6 Tips Memilih Laptop, Ini Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan!

TRISULA

6 Tips Memilih Laptop, Ini Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan!

Kadjiro – Laptop adalah salah satu barang elektronik dengan investasi jangka panjang. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan bahwa laptop yang dipilih nyaman digunakan dan sesuai dengan kebutuhan.

Membeli laptop merupakan keputusan yang kompleks dan membutuhkan banyak pertimbangan. Akan tetapi, melalui panduan dibawah ini kamu akan mendapatkan wawasan tentang cara memilih laptop yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tips Memilih Laptop yang Benar

Pada saat membeli laptop, tentu kamu akan merasa bingung karena ada banyak pilihan merk dan tipe. Akan tetapi, kamu bisa menggunakan beberapa tips membeli laptop berikut supaya tidak salah membeli :

1. Membeli Laptop Dengan Menyesuaikan Kebutuhan

Membeli laptop tidak semudah membeli barang yang lainnya. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya, yaitu menyesuaiakan dengan kebutuhan. Ketahui terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi oleh laptop tersebut.

Misalnya, jika keseharian kamu lebih banyak berkutat dengan pengetikan dokumen dan browsing internet. Maka dari itu, laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi sudah bisa membantu.

Namun, jika kebutuhan kamu adalah menjalankan aplikasi yang berat seperti editing video atau game. Maka, kamu bisa membeli laptop dengan fasilitas yang lebih mumpuni. Dengan membeli laptop sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa menghindari pemborosan dan memastikan bahwa laptop tersebut bisa benar-benar digunakan secara optimal.

2. Memperhatikan Budget

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop, kamu bisa memperhatikan terlebih dahulu budget yang dimiliki. Setiap laptop mempunyai spesifikasi tidak sama dan harganya sangat bervariasi.

Dengan menentukan estimasi biaya yang dimiliki terlebih dahulu, kamu bisa mempersempit pilihan dan menyesuaikan dengan harganya. Namun, kamu juga jangan terlalu tergiur dengan harga yang terjangkau.

Ada beberapa laptop dengan harga murah ini tidak mempunyai kualitas yang baik dan bisa mengalami kerusakan lebih cepat. Maka dari itu, perlu dilakukan riset dan membandingkan pada beberapa jenis laptop dengan spesifikasi yang sama agar bisa mendapatkan harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas.

3. Memperhatikan Sistem Operasi di Laptop

Memilih sistem operasi yang tepat untuk laptop ini juga sangat penting di dalam mendukung penggunaanya sehari-hari. Sekarang, ada beberapa sistem operasi yang populer seperti Windows, MacOS dan Linux. Masing-masing sistem operasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Windows merupakan sistem operasi yang paling umum digunakan dunia. Selain itu, Windows sangat mudah digunakan dan banyak aplikasi yang bisa di instal di sistem operasi tersebut.

Sedangkan, Mac OS hanya bisa digunakan di produk Apple saja. Akan tetapi, di saat kamu menggunakan sistem operasi Mac OS diberikan keamanan yang lebih baik dan desainnya sangat elegan.

Linux adalah sistem operasi yang banyak digunakan oleh para pengguna terampil, karena lebih fleksibel dan bisa disesuaikan. Hanya saja, sistem Linux mungkin tidak kompatibel dengan beberapa program yang tersedia untuk MacOS dan Windows.

Mungkin sampai sekarang masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengenal Chromebook atau sebuah laptop yang menggunakan sistem operasi dari Google dengan nama Chrome OS. Chromebook mempunyai desain yang sangat minimalis dan dirancang secara khusus untuk para pekerja ringan.

Namun, satu hal lebih menariknya lagi adalah Chromebook juga kompatibel dengan beberapa aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store. Sehingga, kamu bisa memasang aplikasi favorit seperti di perangkat Android. Hal ini membuat Chromebook menjadi pilihan menarik untuk kamu yang sedang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas ringan.

4. Memperhatikan Spesifikasi Laptop yang Akan Dibeli

Ada beberapa spesifikasi yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop, seperti RAM, CPU, layar dan penyimpanan internal. Pastikan RAM dan CPU di laptop yang kamu beli sudah besar, karena untuk menghindari kinerja lambat dan menyusahkan di saat browsing.

Laptop dengan RAM 8 GB adalah pilihan yang paling tepat untuk melakukan beberapa pekerjaan secara multitasking. Pilih laptop dengan hardisk SSD untuk penyimpanan internal, karena lebih cepat dibandingkan HDD.

Untuk layar, pertimbangan full HD dengan layar jernih dan nyaman sehingga bisa mendukung kegiatan belajar anak. Idealnya, laptop mempunyai layar dengan ukuran 14 inci, CPU minimal dual core dan sudah dilengkapi dengan wifi dan kamera.

Selain itu, untuk keberadaan port HDMI, Bluetooth, port lan dan card reader ini juga harus dipertimbangkan. Dengan spesifikasi tersebut, maka laptop untuk kegiatan kuliah sudah cukup memenuhi kebutuhan mahasiswa, dosen, guru dan pelajar.

Saat ini, sudah banyak laptop dengan spesifikasi yang sama dan harganya lebih terjangkau. Jika performanya masih kurang optimal, kamu bisa melakukan upgrade di beberapa komponen untuk meningkatkan performanya.

5. Memperhatikan Kapasitas Penyimpanan Laptop

Saat ini banyak laptop terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi penyimpanan SSD yang memungkinkan akses datanya lebih cepat. Namun harganya juga lebih mahal, sehingga memberikan pengaruh terhadap harga laptop secara keseluruhan.

Pilihan terbaik, yaitu memilih laptop yang sudah menggunakan SSD untuk sistem operasi dan HDD untuk menyimpan data. Dengan hal ini bisa meningkatkan kinerja dan memastikan pemrosesan data lebih cepat, sehingga sangat cocok untuk mahasiswa yang membutuhkan dengan kinerja lebih baik.

6. Mempunyai Webcam

Kehadiran webcam di laptop kini semakin penting, apalagi dengan semakin banyaknya kegiatan online seperti kuliah dan rapat virtual. Selain itu, kamu juga harus memeriksa kualitas webcam yang terpasang di laptop.

Pastikan webcam yang tersedia di laptop mempunyai resolusi cukup baik, sehingga tidak mengganggu kualitas gambar saat melakukan video call atau kelas online. Hal ini sangat membantu kamu di dalam meningkatkan pengalaman komunikasi dan belajar secara virtual.

Itulah dia 6 tips yang harus kamu harus gunakan di saat akan membeli Laptop. Semoga informasi diatas bisa membantu kamu yang ingin membeli dengan kualitas terbaik.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar