Perhatikan, Ini Cara Membersihkan Laptop dari Debu Agar Awet

TRISULA

Cara Membersihkan Laptop dari Debu Agar Awet

Laptop merupakan perangkat lunak yang menguasai hampir semua kalangan di seluruh dunia. Baik tua, muda, dewasa, bahkan remaja kini jari jemarinya sudah lihai menari-nari diatas keyboard laptop. Namun, tidak semua orang bisa merawat laptopnya dengan baik. Alhasil, laptop menjadi kotor dan mudah rusak. Sehingga kinerja pada laptop pun menjadi berkurang. Belum lagi jika bagian luarnya kotor. Huft! Sudahlah..

By the way, debu merupakan penghambat utama laptop menjadi lemot. Pasalnya, debu yang menumpuk akan membuat kinerja lemot menjadi berkurang. Maka, pengguna laptop perlu mengetahui cara membersihkan laptop dari debu agar performa laptop tetap terjaga.

Laptop yang bersih tentu menunjukkan kualitas yang baik dan bagus. Tak hanya itu, kebersihan laptop yang dijaga pun akan membantu kinerja laptop menjadi lebih cepat dan berkualitas. So, jangan malas membersihkan laptop ya. Baik diluar maupun didalam keduanya harus sama-sama dijaga ekstra agar laptop bisa digunakan dengan semestinya.

Cara Membersihkan Laptop dari Debu

Menjaga kebersihan laptop memang sangat diperlukan, terlebih jika kamu tinggal di lingkungan yang udaranya tidak bersih. Kadang udara yang sejak saja pasti banyak debu, apalagi kalau nggak bersih. Iya kann?

Sebenarnya, ada banyak cara untuk membersihkan laptop dari debu. Adapun cara tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Matikan Laptop dan Cabut dari Stop Kontak

Sebelum memulai membersihkan, ada baiknya untuk mematikan dan mencabut laptop dari stop kontak terlebih dahulu.

Langkah ini sangat dianjurkan untuk meminimalisir laptop terbakar saat dilap dengan kain lembab. Selain itu, cara ini juga bisa mencegah terjadinya sengatan arus listrik.

2. Menggunakan Larutan Pembersih

Cara pertama untuk membersihkan debu pada laptop yaitu dengan menggunakan air larutan. Pengguna laptop bisa mencampurkan air dengan beberapa tetes sabun pencuci piring. Bisa juga menggunakan larutan pembersih yang berasal dari air dan alkohol.

Jika menggunakan opsi yang kedua, pastikan air tidak mengenai layar laptop. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada layar laptop.

3. Menggunakan Spons

Membersihkan laptop juga bisa dengan menggunakan spons. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan spons pada air larutan yang sudah dibuat. Agar tidak ada air yang menetes, maka peras spons terlebih dahulu.

Setelah itu, bersihkan area luar laptop dengan teliti. Pastikan jangan membersihkan ventilasi serta port laptop, karena akan menyebabkan kerusakan komponen pada laptop.

4. Siapkan Penyemprot Khusus

Cara keempat ini dilakukan untuk membersihkan bagian layar laptop yang terkena noda minyak. Bisa juga digunakan untuk membersihkan bagian sidik jari yang kotor. Larutan khusus ini dibuat dari campuran cuka serta air.

5. Menggunakan Kain Mikrofiber

Selanjutnya, cara membersihkan laptop dari kotoran dan debu yaitu dengan mengusapnya menggunakan kain mikrofiber. Penggunaan kain mikrofiber ini dilakukan pada step terakhir setelah laptop dibersihkan dengan air larutan.

Fungsi dari kain mikrofiber yaitu untuk mengeringkan bagian laptop yang lembab. Cara menggunakannya yaitu dengan memutar kain tersebut.

Hal yang harus kamu hindari dalam membersihkan laptop dari debu agar tidak terjadi kerusakan, yaitu;

  • Jangan menggunakan kain katun atau tisu, biasanya benda tersebut akan meninggalkan jejak kotoran.
  • Usahakan agar laptop diletakkan di permukaan yang keras dan rata, seperti di meja tulis. Sebelum laptop dibalik untuk dibersihkan bagian bawahnya, pastikan agar kamu meletakkan kain microfiber yang bersih.
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan laptop. Jika kamu mempunyai kulit sensitif, makan gunakan sarung tangan plastik atau lateks.
  • Bersihkan dengan ritme yang pelan agar perangkat elektronik tidak rusak, terutama pada bagian solder atau sirkuitnya.
  • Gunakan dua tangan untuk memegang laptop. Hindari mengangkat laptop dengan satu tangan karena akan menimbulkan tekanan berlebihan ke satu area sehingga area yang tertekan akan mudah rusak.
  • Angkat laptop dalam keadaan tertutup. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan saat laptop terjatuh. Jangan mengangkat lapisan dari bagian layarnya karena hal ini memicu kerusakan pada sambungan antara layar dan badan laptop.

Manfaat Membersihkan Laptop

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika rajin membersihkan laptop. Adapun manfaat dari membersihkan laptop adalah sebagai berikut:

  • Terhindar dari Overheating

Overheating adalah penyumbatan debu pada area ventilasi laptop. Apabila ventilasi pada laptop tersumbat debu, maka laptop akan cepat panas dan tidak nyaman untuk digunakan.

  • Performa Meningkat

Laptop yang sering dibersihkan tentu menambah performa bagus. Selain itu, laptop juga akan terhindar dari lemot serta error.

  • Keyboard

Manfaat membersihkan laptop untuk keyboard adalah keyboard akan lebih mudah untuk ditekan. Beda lagi jika tombol keyboard penuh dengan debu, selain tidak nyaman kinerja keyboard juga akan menurun.

  • Gunakan Laptop Setiap Hari

Apabila laptop sering dibersihkan, tentu laptop bisa digunakan setiap hari tanpa adanya hambatan. Laptop yang bersih meningkatkan kinerja penggunanya ketika dipakai.

  • Meminimalisir Biaya Perbaikan

Banyak sekali pengguna laptop yang sering mendatangi tempat servis laptop. Hal ini tentu karena laptop rusak, lemot, dan performa yang menurun. Agar terhindar dari hal tersebut maka harus rajin membersihkan laptop.

Biaya perbaikan laptop tentu tidak mudah, apalagi jika kerusakannya fatal. Ada baiknya untuk merawat laptop dari sekarang agar terhindar dari kerusakan.

Sekilas cara membersihkan laptop dari debu serta manfaatnya yang bisa diketahui. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa kinerja laptop akan menjadi bagus dan meningkat apabila rajin dibersihkan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar