Tips Memilih Laptop Murah untuk Mahasiswa

TRISULA

Tips Memilih Laptop Murah untuk Mahasiswa
Source Img: https://images.app.goo.gl/cNXo82EtCophmNg28

Memilih laptop yang tepat untuk kuliah merupakan langkah penting di dalam menunjang kebutuhan akademik sebagai mahasiswa. Dengan laptop yang pas dan sesuai kebutuhan Anda, kuliah akan semakin mudah dan mengerjakan tugas bukan lagi hal berat.

Maka dari itu, di dalam artikel kali ini akan memberikan tips berguna memilih laptop murah untuk mahasiswa. Bagi Anda yang penasaran, maka bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Tips Memilih Laptop Murah untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, mempunyai laptop yang fleksibel dan mendukung untuk mengerjakan tugas adalah suatu dambaan. Namun, Anda harus memperhatikan setidaknya 5 poin sebagai berikut :

1. Performa yang Tinggi

Salah satu faktor penting didalam memilih laptop kuliah adalah memastikan, bahwa perangkat tersebut memiliki performa cukup di dalam menjalankan beberapa tugas akademik. Ada beberapa poin spesifikasi di dalam membeli laptop murah untuk mahasiswa, yaitu :

  • Prosesor : Sebaiknya Anda menyesuaikan kebutuhan laptop dan prosesor dengan aktivitas sehari-hari. Prosesor seperti Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 optimal di dalam menjalankan aplikasi olah data, multimedia dan lain-lain. Apabila kegiatan Anda hanya biasa-biasa saja atau web browsing, maka menggunakan processor Core i3 sudah cukup.
  • Memori : RAM 8 GB akan memberikan performa yang memadai untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Selain itu, memori pada laptop ini juga mempunyai pengaruh di saat Anda membuka tab browser.
  • Penyimpanan : Laptop dengan Solid State Drive (SSD) lebih disarankan daripada Hard Disk Driver (HDD). Alasannya, SSD mempunyai kecepatan baca atau tulis untuk mengakses data lebih cepat. Bahkan, SSD juga bisa membuat sistem lebih responsif.
  • Kartu Grafis : Jika Anda mempunyai aktivitas seputar multimedia, berkreasi atau desain bisa membutuhkan laptop dengan spesifikasi tertentu. Misalnya, NVIDIA GeForce MX 550 – RTX Series.

2. Portabilitas yang Mumpuni

Mengingat akan membawa laptop Anda ke kampus, maka sangat penting memilih perangkat yang mudah dibawa kemana-mana. Bahkan, Anda harus memastikan laptop yang dipilih mempunyai bobot ringan.

Laptop dengan ukuran layar 13 – 14 inci sering sekali menjadi pilihan yang baik untuk menjalankan aktivitas perkuliahan. Alasannya, karena ukurannya yang cukup kompak tapi masih memberikan ruang tampilan nyaman.

3. Kualitas Baterai Tahan Lama

Apabila Anda sering di tempat yang sulit dijangkau colokan listrik, maka disarankan memilih laptop dengan daya tahan baterai lebih lama. Pilih laptop dengan daya tahan baterai yang setidaknya mencapai 6-8 jam untuk mendukung kebutuhan sepanjang hari.

4. Koneksi dan Port

Pastikan laptop yang Anda pilih sudah dilengkapi dengan port dan konektivitas cukup untuk memenuhi kebutuhan. Paling tidak pastikan laptop mempunyai port USB, HDMI atau Thunderbolt yang sangat berguna karena mempunyai banyak fungsi.

Rekomendasi Laptop Murah untuk Mahasiswa

Saat ini banyak sekali brand laptop dengan harga murah. Berikut beberapa rekomendasi laptop murah untuk mahasiswa yang dapat dijadikan sebagai referensi :

1. Acer Aspire 5 Spin 14

Laptop Acer Aspire 5 Spin 14 sudah didukung dengan prosesor Intel Core 13 tahun Gen Series yang tangguh dan bisa menjalankan tugas akademik sehari-hari selama kuliah. Dengan kapasitas penyimpanan RAM 16 GB, Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar. Penyimpanan SSD 512GB NVMe Gen 4 memberikan kecepatan akses data sangat cepat.

Lebih menariknya, Acer Aspire 5 Spin 14 sudah mempunyai fitur layar sentuh dengan ukuran 14 inci. Sehingga, para pengguna bisa berinteraksi dengan laptop secara intuitif dan menyenangkan.

Grafis Intel Iris Xe juga memberikan performa grafis yang cukup baik untuk mengerjakan segala tugas kuliah. Laptop satu ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa port yang memadai untuk konektivitas.

Ditambah lagi, Acer Aspire 5 Spin 14 adalah laptop convertible yang mudah diubah ke dalam 4 mode (laptop, tablet, tent dan stand). Sehingga, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan agar nyaman di saat mengerjakan tugas kuliah.

2. Acer Aspire 3 Slim

Acer Aspire 3 Slim adalah laptop yang sudah dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 700 series untuk mendukung beberapa tugas kuliah dan baterai sangat awet. Ruang penyimpanan dari Acer Aspire Slim 3 adalah RAM 8 GB dan 512 GB SSD NVMe. Sehingga, Anda bisa menjalankan aplikasi sehari-hari dengan lancar dan menyimpan file lebih leluasa.

Ukuran layar 14 inci memberikan ruang tampilan yang sangat nyaman untuk melakukan kegiatan akademik. Bahkan, layar dari laptop satu ini sudah didukung dengan kartu grafis AMD Radeon yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa tugas grafis dasar.

3. Acer Aspire 3 Spin 14

Rekomendasi laptop murah untuk mahasiswa kali ini sangat baik, karena sudah didukung dengan prosesor Intel Core i3. Sedangkan, untuk ruang penyimpanan dari Acer Aspire 3 Spin 14 adalah RAM 8 GB dan 512 GB SSD NVMe yang memberikan ruang luas di dalam menyimpan file.

Dengan desain engsel sampai 360 derajat yang serbaguna, peralihan antara mode laptop maupun tablet bisa lebih mudah. Setipis 18,9 mm dan berat 1,7 kg, tidak hanya bisa diatur 2 mode saja.

Pada laptop satu ini juga bisa diubah ke dalam 4 mode, yaitu stand dan tent. Laptop convertible 4 in 1 dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Anda dan memberikan pengalaman berbeda dibandingkan tipe konvensional.

Pilihlah laptop sesuai dengan kebutuhan Anda dan pertimbangkan anggaran yang dimiliki. Semoga penjelasan mengenai tips memilih dan rekomendasi diatas bisa membantu Anda di dalam memilih laptop.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar