7 Aplikasi Live Untuk Jualan Terbaik, Lengkap dengan Tips Menggunakannya

TRISULA

7 Aplikasi Live Untuk Jualan Terbaik, Lengkap dengan Tips Menggunakannya
Photo by Libby Penner on Unsplash

Saat ini, kegiatan jual beli tidak hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional saja. Berkat perkembangan teknologi, kegiatan mempromosikan produk baik barang maupun jasa pun bisa dilakukan secara online, salah satunya menggunakan fitur live streaming.

Dengan live streaming, penjual bisa dengan mudah mempromosikan produk yang dijualnya secara real-time. Selain itu, penjual juga dapat berinteraksi secara langsung dengan calon pembelinya. Bahkan, beberapa live streaming juga telah dilengkapi dengan fitur tombol beli, sehingga calon pembeli menjadi lebih mudah untuk melakukan pembelian secara praktis.

Lantas, apa saja aplikasi live streaming terbaik yang dapat digunakan untuk jualan? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut.

Aplikasi Live Streaming Untuk Jualan Terbaik, Lengkap dan Tips Menggunakannya

1. TikTok

Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? Saat ini, TikTok menjelma menjadi aplikasi yang paling populer digunakan untuk membuat konten video. Menariknya, TikTok juga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna dengan fitur live streaming.

Fitur live streaming ini tidak hanya dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lain saja, tetapi juga sering dimanfaatkan untuk memamerkan produk jualannya. Bahkan, melalui live streaming ini, host live bisa memperoleh penghasilan tambahan dari gift yang diberikan oleh penontonnya.

2. YouTube Live

Selain terkenal sebagai platform penyedia berbagai konten video menarik, YouTube ternyata juga memiliki fitur live streaming. Dengan fitur ini, penggunanya dapat melakukan siaran langsung secara real-time kepada pengguna lain di seluruh dunia.

Fitur live streaming ini dimanfaatkan oleh para konten kreator untuk membagikan kegiatannya, baik itu mengajar, mendemonstrasikan sesuatu, berdiskusi, hingga bermain game secara langsung kepada penontonnya.

Menariknya, melalui fitur live streaming ini, penggunanya dapat melakukan monetisasi sehingga mendapatkan keuntungan dengan melakukan siaran langsung. YouTube Live juga memiliki cangkupan yang cukup luas sehingga cocok jika ingin menjangkau penonton dari seluruh belahan dunia.

3. Facebook

Facebook merupakan aplikasi sosial media besutan Mark Zuckerberg yang sudah dikembangkan sejak tahun 2004 lalu. Sebelumnya, Facebook lebih dikenal sebagai sosial media yang digunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya.

Namun seiring waktu, Facebook mengalami perkembangan hingga menjadi salah satu platform menarik untuk mempromosikan produk barang maupun jasa ke para audiens. Salah satu perkembangannya adalah dengan adanya fitur Facebook Live yang memungkinkan pengguna mempromosikan produknya secara real-time.

Dengan fitur ini, penjual dapat berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggannya dengan memberikan komen maupun reaksi. Bahkan, hasil dari video siaran langsung yang telah dilakukan dapat disimpan di timeline, sehingga pengguna lain tidak perlu merasa ketinggalan untuk menontonnya.

4. Shopee

Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain sebagai platform jual beli, Shopee juga memiliki fitur live streaming yang berfungsi untuk memungkinkan penjual mempromosikan produk dagangannya kepada pembeli.

Dengan fitur live streaming, penjual dapat melakukan ipromosi dagangannya secara lebih informatif dan interaktif. Pasalnya, calon pembeli akan lebih mudah untuk bertanya seputar produk yang dijual, memberikan ulasan, hingga melakukan transaksi pembelian.

Bahkan, tak jarang banyak pembeli yang merasa diuntungkan berkat adanya live streaming ini karena bisa mendapatkan banyak promo yang menarik.

5. Instagram Live

Fitur Instagram Live pastinya sudah tidak asing lagi, bukan? Sebagai platform sosial media yang banyak digunakan di dunia, Instagram memiliki fitur live streaming yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi secara langsung secara real-time.

Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa saling berinteraksi dengan cara memberikan komentar, mengirimkan “love”, hingga pertanyaan melalui kolom yang tersedia selama siaran berlangsung.

Tak hanya sebagai media untuk berinteraksi saja, kini Instagram Live juga sudah banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan produk barang maupun jasa kepada calon pembeli. Meski transaksinya tidak dapat dilakukan secara langsung seperti TikTok maupun Shopee, tapi Instagram sudah mendukung pembayaran online melalui pihak ketiga.

6. Snack

Tidak kalah dengan platform lainnya, Snack Video juga memiliki fitur live streaming yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi kegiatannya secara real-time. Dengan fitur ini, sesama pengguna pun bisa melakukan interaksi dan berkomunikasi secara langsung.

Dengan fitur live streaming ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk yang sedang dijual. Kamu juga bisa berinteraksi dengan calon pembeli secara langsung dan membuat mereka merasa terhubung dengan produk yang kamu tawarkan.

7. Bigo Live

Bigo Live merupakan fitur live streaming yang dimiliki oleh Bigo. Hampir sama seperti fitur live streaming lainnya, Bigo Live juga memungkinkan penggunanya untuk membagikan kegiatannya secara langsung dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Uniknya, Bigo Live juga menyediakan hadiah virtual yang dapat diberikan oleh penonton live. Hadiah virtual ini dapat ditukarkan dengan uang sehingga penggunanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan ini.

Selain bisa dimanfaatkan untuk kepentingan hiburan, fitur live streaming di Bigo juga dapat digunakan untuk mengembangkan peluang bisnis. Caranya adalah dengan cara mempromosikan brand maupun produk yang kamu jual kepada audiens.

Tips Menggunakan Aplikasi Live Streaming untuk Jualan

Jika kamu tertarik untuk menggunakan salah satu dari aplikasi di atas untuk melakukan jualan secara live, maka kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut sebelum melakukannya.

  • Lakukan persiapan dan tentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan siaran langsung.
  • Atur kondisi tempat live berlangsung, usahakan menggunakan warna primer sebagai latar belakangnya.
  • Atur pencahayaan agar tidak terlihat terlalu gelap atau terlalu terang.
  • Buat perencanaan konten yang jelas dengan memperhatikan pengantar, isi pesan dan kesimpulan agar kegiatan live streaming lebih terarah.
  • Tekankan tujuan bisnis di bagian depan dan tengah selama live berlangsung.
  • Promosikan jadwal siaran langsung untuk membangun hype dan menjaring audiens lebih banyak.
  • Lakukan live streaming secara rutin dan berkala untuk mempertahankan audiens.

Nah, itulah beberapa aplikasi live untuk jualan serta tips yang bisa kamu lakukan. Hal yang terpenting dalam melakukan live streaming ini adalah melakukan interaksi sebanyak-banyaknya dengan calon pembeli agar mereka merasa tertarik dan memutuskan untuk membeli produkmu. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar