Simak! Berikut Cara Upgrade RAM pada Laptop yang Mudah

TRISULA

Cara Upgrade RAM pada Laptop yang Mudah

Penggunaan laptop dengan kapasitas yang kurang memadai menjadikan laptop menjadi lemot. Sehingga, para pengguna harus mengetahui cara upgrade RAM pada laptop untuk menambah performa laptop lebih bagus lagi.

Penambahan RAM pada laptop juga sangat berperan penting, karena penggunaan laptop yang memerlukan banyak kapasitas tentu tidak akan cukup jika menggunakan laptop dengan RAM yang sedikit. Hal ini justru perlu diperhatikan oleh semua pengguna laptop.

Umumnya, kapasitas RAM cepat penuh sehingga mempengaruhi kinerja pada laptop. Terkadang, agar kinerjanya semakin kencang, kamu harus rajin membersihkan RAM laptop. Namun, jika hal tersebut tidak memadai ada baiknya untuk menambah kapasitas RAM saja.

Penambahan RAM secara fisik yang banyak diketahui para pengguna laptop adalah mengganti secara fisik atau membongkar laptop. Tetapi, nyatanya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menambah RAM pada laptop.

Cara Upgrade RAM Laptop yang Mudah

Para pengguna yang hendak mengisi kapasitas RAM atau meng-upgrade RAM pada laptop, maka harus melakukan beberapa hal dibawah ini. Adapun cara upgrade RAM laptop yaitu:

1. Pastikan Ada Slot RAM yang Kosong dan Tidak Disolder Permanen

Menambah RAM pada laptop, harus mengecek terlebih dahulu apakah RAM laptop yang dimiliki disolder permanen atau tidak. Pasalnya, beberapa pabrikan baru mulai getol menyolder RAM secara permanen.

Hal ini, berkaitan dengan sistem marketing untuk menuntun konsumen membeli laptop lebih mahal dengan fasilitas RAM yang upgradable. Jika slot RAM disolder, sudah dipastikan kamu tidak bisa menambah dan menggantinya sendiri jika mengalami kerusakan.

Namun, jika terdapat dua slot dan hanya ada satu slot yang disolder, maka kamu masih bisa menambah RAM laptop.

2. Upgrade RAM dengan Virtual Memory

Selanjutnya, cara upgrade RAM laptop bisa dengan melakukan virtual memory. Untuk memorinya sendiri, biasanya mengambil dari hardisk. Namun perlu diingat, memakai virtual memory tentu akan memangkas kapasitas hardisk.

Apabila memori harddisk sudah di level merah, upgrade RAM laptop fisik bisa menjadi solusi. Namun jika kapasitas masih longgar, bisa dimanfaatkan sebagai RAM virtual. Caranya yaitu:

  • Klik kanan start menu > Windows Explorer.
  • Klik kanan pada My Computer > Properties.
  • Pilih opsi Advance System Settings > Advanced > Settings di kategori Performances > klik tab Advance dan pilih tombol Change.
  • Hilangkan ceklis pada Automatically manage paging file size for all drivers.
  • Selanjutnya, pilih partisi yang akan dipakai untuk virtual memory Misalnya 4GB sebagai initial size dan 8 GB untuk maximum size. Klik tombol Ok dan restart laptop dan PC untuk melihat perubahannya.

3. Pastikan Kapasitas RAM

Kapasitas RAM sangat penting, sehingga kamu harus mengetahui kapasitas RAM yang terdapat pada laptop. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat salah satu RAM yang sudah terpasang. Rata-rata RAM bawaan pabrik mempunyai ukuran minimal 4GB hingga 8GB. Jika kamu berencana untuk menambah RAM laptop, pastikan RAM yang dipasang memiliki ukuran yang sama.

4. Pastikan Jenis RAM

Agar RAM laptop bisa berjalan dengan smooth, alangkah baiknya agar kamu melihat jenis dari RAM tersebut. Karena, ada banyak sekali variasi RAM dari beberapa brand serta tahun pembuatan laporan itu sendiri. Pada umumnya, laptop buatan sebelum 2019 memakai jenis RAM DDR3 hingga DDR2. Bahkan, ada yang masih menggunakan jenis RAM DDR1 untuk laptop yang sudah tua. Sedangkan untuk laptop keluaran terbaru kebanyakan sudah menggunakan RAM DDR4.

5. Transfer Rate

Selain slot, kapasitas, dan jenis, transfer rate juga tak kalah penting untuk diketahui sebelum menambah kapasitas RAM laptop. Hal tersebut sangat berpengaruh pada performa dan kinerja laptop. Umumnya, semakin tinggi transfer rate-nya, maka semakin cepat pula RAM tersebut bekerja. Sebagai informasi tambahan, biasanya rata-rata laptop di pasaran mempunyai transfer rate yang bervariasi. Biasanya diberi kode PC di bagian depannya, seperti: PC 12800, PC 10600, dan PC 5600.

Itulah 5 cara Upgrade RAM pada laptop yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas RAM.. Caranya cukup mudah namun banyak yang perlu diperhatikan.

Keuntungan Menambah RAM pada Laptop

Banyak keuntungan dari menambah kapasitas RAM pada laptop. Selain menambah kinerja laptop menjadi lebih bagus, ternyata penambahan RAM juga memiliki keuntungan tersendiri. Adapun keuntungan menambah RAM pada laptop, yaitu:

1. Multitasking Lebih Halus

Para pengguna laptop pasti sering membuka beberapa program dalam waktu bersamaan. Biasanya akan menimbulkan panas pada laptop, untuk menghindarinya bisa dengan meng-upgrade RAM pada laptop.

2. Web Surfing Lebih Cepat

Bekerja freelancer pasti akan banyak menghabiskan waktu didepan laptop. Agar kinerja lebih cepat maka bisa menambah RAM pada laptop.

3. Game Menjadi Lebih Bagus

Menambah kapasitas RAM juga bisa meningkatkan performa bermain game menjadi lebih bagus. Para pengguna laptop juga bisa menikmati gambar yang lebih bagus dan jelas.

Kerugian Menambah RAM pada Laptop

Menambah kapasitas RAM pada laptop juga bisa menimbulkan beberapa kerugian yang akan dialami oleh para penggunanya. Adapun kerugian tersebut adalah:

  • Mengeluarkan biaya yang banyak.
  • Merusak sebagian hardware yang ada pada laptop.
  • Menimbulkan error pada sebagian perangkat.
  • Merusak RAM bawaan apabila menambahkan RAM yang tidak sesuai.
  • Performa serta kinerja laptop yang tidak stabil.

Itulah cara upgrade RAM laptop lengkap dengan keuntungan serta kerugiannya. Apabila ingin menambah kapasitas RAM maka harus memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar