7 Manfaat Menggunakan Email dengan Nama Domain Sendiri

TRISULA

7 Manfaat Menggunakan Email dengan Nama Domain Sendiri

Manfaat menggunakan email dengan nama domain sendiri tentu sangat banyak. Email juga sudah tidak bisa lepas dengan kebutuhan sehari-hari. Di tengah era digital seperti sekarang, semua aktivitas keseharian sering sekali bersinggungan dengan email. Pengguna media sosial, komunikasi, pekerjaan dan lain-lain membutuhkan email.

Di dalam menjalankan bisnis, email mempunyai peran penting. Selain itu, email juga menjadi media komunikasi terbaik untuk menjembatani pemilik bisnis dengan konsumen. Supaya komunikasi terlihat lebih profesional, maka perusahaan akan menggunakan email dengan nama domain sendiri.

Keuntungan menggunakan email dengan nama domain sendiri sangat banyak. Yuk, langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini mengenai 10 keuntungannya.

Manfaat Menggunakan Email dengan Nama Domain Sendiri

Menggunakan email dengan nama domain sendiri tentu membutuhkan biaya. Akan tetapi, dari segi layanan tentu berbeda dengan yang ada di domain email gratis. Fasilitas yang disediakan jelas lebih lengkap dan tidak dapat ditemukan pada layanan email gratis. Sebagai berikut manfaat menggunakan email domain sendiri :

1. Meningkatkan Kredibilitas

Pada saat menggunakan layanan email bisnis atau email dengan nama sendiri ini dapat meningkatkan kredibilitas. Hal ini tentu juga bermanfaat bagi para pemilik bisnis. Pelanggan biasanya akan lebih percaya dengan pesan yang masuk dari email perusahaan daripada pribadi.

Menggunakan email pribadi atau dengan domain gratis, ada kemungkinan pelanggan untuk berpikir bahwa email tersebut adalah penipuan. Bahkan, email kamu bisa langsung masuk ekd alam folder spam. Dengan begitu, email yang kamu kirimkan tidak akan sampai kepada mereka.

Berbeda disaat kamu mengirimkan dengan nama domain email sendiri. Pesan yang kamu kirim akan dianggap lebih bisa dipercaya. Hal ini jelas dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan atau bisnis. Dengan menggunakan email dengan domain sendiri, maka bisa meminimalisir pesan masuk ke dalam folder spam.

2. Meningkatkan Reputasi

Manfaat yang satu ini masih berhubungan erat dengan branding yang didapatkan oleh perusahaan melalui email bisnis. Setelah perusahaan berhasil membangun branding, maka akan diikuti dengan reputasi yang meningkat. Kesan profesionalitas dengan adanya nama perusahaan di belakang email inilah yang menunjang reputasi.

Bayangkan kamu menjadi seorang recruiter perusahaan yang mengirimkan pesan ke calon kandidat. Akan tetapi, perusahaan kamu tidak mempunyai email dengan nama domain sendiri. Email yang kamu gunakan adalah email gratisan. Pada sisi lain, ada perusahaan kompetitor yang juga mengirimkan pesan sama kepada calon kandidat kamu.

Terlepas dari isi pesannya, email manakan yang lebih dipercaya oleh mereka? Dengan email gratisan, maka bisa jadi reputasi akan dipertanyakan oleh si kandidat sehingga mereka memilih perusahaan dari kompetitor. Maka dari itu, di saat kamu mengirimkan pesan dengan email bisnis bisa meningkatkan reputasi perusahaan juga.

3. Mempunyai Kapasitas Penyimpanan yang Lebih Besar

Saat kamu menggunakan layanan domain email berbayar, maka akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada domain email gratis. Layanan email gratis biasanya hanya menyediakan penyimpanan yang kecil. Misalnya, Gmail yang hanya menyediakan kapasitas penyimpanan maksimal 15 GB untuk menyimpan Google Drive dan Google Photos.

Apabila kamu menggunakan kapasitas tersebut untuk kepentingan pribadi, kemungkinan tidak akan terjadi masalah. Akan tetapi, di saat kamu menggunakan untuk kepentingan bisnis yang mengharuskan banyak email masuk dan keluar tentu kapasitas tersebut akan cepat penuh. Belum lagi, ditambah beberapa data bisnis yang harus disimpan di dalam Google Drive.

Nah, dengan menggunakan layanan email berbayar kamu tidak perlu merasa khawatir akan hal satu ini. Kapasitas yang disediakan juga biasanya lebih besar. Bahkan, ada yang sampai dengan 100GB. Jadi, kamu bisa menjalankan bisnis atau perusahaan tanpa merasa khawatir email akan penuh.

4. Ada Fasilitas Backup Email

Salah satu hal yang sering dikhawatirkan pada saat menggunakan email adalah terjadinya pesan hilang. Entah sengaja maupun tidak sengaja dihapus. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, maka dibutuhkan fitur backup.

Sebenarnya, kamu juga bisa menemukan fitur yang satu ini di dalam domain gratis. Namun, biasanya jumlahnya terbatas. Dengan menggunakan domain email sendiri atau berbayar, kamu tidak perlu merasa khawatir. Kamu bisa melakukan backup dan restore di semua akun email yang sudah terhubung dengan domain email perusahaan.

5. Bebas Dari Gangguan Iklan

Manfaat selanjutnya adalah bebas dari layanan iklan. Terkadang, iklan yang muncul di kotak masuk saat membuka email ini begitu mengganggu. Dengan menggunakan domain email sendiri, kamu bisa terbebas dari hal ini. Jadi, email akan terlihat lebih rapi dan bersih tanpa gangguan iklan sama sekali.

6. Mempunyai Tingkat Keamanan dan Privasi Lebih Baik

Salah satu hal yang paling penting di saat menggunakan email adalah keamanan dan privasi. Ketika kamu menggunakan layanan email gratis, maka kamu akan mendapatkan iklan di kotak masuk. Hal ini juga menandakan, bahwa penyedia layanan domain email gratis tersebut bisa melihat isi kotak masuk email walaupun keamanannya sudah dijamin.

Dengan kamu menggunakan domain email sendiri, maka tingkat keamanan yang bisa kamu dapatkan juga lebih baik. Tidak hanya itu, privasi juga lebih terjadi. Penyedia domain email juga tidak dapat melihat isi pesan yang dikirim atau diterima. Privasi ini tetap terjaga secara maksimal.

7. Mudah Digunakan

Pengguna layanan domain email berbayar ini juga sangat mudah digunakan. Kamu juga bisa mengoperasikan layaknya menggunakan domain email gratis. Layanan domain email berbayar ini juga bisa digunakan di device komputer atau mobile. Fitur-fiturnya juga simple dan membuat kamu lebih mudah menggunakan email.

Nah, demikian 7 manfaat menggunakan email dengan nama domain sendiri yang bisa kamu dapatkan. Hal ini tentu akan mempermudah kamu di dalam mengelola bisnis maupun perusahaan. Arus informasi bisnis juga bisa lebih fleksibel dan terarah. Setelah itu, kamu juga dapat mengelola bisnis lebih efektif.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar