang berprofesi sebagai konten kreator atau pelaku bisnis untuk meningkatkan interaksi dan engagement audiens. Biasanya Tiktok juga akan sering menampilkan berbagai tren-tren tertentu. Salah satunya trend dengan menggunakan filter unik dan lucu. Selamat mencoba.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar