5 Keuntungan Menggunakan Google Ads

TRISULA

5 Keuntungan Menggunakan Google Ads

Bisnis kini berkembang semakin pesat. Bahkan, persaingan di dalam dunia digital pun tidak dapat dihindari. Siapa yang mampu muncul dan memberikan eksposur, maka bisnis akan lebih banyak dilirik pasar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan Google Ads untuk bisnis.

Google Ads merupakan salah satu produk unggulan dari Google. Selain itu, produk Google Ads ini menjadi sumber pendapatan utama bagi Google dan banyak konten kreator baik itu blogger maupun youtuber.

Sebelumnya Google Ads bernama Google AdWords. Produk ini pertama kali muncul pada tahun 2000. Di dalam perjalannya, sudah banyak perubahan layanan baik dari mode campaign iklan dan kemudahan di dalam penggunaannya.

Semakin berkembangnya, Google Ads kian mudah digunakan. Maka, banyak para pelaku bisnis yang bisa menggunakan secara mudah. Tidak hanya para pelaku bisnis besar, bahkan pelaku bisnis kecil juga bisa memanfaatkan Google Ads ini dengan mudah.

Apa saja keuntungan menggunakan Google Ads? Yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

5 Keuntungan Menggunakan Google Ads

Sampai dengan sekarang jumlah pengguna Google Ads semakin meningkat, karena memberikan banyak keuntungan. Berikut 5 keuntungan di saat menggunakan Google Ads :

1. Biaya Iklan yang Hemat

Google Ads untuk para pelaku bisnis sangat membantu di dalam penggunaan biaya iklan. Hal ini disebabkan, karena Google Ads memberikan kebebasan di dalam menentukan anggaran biaya iklan sesuai dengan kebutuhan.

Jika dulu iklan membutuhkan biaya cukup tinggi, sehingga para pelaku usaha besar saja yang mampu bayar. Akan tetapi, saat ini pelaku kecil atau UKM pun mempunyai kesempatan yang sama untuk membuat iklan di Google Ads.

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus bisa menyesuaikan biaya iklan di Google Ads sesuai dengan kebutuhan promosi dan anggaran yang dimiliki. Melalui Google Ads, Anda bisa mengatur anggaran maupun biaya rata-rata mingguan dan bulanan.

2. Target Audiens yang Lebih Spesifik

Salah satu hal yang paling penting di saat melakukan iklan adalah target audiens. Di dalam perihal tersebut, akan memberikan pengaruh di dalam efektivitas dari hasil iklan. Hadirnya Google Ads menjadi jawaban kebutuhan iklan yang spesifik di dalam menentukan target audiens.

Layanan iklan dari Google kali ini bisa menentukan target audiens secara jelas dan spesifik. Keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Google Ads dari segi target audiens, yaitu lokasi, rentang usia, jenis kelamin dan jenis perangkat yang digunakan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana Google Ads mampu menyuguhkan data audiens dilihat dari kecenderungan di dalam mengakses konten dengan topik tertentu. Sehingga, Anda bisa benar-benar mendapatkan target audiens yang paling sesuai dengan minat produk.

3. Hasil Iklan Sesuai dengan Keinginan

Sebagai pengguna Google Ads, maka Anda bisa menentukan konvensi atau hasil campaign seperti yang diinginkan. Ada berbagai jenis konversi dari Google Ads yang bisa didapatkan, yaitu pembelian, pendaftaran, newsletter dan lain-lain.

Google Ads juga menyediakan fitur untuk mengukur hasil konversi yang sudah dilakukan. Perihal tersebut akan mempermudah Anda di dalam membaca data. Jika di dalam iklan offline Anda sulit membantu atau menentukan ukuran keberhasilan dari sebuah iklan. Maka, di Google Ads bisa dimudahkan pada saat menentukan ukuran sesuai dengan keinginan.

4. Memberikan Laporan yang Akurat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa menjadi penting kemampuan di dalam mengukur hasil iklan. Ketika menjalankan iklan secara offline, maka akan sulit di dalam mengukur hasilnya dan berbeda di saat menggunakan Google Ads.

Ketika melakukan kegiatan marketing atau melakukan campaign iklan, maka laporan yang akurat menjadi hal penting. Tujuannya adalah untuk melakukan evaluasi promosi atau iklan di waktu berikutnya.

Laporan iklan juga menjadi penting untuk membantu Anda di dalam menentukan, mengukur dan menganalisis data. Selain itu, dari laporan Google Ads yang akurat ini Anda bisa mengukur seberapa efektif iklan tersebut. Lebih menariknya lagi adalah Anda bisa mengukur strategi terbaik yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan iklan berikutnya.

5. Dapat Meningkatkan Website Bisnis

Ketika menggunakan Google Ads tentu saja membutuhkan suatu website, baik itu berupa personal, bisnis, company profile maupun toko online. Hal ini dibutuhkan untuk mengarahkan target audiens ke produk yang ada di dalam website tersebut.

Nah, di dalam jangka panjang dari kepemilikan website bisnis. Tentunya, Anda harus membangun website yang optimal dan masuk di dalam jajaran halaman pertama pada mesin pencarian Google. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan optimasi SEO.

Dengan menggunakan Google Ads, maka proses optimalisasi SEO bisa dilakukan dengan menargetkan kata kunci tertentu. Untuk SEO website ini akan terbangun dari keyword yang sesuai dengan target website, ketika iklan di Google Ads.

Sampai disini sudah jelas, bahwa iklan di Google Ads ini sangat menguntungkan website bisnis. Alasannya, karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimalisasi SEO ini akan di index oleh Google ke website.

Maka, menjadi penting website bisnis online mempunyai performa yang optimal sebelum mulai melakukan iklan di Google Ads. Hal ini untuk mengantisipasi kelebihan pengunjung, karena iklan yang dilakukan akan menarik audiens menuju website agar mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut.

Demikian pembahasan mengenai keuntungan menggunakan Google Ads untuk para pelaku bisnis. Semoga bisa memberikan gambaran dan referensi bagi Anda.

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “5 Keuntungan Menggunakan Google Ads”

  1. Ping-balik: Google Ads: Definisi, Cara Kerja dan Keuntungannya untuk Bisnis! – Kadjiro

Tinggalkan komentar