8 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok, Selain Menjadi Influencer!

TRISULA

8 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok
Source Img: https://images.app.goo.gl/hSvvR4BswbQxkxZx8

Kamu bisa mendapatkan uang dari beberapa media dan salah satunya adalah TikTok. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan bukan hanya menjadi seorang influencer saja.

Influencer media sosial biasanya akan mendapatkan uang untuk menjalin kerja sama dengan salah satu brand sebagai media promosi. Akan tetapi, ada catatan bagi yang ingin berprofesi sebagai Influencer yaitu harus konsisten pada topik tertentu dan bisa berinteraksi dengan followers.

Di kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara mendapatkan uang di TikTok. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Cara Mendapatkan Uang di TikTok

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa mendapatkan uang di TikTok tidak hanya sekedar menjadi influencer saja. Ada beberapa cara mendapatkan uang di TikTok yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Membuat Sponsored Content Post

Cara mendapatkan uang dari TikTok pertama, yaitu menerbitkan sponsored content. Sponsored content adalah konten yang dibuat oleh TikTok creator dengan tujuan mempromosikan sebuah produk maupun layanan dari sebuah brand.

Pihak brand akan membayar kamu untuk membuat konten dengan menampilkan produk, baik di dalam bentuk review, endorsement maupun promosi lainnya. Satu hal terpenting adalah kamu harus mengikuti ketentuan dari brand dan menerapkan strategi marketing TikTok yang paling ampuh.

Kamu tidak harus menunggu jutaan followers untuk dilirik oleh brand. Saat ini, banyak sekali brand kecil hingga menengah yang memburu kreator dengan followers ribuan untuk menjalin kerjasama.

2. Mendapatkan Donasi Dari Live Gifting

Salah satu cara menghasilkan uang di Tiktok berikutnya, yaitu menarik donasi saat mengadakan siaran langsung. Ketika kamu sedang live, maka para penonton bisa memberikan stiker gift sebagai bentuk apresiasi.

Nah, untuk gift ini bisa ditukarkan dengan koin atau uang tunai. Kok bisa? Sebab, para penonton bisa mengirimkan stiker gift ke kamu karena membelinya dengan uang. Sangat menarik bukan?

Meski begitu, kamu harus ingat bahwa meminta donasi secara aktif ini bisa melanggar panduan komunitas dari aplikasi ini. Selain itu, kamu juga harus memenuhi syarat minimal 1.000 followers dan usia 16 tahun untuk menggunakan fitur live tersebut.

3. Menjalankan Misi TikTok

Kamu bisa menjalankan misi di TikTok sebagai cara mendapatkan uang. Bagi kamu yang belum tahu, bahwa aplikasi media sosial ini menyediakan beberapa misi yang bisa diikuti. Misalnya, mengundang teman atau menonton video.

Di setiap misi yang sudah kamu selesaikan, maka kamu akan menerima hadiah berbentuk uang tunai maupun koin. Selain hadiah, konten video pendek kamu juga mempunyai peluang untuk bisa mendapatkan eksposur lebih besar karena dipromosikan oleh pihak Tiktok.

4. Memanfaatkan TikTok Ads

Memanfaatkan TikTok Ads ini sebagai pilihan alternatif di saat ingin mendapatkan uang. Sesuai dengan namanya, TikTok Ads merupakan fitur iklan yang ditawarkan oleh aplikasi ini untuk membantu kamu di dalam iklan produk maupun layanan.

Kamu juga bisa menggunakan TikTok Ads untuk meningkatkan trafik ke website, marketplace dan lain-lain. Variasi iklan yang ditampilkan juga sangat beragam, mulai dari in-feed images ads sampai top view ads di dalam format fullscreen.

5. Bergabung dengan TikTok Creator Funs

Dengan bergabung di creator fund, kamu bisa mendapatkan uang dari media sosial TikTok. Hadirnya program ini, kamu bisa menerima bayaran jika konten video dianggap menarik dan mempunyai engagement tinggi.

Untuk mengikuti program ini, konten kamu harus mempunyai setidaknya 100 ribu views di dalam 30 hari terakhir. Berhubung program ini masih baru, mungkin saja kebijakan dan keuntungan yang ditawarkan juga bisa berubah di masa mendatang.

6. Mendaftar Sebagai TikTok Affiliate

Mendaftar sebagai program TikTok Affiliate, maka kamu diberikan peluang mendapatkan uang dari media sosial satu ini. Afiliasi merupakan program yang memungkinkan kamu di dalam promosi produk dan mendulang komisi penjualan dari produk tersebut.

Cara kerja dari program ini sama seperti dengan afiliasi pada umumnya. Kamu cukup menambahkan tautan afiliasi produk di keranjang kuning, ketika membuat konten video.

Ketika ada orang yang klik link tersebut, maka kamu akan otomatis mendapatkan komisi. Tentu saja, TikTok Affiliate mempunyai syarat dan ketentuan supaya bisa diterima sebagai affiliator. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membuka aplikasi TikTok di smartphone dan lalu menyimak dengan teliti setiap butir syarat dan ketentuannya.

7. Mempromosikan Musik

Cara yang bisa kamu coba selanjutnya, yaitu  mempromosikan lagu ke dalam video pendek. Seperti yang diketahui hampir semua ide konten TikTok menggunakan lagu, baik itu lip-sync atau joget-joget biasa.

Nah, hal satu ini semakin disadari oleh para musisi. Jika kamu dianggap mempunyai jumlah followers dan engagement yang besar, maka para musisi bisa saja membayar untuk mempromosikan lagu di dalam video.

8. Menawarkan Jasa Admin TikTok

Menawarkan jasa admin TikTok adalah cara mendapatkan uang terakhir dari media sosial satu ini. Cara kerjanya hampir sama seperti admin sosial media pada umumnya, yaitu mengelola akun supaya bertambah besar menggunakan strategi tertentu.

Opsi satu ini juga sangat cocok digunakan oleh kamu yang paham seluk beluk dunia pemasaran dan strategi content marketing. Kamu juga harus bisa mengembangkan ide kreatif konten TikTok dan mengelola tawaran segala jenis kerja sama.

Selain itu kamu juga harus paham dengan bagaimana cara supaya konten TikTok viral dan sering masuk di FYP. Supaya bisa mencapainya, kamu hanya perlu belajar beberapa teknik pemasaran.

Itulah dia 8 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu lakukan. Semoga informasi diatas membantu!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar