Cara Merawat HP Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak!

TRISULA

Cara Merawat HP Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak!

Sekarang, HP sudah seperti layaknya kebutuhan pokok. Ada banyak urusan pekerjaan yang melibatkan smartphone, sehingga bisa menimbulkan kerepotan apabila mengalami kerusakan.

Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui cara merawat HP dengan baik agar tahan lama. Tertarik untuk mengetahui caranya? Yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Merawat HP Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak!

Supaya awet, sebagai berikut cara merawat HP yang harus kamu lakukan :

1. Menggunakan Charger Original

Bagaimana cara merawat HP supaya tetap awet dan tidak cepat rusak? Salah satunya, yaitu menggunakan charger original. Pasalnya, di saat kamu menggunakan charger abal-abal yang kualitasnya dibawah standar ini belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai dan bisa merusak HP.

Penggunaan powerbank di dalam mengisi daya baterai juga tidak disarankan, karena panas dari powerbank mempunyai potensi memicu terjadinya kerusakan. Bukanya tidak boleh, tapi kamu harus mengatur penggunaan atau di saat kondisi benar-benar mendesak saja.

2. Membersihkan Debu yang Nempel di HP

Cara merawat HP supaya awet berikutnya, yaitu membersihkan debu yang menempel. Debu yang mengendap di HP ini bisa membuat perangkat tersebut lebih mudah panas. Jadi, kamu harus rutin membersihkan HP supaya kinerjanya tetap cepat.

Gunakan lap microfiber untuk mendapatkan hasil yang maksimal di saat membersihkan HP. Jangan menggunakan tisu, karena mempunyai banyak serat dan bisa tertinggal di dalam HP. Tidak hanya membersihkan debu di bagian layarnya saja, tapi juga harus sampai di bagian dalam komponennya.

3. Memilih Case HP yang Sesuai

Di pasaran banyak sekali case HP dan terkadang bisa membuat kamu bingung harus memilih yang mana. Siapa sangka bila memilih aksesoris HP juga dapat berpengaruh terhadap tingkat keawetan.

Aksesoris HP yang asli ini sudah disesuaikan dengan bentuk dan spesifikasi, sehingga bisa lebih nyaman digunakan. Hanya saja, penggunaan aksesoris HP ini bisa membuat lebih cepat panas. Jadi, kamu harus pintar memilih aksesoris yang bisa melepas panas tersebut.

Apabila aksesoris yang digunakan sulit melepas panas, kamu bisa melepasnya di saat sedang proses isi daya baterai. Tujuannya, supaya HP tidak mudah panas. Cara merawat HP dengan benar ini bisa dipertimbangkan, khususnya buat kamu yang suka ganti aksesoris.

4. Menghindari Penggunaan HP Di Tempat Panas

Hindari menggunakan HP di ruangan terbuka yang sangat panas, apabila kamu suka beraktivitas di luar ruangan. Suhu yang dianjurkan untuk menggunakan HP adalah 16-30 derajat celcius.

Prosedur cara merawat HP kali ini sangat direkomendasikan, supaya tidak terpapar langsung oleh matahari. Jadi, kamu bisa menyimpan atau menggunakan HP di tempat yang aman. Ruangan tertutup yang mempunyai suhu normal ini bisa menjaga kinerja dan performa hp dibandingkan terlalu sering terpapar sinar matahari.

5. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Cara merawat HP dengan baik berikutnya, yaitu mengisi daya sesuai dengan kebutuhan. Hindari mengisi daya sampai 100% supaya baterai bisa bertahan lama. Kenapa demikian? Sebabnya, baterai HP berbahan lithium dan kapasitasnya bisa menurun di saat mendapatkan tegangan tinggi.

Perlu diketahui juga bila lapisan lithium pada baterai ini terus mendapatkan arus listrik dan memicu baterai HP menjadi tidak stabil. Dengan hal ini bisa membuat baterai HP menggelembung dan meledak apabila dibiarkan di dalam waktu yang lama.

Disarankan kamu mengisi daya baterai HP di antara 30-80% supaya voltase tetap rendah, sehingga baterai bisa lebih awet. Dengan menggunakan cara satu ini dengan tepat, maka bisa dipastikan bahwa HP kamu akan tetap terjaga dan berumur panjang.

6. Menghapus APlikasi Tidak Penting

Pada HP Android atau iOS sering sekali mengalami slow response atau lambat di dalam membuka aplikasi. Salah satu penyebabnya, yaitu ada beberapa aplikasi yang memakan CPU dan RAM sangat besar. Imbasnya, yaitu kinerja HP bisa cepat menurun. Lakukan pengecekan apakah semua aplikasi yang terinstall ini kamu gunakan?

Cara merawat HP ini bisa kamu lakukan dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Jadi, jangan asal memasang aplikasi yang hanya membuat ruang penyimpanan penuh saja. Perhatikan juga kapasitas RAM, ROM dan chipset yang digunakan, apakah bisa menunjang penggunaan aplikasi atau tidak.

7. Menghindari Bermain Game Pada Saat Mengisi Daya Baterai

Bermain game pada saat HP sedang diisi daya ini menjadi salah satu penyebab baterai cepat drop dan rusak. Baterai juga bisa lebih mudah menggelembung bila beban daya terlalu besar saat di charger.

Jadi, cara merawat HP supaya awet adalah menghentikan kebiasaan bermain game sambil mengisi daya baterai. Ketahui juga, rata-rata aplikasi game ini mempunyai potensi menghabiskan RAM dan CPU di dalam HP.

Beban HP juga akan bertambah berat, ketika kamu bermain game sambil mengisi daya. Tidak heran lagi, apabila HP yang kamu gunakan cepat rusak di saat menggunakan kebiasan buruk ini.

8. Menggunakan Aplikasi Antivirus

HP bisa saja terkena virus yang berasal dari beberapa aplikasi atau lampiran email. Jadi, kamu sebaiknya menggunakan aplikasi antivirus untuk mencegah masuknya malware ke HP. Cara merawat HP dengan benar, yaitu rutin membersihkan HP dengan aplikasi antivirus minimal 3 hari sekali.

9. Matikan HP Saat Tidak Digunakan

HP juga membutuhkan istirahat seperti layaknya perangkat elektronik lainnya. Hardware HP juga akan terkuras bila sering digunakan secara berlebih. Maka dari itu, cara merawat HP yang bisa kamu gunakan adalah mematikan di saat tidak digunakan. Dengan cara ini akan membantu kamu di dalam mendinginkan komponen penting di dalam HP, seperti RAM, baterai dan prosesor.

Itulah dia 3 cara merawat HP supaya tetap awet dan tahan lama. Semoga informasi diatas bisa membantu!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar