Fitur Terbaru Youtube 2023 yang Harus Kamu Ketahui!

TRISULA

Fitur Terbaru Youtube 2023 yang Harus Kamu Ketahui!
Source Img: https://images.app.goo.gl/xC3xuExe6RmLRzAb8

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Youtube? Di era yang serba digital seperti sekarang hampir semua kalangan masyarakat sudah mengakses aplikasi Youtube. Entah untuk menonton atau mengunggah video buatannya sendiri.

Youtube bahkan sudah berhasil mengantarkan beberapa orang atau sekelompok menjadi semakin terkenal. Istilah vlogger atau video blogger juga kini semakin dikenal.

Sebut saja nama Raditya Dika dan Gita Savitri. Kedua orang tersebut menjadi populer semenjak video unggahan ditonton oleh ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia.

Apa Itu Youtube ?

Youtube adalah aplikasi atau situs web berbagi video nomor satu di dunia. Ada beberapa orang yang menyebutkan, bahwa Youtube sebagai media sosial berbasis video.

Sebab, memang tidak perlu diragukan lagi bahwa Youtube menjadi aplikasi atau situs pertama diakses ketika seseorang membutuhkan video tertentu. Ada berbagai macam video klip yang di unggah oleh beberapa kalangan pengguna.

Misalnya, tutorial, klik musik, trailer film dan lain-lain. Jika dilihat dari sejarahnya, Youtube sudah hadir dan berdiri sejak Februari 2005. Founder Youtube, Jawed Karim, Steven Chen dan Chad Hurley ini mendirikan markas besar Youtube di San Bruno, California, Amerika Serikat.

Sampai dengan sekarang, tercatat bahwa ada video bertotal durasi selama 400 jam diunggah di Youtube di setiap menitnya. Jika dihitung berdasarkan kalkulasinya, setidaknya ada satu miliar jam konten Youtube yang ditonton setiap hari oleh kalangan masyarakat. Hebat bukan?

Fitur Menarik Youtube

Youtube sudah mengalami banyak perkembangan di berbagai beberapa fiturnya. Fitur yang ada di Youtube ini dikembangkan untuk membuat para pengunjung merasa lebih mudah mengakses apa yang sedang dibutuhkan

Bisa dibilang jika saat ini Youtube sudah membawa perubahan besar di gaya hidup manusia. Dengan banyaknya fitur ini semakin lengkap, Youtube semakin mampu untuk memanjakan para pengunjung. Ada beberapa fitur menarik yang sampai sekarang dimiliki oleh Youtube, yaitu :

1. Autoplay

Autoplay adalah salah satu fitur baru yang dikeluarkan oleh Youtube. Ketika seseorang sudah selesai menonton suatu video, maka algoritma Youtube akan mengarahkan penonton ke video selanjutnya yang temanya saling berkaitan.

Ada beberapa orang yang merasa terbantu dengan hadirnya fitur satu ini, karena tidak membuang waktu untuk memilih video ingin di tonton. Fitur autoplay ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan melalui bagian kanan layar.

Diatas pilihan video yang akan ditonton juga ada tulisan autoplay dengan tanda centang di bagian sampingnya. Kamu hanya perlu mencentang atau menghilangkan tanda centang untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur tersebut.

2. Video Anotasi

Video Anotasi merupakan video yang bisa diklik pada bagian atas atau samping. Biasanya, video anotasi adalah video yang masih berkaitan dengan video sedang diputar.

Fitur ini sudah banyak digunakan oleh para pengunggah video supaya semakin banyak orang menonton video yang diunggahnya. Akan tetapi, ada kalanya fitur satu ini dianggap merepotkan bagi para pengunjung Youtube.

Untuk menjembatani di dalam perbedaan kepentingan ini, Youtube memperbolehkan para pengunjung untuk menonaktifkan fitur video anotasi dari pengaturan yang ada di sebelah kanan. Klik playback, kemudian uncheck pada bagian video annotations.

3. Unduh Video

Fitur baru untuk bisa download video yang ada di Youtube ini sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Untuk cara download video di Youtube, kamu cukup menambahkan huruf “ss” di bagian url video yang sedang ditonton dan di antara kata “www” dan “youtube”.

Fitur satu ini bisa digunakan untuk menyimpan video maupun memutar ulang kembali di kesempatan lain. Selain video, kamu bisa merubah video Youtube menjadi mp3 atau lagu. Lebih menariknya lagi adalah kamu bisa memanfaatkan fitur nonton offline Youtube, meski hanya bisa diputar di dalam aplikasi youtube saja.

4. Kecepatan Video

Saat ini, Youtube memungkinkan kamu untuk mempercepat atau memperlambat video yang diputar sesuai dengan preferensi pengunjung. Caranya, perhatikan ikon pengaturan yang ada di bagian kanan bawah video. Lalu tap dan pilih dibagian speed.

Sesuaikan kecepatan video dengan keinginan. Pilihan speed diatas kata “normal” ini menandakan penambahan kecepatan. Sebaliknya, pilihan speed dibawah kata “normal” berarti memperlambat kecepatan video yang sedang diputar. Fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk penonton yang merasa kesulitan untuk mengikuti jalannya video.

Manfaat Adanya Youtube

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Youtube, baik untuk pengunggah maupun penonton yaitu “

1. Mempromosikan Perusahaan atau Profil Individu

Saat ini Youtube sudah menjadi tempat yang menampung banyak profile dari perusahaan maupun individu supaya mempunyai citra baik. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan keperluan internet marketing. Video profil juga sering dianggap lebih efektif untuk mempromosikan suatu perusahaan atau individu.

2. Berpenghasilan Melalui Google AdSense

Jika kamu mendaftarkan akun Youtube ke Google Adsense, maka Google Adsense akan membayar setiap kali ada orang yang klik iklan di video tersebut. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi seperti minimal mempunyai 10.000 views. Untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense video Youtube, tentu saja kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu.

3. Menonton Tayangan yang Sudah Terlewatkan

Hampir semua stasiun televisi di Indonesia dan dunia mempunyai akun official di Youtube. Tujuannya, yaitu untuk mendokumentasikan beberapa acara yang sudah ditayangkan. Hal ini juga bisa membantu para penonton untuk mengejar ketertinggalan informasi sebab berhalangan mengakses suatu tayangan.

Selain ada beberapa manfaat di atas, tentu masih ada beberapa manfaat lainnya. Misalnya, kamu mudah menemukan bahan belajar, melihat tutorial dan masih banyak lainnya lagi.

Keberadaan Youtube memang memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Hanya, terkadang masih ada beberapa orang yang memanfaatkan untuk kepentingan negatif. Semoga kamu bukan bagian dari mereka. Manfaatkan Youtube secara bijak,ya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar