7 Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Podcast

TRISULA

7 Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Podcast
Source Img: https://images.app.goo.gl/Z391ZmKv3cDNiiCW8

Saat ini dunia teknologi memberikan banyak kesempatan bagi setiap orang untuk tetap berkarya. Salah satu contohnya adalah keberadaan berbagai platform untuk mengakses beberapa konten kreatif, seperti Youtube dan Google Podcast.

Ramainya konten di dua platform tersebut membuat masyarakat rajin membuat vlog dan podcast. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, keberadaan aplikasi perekam suara ini sangat membantu supaya menghasilkan konten terbaik. Apalagi, bagi content creator yang masih mempunyai alat dan tim produksi terbatas.

Solusi yang paling efektif memang menggunakan aplikasi perekam di perangkat android. Selain mudah digunakan, aplikasi perekam suara bisa digunakan secara gratis.

Namun, tidak semua aplikasi perekam suara menghasilkan rekaman suara sesuai dengan keinginan. Bagaimanapun, vlog dan podcast membutuhkan kualitas suara yang jernih untuk menghasilkan karya terbaik.

Penasaran dengan aplikasi perekam suara untuk vlog dan podcast? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

7 Aplikasi Perekam Suara

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa ada banyak sekali aplikasi perekam suara bisa digunakan oleh seorang vlogger. Akan tetapi, harus diingat kembali bahwa semua aplikasi tersebut tidak semua gratis. Berikut 7 aplikasi perekam suara yang bisa dipilih :

1. Smart Recording

Smart recorder adalah aplikasi perekam suara yang mempunyai fitur silence skipper dan cocok digunakan secara tersembunyi. Aplikasi Smart Recorder ini dirancang khusus untuk keperluan rekaman dengan kualitas audio mutu tinggi dan mengandalkan fitur canggih.

Pada saat menggunakan aplikasi Smart Recording, Anda diberikan tampilan antarmuka yang simple. Sesuai dengan nama nya, aplikasi ini mempunyai fitur pintar, seperti menjeda rekaman di situasi hening.

Aplikasi untuk kebutuhan podcast dan dubbing ini juga sudah dilengkapi dengan opsi rekaman ringtone dan tool kalibrasi mikrofon. Sehingga, hasil rekaman suaranya terdengar lebih jernih dan stabil. Bagi Anda yang ingin merekam suara dari mixer ke android bisa langsung memilih Smart Recording.

2. Titanium Voice

Titanium Voice merupakan aplikasi perekam suara terbaik, karena tanpa batasan waktu. Selain itu, aplikasi Titanium Voice juga mempunyai fitur merekam stereo.

Bagi Anda yang ingin merekam suara dengan durasi panjang, maka bisa memilih Titanium Voice. Misalnya, merekam vlog perjalanan maupun podcast.

Melalui user interface yang ramah, maka Titanium Voice menawarkan satu fitur penting dan sangat menarik yaitu unlimited record. Selain itu, ada fitur gesture yang memungkinkan para pengguna mulai rekaman hanya dengan menggoyangkan smartphone.

3. RecForge II

RecForge II adalah aplikasi perekam suara dengan hasil jernih, seperti di dalam studio musik. Bagi Anda yang ingin melakukan cover lagu sangat cocok menggunakan aplikasi perekam suara dari RecForge II.

Aplikasi perekam suara satu ini cocok digunakan oleh para penggiat musik, karena mempunyai kontrol lebih di dalam proses perekaman. Selain itu, RecForge II mempunyai fitur rekaman yang cukup advanced dan memungkinkan pengguna di saat mengotak-atik lebih dalam.

Beberapa fitur menarik di aplikasi RecForge II adalah pitch, tempo dan edit sederhana. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan cover lagu, karena hasil suara rekamannya lebih jernih.

4. Easy Voice Recorder

Sesuai dengan namanya, Easy Voice Recorder adalah aplikasi perekam suara terbaik yang paling mudah digunakan khususnya para pemula. Cara penggunaanya adalah membuka aplikasi, menekan tombol rekam, simpan dan tutup kembali.

Aplikasi satu ini sudah sangat populer di kalangan Youtuber, khusunya yang sering membuat video dubbing dan review film. Meski terlihat sangat sederhana, Easy Voice Recorder memberikan banyak fitur kepada para pengguna.

Bahkan, untuk para pengguna juga bisa melakukan pengaturan di salah satu file format audio yang ingin dihasilkan. Selain tersedia versi gratis, aplikasi ini juga menyediakan versi pro dengan fitur sangat lengkap.

5. Parrot Voice Recorder

Parrot Voice Recorder adalah aplikasi perekam suara panggilan telepon yang mempunyai fitur secara terjadwal. Aplikasi tersebut cocok digunakan oleh perangkat seluler (HP) android dengan fitur merekam telepon.

Disini, Anda bisa merekam suara, memutar dan membagikan kepada orang lain dengan mudah. Material desainnya juga dibuat simple, sehingga lebih nyaman digunakan.

Fitur menarik di Parrot Voice Recorder adalah  merekam secara terjadwal dan layanan upload cloud. Masih sama dengan sebelumnya, aplikasi perekam suara ini tersedia versi gratis dengan fitur lebih lengkap.

6. Anchor

Anchor adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk membuat video vlog atau podcast. Aplikasi perekam suara ini mempunyai banyak keunggulan, seperti edit efek suara, peredam noise, transisi dan impor pesan suara. Bahkan, para pengguna juga dapat mengunggah hasilnya secara langsung di dalam aplikasi tersebut.

7. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Rekomendasi aplikasi perekam suara terakhir adalah Hi-Q MP3 Voice Recorder.  Ada banyak sekali fitur di dalam aplikasi perekam suara satu ini dan semuanya mudah digunakan oleh pemula, khususnya Youtuber.

Salah satu fitur yang bermanfaat dari Hi-Q MP3 Voice Recorder adalah format penyimpanan MP3. Untuk format tersebut masih kompatibel di semua jenis perangkat.

Bahkan, di saat Anda menggunakan aplikasi perekam suara ini bisa langsung upload hasil rekaman pada Dropbox. Sehingga, sangat mudah sekali digunakan oleh para editor video.

Hal menarik dari aplikasi satu ini adalah mempunyai sample rate sampai 44 kHz. Bagi Anda yang ingin mempunyai hasil rekaman suara tanpa ada noise bisa langsung memilih aplikasi  Hi-Q MP3 Voice Recorder.

Nah, itulah 7 rekomendasi aplikasi perekam suara yang bagus dan bisa digunakan secara gratis di android. Meski gratis dan mempunyai ukuran yang relatif kecil, aplikasi di atas memberikan hasil jernih. Pilih aplikasi perekam suara sesuai dengan kebutuhan. Semoga membantu.

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “7 Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Podcast”

  1. Ping-balik: Adobe Podcast AI : Definisi, Fitur, Cara Menggunakan dan Kelebihannya! – Kadjiro
  2. Ping-balik: 7 Cara Memaksimalkan Kualitas Suara Pada AirPods Pro – Kadjiro

Tinggalkan komentar