Cara Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat, Salah Satunya Makan Pedas

TRISULA

Kadjiro.com – Cuaca yang sering berubah kadang berpengaruh ke daya tahan tubuh kita. Atau pola hidup yang kurang sehat seperti sering begadang dan kurang olahraga juga jadi sebab orang mudah sakit. 

Salah satu efek dari menurunya daya tahan tubuh yaitu mudah terserang pilek. Dan jika dibiarkan begitu saja pilek dapat merembet jadi batuk atau hidung tersumbat. Tertentu hal ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. 

Tetapi perlu diketahui mengobati pilek tidak harus meminum obat dari apotik. Kamu bisa menyembuhkan pilek dengan melakukan salah satu tips mengatasi pilek tanpa obat dibawah ini 

Cara mengobati pilek tanpa meminum obat 

Cara mengobati pilek tanpa obat

1. Mengonsumsi makanan pedas 

Biasanya orang yang sedang pilek secara otomatis menginginkan memakan makanan yang pedas-pedas. Tenyata naluri itu benar, bahwa makanan pedas memang berpengaruh mengurangi sakit pilek. 

Coba saja beli mie ayam atau bakso dengan sambal yang banyak. Maka otomatis tubuh jadi berkeringat dan efeknya Pilek jadi berkurang meski tidak terlalu signifikan. 

Tetapi apabila ada riwayat penyakit lambung lebih baik jangan terlalu banyak memakan makanan pedas juga. 

2. Meminum Teh Panas dengan tolak angin 

Sudah jadi kebiasaan orang indonesia apabila merasa kurang enak badan atau meriang hal pertama yang dilakukan tentu saja meminum teh panas. Begitupun ketika sedang pilek. Walaupun tidak ada sangkut pautnya secara medis, efek dari teh panas yang dicampur dengan tolak angin, sedikit bisa meringankan gejala pilek. 

3. Berjemur dipagi hari 

Penyakit pilek disebabkan oleh bakteri atau virus didalam tubuh. Dan bakteri itu sifatnya tidak menyukai kondisi panas. Termasuk dari paparan sinar matahari pagi. Dengan berjemur selama beberapa menit kamu akan merasakan kondisi yang lebih baik. Dan akan mempercepat pemulihan atau supaya kondisi tidak bertambah parah. 

4. Berolahraga 

Ketika sedang pilek itu artinya kondisi imun tubuh sedang turun karena terjangkit virus. Dengan berolahraga Tujuanya untuk menaikan imunitas tubuh kita. Sehingga akan cepat dalam memulihkan kondisi. 

Lakukan peregangan beberapa menit sampai tubuh berkeringat. Ketika kamu berolahraga hingga berkeringat, otomatis tubuh menghasilkan hormon dopamin. Yaitu hormon yang mengatur mood / kebahagiaan.

Dan efek setelah berolahraga tentu saja tubuh akan jadi lebih fresh dan otomatis imunitas meningkat. Sehingga dapat mempercepat pemulihan tubuh dari serangan virus pilek itu. 

5. Istirahat 

Apabila sedang pilek atau apabila tubuh sedang kurang fit, coba untuk istirahat lebih awal dimalam hari dan jangan begadang. Untuk bisa tidur cepat Jauhkan semua gadget dari tempat tidur. Agar tidak terdistrak oleh notifikasi handphone. 

Pada dasarnya apabila tubuh sedang kurang fit maka perlu untuk istirahat sebagai pemulihan. Tak jarang setelah istirahat cukup dan bangun dipagi hari tubuh lebih fresh dan pilek pun hilang. 

6. Jangan Terlalu di pikirkan 

Terkadang penyakit seperti pilek itu bisa sembuh dengan sendirinya tanpa meminum obat sekalipun. Namun mungkin akan sedikit tidak nyaman pada awalnya, kamu bisa melakukan beberapa tips diatas untuk mengurangi gejalanya. 

Apabila terlalu berlebihan difikirkan juga bisa memperburuk keadaan. Pikiran negatif juga turut serta menurunkan imunitas tubuh. Jadi tetap lakukan aktifitas sehari-hari seperti biasa dan gunakan masker agar tidak menular kepada orang lain. 

Umumnya akan sembuh dalam waktu satu sampai tiga hari. Jadi jangan terlalu berpikir berlebihan. Tetapi apabila pilek tidak kunjung sembuh selama seminggu lebih, kamu bisa langsung konsultasi kepada dokter agar diberikan resep obat yang cocok sesuai diagnosis dokter. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar