Tips Belajar Facebook Ads untuk Pemula!

TRISULA

Tips Belajar Facebook Ads untuk Pemula!
Source Img: https://images.app.goo.gl/TrSmVmFM4ZoXmL2WA

Belajar Facebook Ads sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya, Facebook kini sudah dilengkapi dengan berbagai tools  dan layanan pendukung dengan cara penggunaan yang mudah. Sedangkan untuk susahnya adalah Anda tidak hanya belajar cara menggunakannya saja, tapi juga harus menganalisa lewat riset terlebih dahulu. Selama Anda masih ada keinginan untuk belajar lama-lama pasti bisa.

Terdapat satu hal yang pasti, yaitu Facebook Ads menjadi salah satu media beriklan paling efektif di Indonesia. Hal ini bisa terjadi, karena banyaknya pengguna Facebook dan mempunyai jangkauan lebih luas.

Jadi, jangan ragu untuk belajar Facebook Ads. Soalnya, sudah banyak dari para pelaku bisnis yang menggunakan Facebook Ads dan berhasil membuat brand miliknya semakin terkenal. Bahkan, penjualan juga mengalami peningkatan yang amat signifikan.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar yang dimiliki oleh platform Facebook. Platform yang satu ini memang menjadi salah satu media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Sebagian kalangan masyarakat percaya, bahwa menggunakan Facebook Ads ini bisa menampilkan iklan terhadap audiens berdasarkan dengan demografinya. Demografi disini mencakup beberapa hal penting terkait dengan pasar yang akan dijangkau.

Misalnya, pendidikan, umur, pekerjaan dan jenis kelamin. Bisa disimpulkan, bahwa menggunakan iklan di Facebook ini bisa menentukan target konsumen lebih mudah dan tepat sasaran.

Kenapa Perlu Menggunakan Facebook Ads?

Ketika masih ragu belajar iklan di Facebook, sebaiknya ketahui terlebih dahulu alasan kenapa menggunakan cara tersebut. Salah satu alasannya, yaitu bisa membuat produk maupun bisnis Anda semakin banyak dikenal dari berbagai wilayah.

Apabila Anda bisa menerapkan cara iklan yang tepat, maka bisa sekalian menjadi pelanggan. Itu sebabnya, memasang iklan berbayar tidak ada salahnya dilakukan. Semakin kuat branding yang dibendung, maka semakin besar brand awareness didapatkan.

Facebook Ads juga memberikan penawaran iklan supaya lebih tertarget. Artinya, Anda bisa melakukan pengaturan sendiri terkait konsumen yang hendak dijangkau berdasarkan data. Lebih menariknya lagi adalah memasang iklan Facebook Ads ini cukup terjangkau karena bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki.

Jenis Campaign Penting Disaat Belajar Facebook Ads

Ada beberapa jenis campaign yang harus Anda ketahui di saat belajar Facebook Ads. Berikut beberapa campaign-nya:

1. Lead Generation Ads

Jenis campaign satu ini bertujuan untuk menyederhanakan atau mempermudah audiens di dalam proses pendaftaran iklan. Untuk mengetahui lebih lanjut perihal iklan yang terpasang, maka audiens hanya perlu memilih menu “learn more”.

2. Instan Experience

Fokus terhadap campaign instant experience untuk mendapatkan audiens baru. Artinya, Anda hanya perlu menginformasikan inti dari suatu produk maupun layanan. Selanjutnya, Facebook akan menayangkan konten tersebut dengan menyediakan menu “download”.

3. Post Engagement

Post Engagement bekerja di dalam menemukan aktivitas para audiens dari beberapa jenis konten dan luas jangkauan. Di dalam jenis campaign satu ini Anda diberi kesempatan untuk menemukan beragam aktivitas audiens dibandingkan mengikuti fanspage yang sudah dimiliki sebelumnya.

4. Offers

Facebook menyediakan campaign iklan berbasis pengguna. Di dalam campaign yang satu ini hanya fokus terhadap pengguna agar pergi ke halaman untuk melakukan pendaftaran maupun mengambil tindakan dari penawaran promosi tersebut. Akan tetapi, ada biaya tambahan jika ada pengguna yang mengambil penawaran seperti diskon maupun penawaran khusus.

5. Video

Pada jenis campaign video bertujuan untuk memberikan edukasi kepada audiens agar mengetahui kelebihan dari penawaran produk maupun jasa. Ukuran video biasanya dengan resolusi tinggi dan rasio perbandingan 9:16 dan 16:9.

Minimum video yang Anda upload adalah per satu detik dengan durasi maksimal 240 menit. Bahkan, Anda juga dapat mengunggah video yang berputar sampai 360 derajat.

Tips Belajar Facebook Ads untuk Pemula!

Belajar Facebook Ads ini tidak hanya mempelajari beberapa tools saja. Akan tetapi, ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya dapat maksimal di saat menggunakan Facebook Ads. Berikut 4 tips yang harus dilakukan :

1. Melakukan Identifikasi Tujuan Iklan

Tips pertama yang harus dilakukan oleh pemula adalah identifikasi tujuan iklan. Hal tersebut sangat berguna agar Anda bisa lebih paham mengenai target iklan. Di saat Anda ingin menjalankan iklan, maka akan lebih baik pahami terlebih dahulu tujuan dari iklan yang sudah dibuat.

Apakah untuk meningkatkan penjualan atau memperbanyak interaksi dengan audiens. Pada saat Anda membuat iklan lebih spesifik, maka akan semakin bagus pula hasilnya.

2. Membuat Iklan Sesuai dengan Keinginan

Dibutuhkan konsep yang unik dan berbeda pada saat menjalankan iklan produk maupun layanan. Pahami juga kebutuhan iklan yang akan dibuat agar tujuan bisa tercapai.

Facebook Ads memberikan kemungkinan di dalam menyatukan beberapa hal. Misalnya, konten gambar dan video, copywriting atau hanya berfokus pada landing page saja.

3. Menentukan Audiens

Tips berikutnya yaitu menentukan audiens. Ini menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh Anda, ketika ingin melakukan iklan pada media sosial khususnya Facebook.

Seperti melakukan riset terhadap kelompok audiens yang mempunyai potensi cocok dan relevan dengan produk maupun layanan. Facebook Ads saat ini mempunyai fitur yang dapat mencari target audiens secara spesifik. Carilah target audiens yang mempunyai ketertarikan terhadap produk maupun layanan sedang dipromosikan.

4. Test dan Analisis

Terakhir, yaitu melakukan tes dan analisis untuk mengetahui hasil dari iklan yang sudah Anda buat. Hal ini sangat penting, karena digunakan untuk memperbaiki kekurangan apa saja yang muncul. Sehingga, kedepannya Anda iklan di Facebook bisa berjalan dengan baik dan benar.

Itulah dia beberapa tips belajar Facebook Ads untuk pemula yang harus diketahui. Bagaimana? Seru bukan?

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar