Coding : Definisi, Manfaat dan Cara Mempelajarinya

TRISULA

Coding : Definisi, Manfaat dan Cara Mempelajarinya

Coding merupakan salah satu keahlian yang banyak dicari pada era digital seperti sekarang. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk belajar coding dengan harapan mendapatkan masa depan lebih cerah. Bisa jadi, kamu menjadi salah satu diantaranya. Namun, apakah kamu benar-benar paham apa itu coding dan bagaimana cara mempelajarinya?

Apa Itu Coding?

Sebelum memulai proses belajar, kamu perlu tahu apa itu coding terlebih dahulu. Dalam pengertiannya, coding merupakan proses penulisan kode di sebuah aplikasi atau program yang menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Di dalam proses penulisannya, kamu perlu paham sintaks yang berlaku pada bahasa pemrograman tersebut. Dengan begitu, komputer bisa paham di setiap perintah yang tertulis di dalam kode.

Manfaat Coding

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan pada saat belajar coding. Sebagai berikut manfaat coding :

1. Mengembangkan Kemampuan Logika

Manfaat yang tidak kalah penting, yaitu mendorong kemampuan berpikir secara logis. Kemampuan ini juga bisa kamu dapatkan, karena algoritma sebuah program atau aplikasi harus disusun secara logika yang benar. Kalau ada logika yang salah, maka program tersebut bisa memunculkan error atau tidak dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

2. Mendorong Ketelitian

Seorang programmer yang melakukan coding di setiap hari dituntut untuk melakukan tugasnya penuh dengan ketelitian. Kesalahan di dalam penulisan sintaks ini membuat program tidak dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Alhasil, kamu bakal terbiasa menulis kode secara teliti di saat belajar coding.

3. Melatih Kemampuan Pada Problem Solving

Coding tidak hanya membantu kamu di dalam meraih karir cerah di masa depan. Pada saat belajar coding, kamu bisa mendapatkan kemampuan di dalam menyelesaikan sebuah permasalahan secara lebih dalam.

Kemampuan terkait penyelesaian masalah sangat penting dan dibutuhkan pada dunia kerja. Keahlian ini juga bisa membantu kamu di dalam menyelesaikan sebuah problem secara lebih efektif.

4. Dibutuhkan Oleh Banyak Perusahaan

Kemampuan di dalam bidang teknologi informasi, khususnya coding ini dibutuhkan oleh hampir setiap perusahaan. Hal itu, tidak lepas dari upaya berbagai perusahaan di dalam melakukan transformasi digital bisnis.

Transformasi digital bisnis sangat penting dan harus dilakukan pada setiap perusahaan. Tanpa upaya tersebut, maka perusahaan bakal ketinggalan zaman dan kalah bersaing dengan kompetitor.

5. Prospek Karir yang Luas dan Bergaji Tinggi

Coding merupakan jendela menuju peluang karir lebih luas. Ada banyak pilihan karir yang bisa kamu jalani, ketika mempunyai modal keahlian di dalam coding. Tidak hanya itu, kamu juga berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan.

Pentingnya Coding Pada Pengembangan Aplikasi dan Situs Web

Pada era digital seperti sekarang ini, coding menjadi proses krusial di dalam pembuatan aplikasi dan produk digital lainnya. Coding melibatkan penulisan instruksi yang akan diikuti oleh komputer.

Instruksi tersebut juga dituliskan di dalam bahasa pemrograman dan kemudian diterjemahkan menjadi kode yang bisa dipahami oleh mesin. Proses pengkodean ini melibatkan beberapa langkah penting, sebagai berikut :

1. Identifikasi dan Analisis Masalah

Di dalam memulai pengkodean, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi dan analisis masalah secara mendalam. Hal ini bertujuan untuk menentukan pendekatan terbaik di dalam menyelesaikan masalah tersebut menggunakan pemrograman.

2. Perencanaan dan Desain

Setelah masalah identifikasi, langkah berikutnya adalah merencanakan dan merancang solusi yang sesuai. Di dalam tahap ini, perlu dibuatkan blueprint atau mencetak biru yang menjadi panduan di dalam proses pembuatan perangkat lunak atau situs web. Selain itu, pemilihan bahasa pemrograman yang tepat ini menjadi faktor penting di dalam perencanaan ini.

3. Menuliskan Kode

Tahap satu ini melibatkan penulisan kode menggunakan bahasa pemrograman yang sudah dipilih sebelumnya. Pembuat kode ini harus diikuti dengan sintaksis dan aturan di dalam bahasa pemrograman tersebut. Di dalam penulisan kode ini juga melibatkan pengetikan instruksi yang akan dijalankan oleh komputer untuk menjalankan suatu tugas.

4. Pengujian dan Debugging

Setelah kode selesai dituliskan, langkah berikutnya adalah melakukan pengujian pada perangkat lunak atau situs web yang sudah dibuat. Pengujian ini bertujuan untuk memastikan, bahwa semuanya bisa berfungsi dengan baik. Apabila ditemukan kesalahan atau bug, maka pembuat kode harus melakukan debugging untuk melakukan perbaikan.

5. Pemeliharaan

Setelah perangkat lunak atau web berfungsi dengan baik, maka tahap berikutnya adalah menerapkan ke dalam lingkungan produksi yang akan digunakan oleh pengguna akhir. Selain itu, pemeliharaan ini juga menjadi langkah penting di dalam proses coding. Pemeliharaan juga melibatkan perbaikan bug, penambahan fitur baru dan perubahan lain sesuai dengan kebutuhan.

Melalui langkah-langkah tersebut, maka proses coding bisa membantu para pengembang aplikasi dan situs web di dalam menciptakan produk digital efisien. Bahkan, semuanya bisa berfungsi dengan baik.

Cara Belajar Coding

Dengan memperhatikan beberapa manfaat di atas, kamu sangat ingin belajar coding bukan? Lalu, bagaimana cara yang bisa kamu lakukan? Coding bisa kamu lakukan dengan belajar beberapa bahasa pemrograman. Ada banyak pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari, yaitu :

1. PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari untuk membangun sebuah website. Dengan menggunakan PHP, kamu bisa membangun website yang lebih dinamis Maka dari itu, tidak heran kalau PHP merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer.

2. Python

Berikutnya, kamu bisa memilih untuk belajar bahasa pemrograman Python. Bahasa pemrograman ini juga bisa kamu gunakan untuk membangun website atau aplikasi. Proses belajar Python ini juga relatif mudah, karena sintaks yang cukup mudah dipahami. Selain itu, untuk tingkat permintaan terhadap tenaga programmer Python juga tinggi.

3. Swift

Kalau kamu ingin menjadi developer aplikasi iOS dan mac OS, maka bisa pertimbangkan untuk belajar bahasa pemrograman Swift. Bahasa pemrograman ini juga relatif baru dan pertama kali diperkenalkan pada 2014 oleh Apple. Meski begitu, potensinya sangat menjanjikan seiring dengan tingkat popularitas pengguna Apple di pasaran.

Itulah penjelasan singkat mengenai coding. Sampai disini, kamu bisa tahu kalau coding merupakan bekal penting di dalam meraih karier cerah depan. Semoga bisa menambah informasi!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar