Cara memperbaiki setrika terlalu panas mudah

TRISULA

 

Cara memperbaiki setrika terlalu panas

Halo sobat semua …

Setrika merupakan alat elektronik yang banyak digunakan oleh orang – orang, karena fungsinya untuk merapikan pakaian jadi akan sangat dibutuhkan untuk mereka yang ingin tampil rapi saat sekolah, kuliah atau bekerja. 

Namun dalam penggunaan sehari hari setrika bisa saja mengalami hal yang tidak diinginkan seperti suhu setrika yang terlalu panas, sehingga menyebabkan sulit ketika menggosokan pada pakaian karena khawatir malah akan merusak pakaian menjadi gosong dan lengket. 

Baca juga : 7 Rekomendasi Merek Setrika Terbaik 

Lalu bagaimana bila setrika yang kita pakai mengalami panas yang terlalu berlebihan. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya:

Cara memperbaiki setrika terlalu panas 

Secara umum kerusakan pada setrika bisa karena beberapa hal. Kamu bisa mengetahuinya dengan melakukan cek pada semua bagian pada setrika. Biasanya kerusakan terjadi pada bagian-bagian dibawah ini : 

  1. Kabel 
  2. Bimetal / termostat
  3. Steker 
  4. Logam alas pemanas 
  5. Platina 
  6. Fuse 
  7. Resistor
  8. Elemen pemanas 
  9. Pengatur panas 

Itulah jenis komponen yang terdapat dalam setrika kamu bisa mulai melakukan cek pada semua bagian tersebut untuk mendapatkan akar kerusakan setrika.

Penyebab Setrika Terlalu Panas 

Adapun untuk bisa memperbaiki setrika terlalu panas sebelumnya harus mengetahui penyebab dan akar masalah dari setrika, biasanya karena hal berikut ini :

  1. Sistem pengatur suhu pada setrika yang telah rusak
  2. Platina didalam setrika yang lengket 
  3. Bimetal pada setrika patah/rusak

Mengatasi Setrika Terlalu panas 

Cara memperbaiki setrika terlalu panas
Thermostat

Setrika terlalu panas disebabkan oleh bagian pengatur suhu atau panas yang mengalami kerusakan. Sehingga panas menjadi berlebihan. 

Selain itu setrika terlalu panas juga bisa karena thermostat yang patah atau rusak. Juga bisa karena platina yang jadi lengket.

Apabila ditemukan masalah pada komponen tersebut kamu bisa menggantinya dengan komponen baru yang bisa dibeli pada toko elektrik. 

Setrika Mati atau Tidak Panas 

Masalah yang sering juga terjadi pada setrika yaitu setrika mati atau panas yang berkurang. Hal seperti itu kemungkinan bisa terjadi karena Masalah pada bagian sebagai berikut : 

1. Cek pada stop kontak

Untuk hal pertama yang perlu diperiksa ketika mengalami setrika tidak panas adalah memeriksa stop kontak. Apakah masih normal atau mengalami putus kabel atau steker. 

Kamu bisa membongkar pada steker dan stop kontaknya. Perbaiki dengan cara menyambung kembali apabila ditemukan sambungan antara kabel dengan stop kontak terlepas.

2. Kabel setrika mengalami putus 

Cara memperbaiki setrika terlalu panas

Masalah ini sering terjadi pada setrika mati. Jadi jangan buru-buru mengganti dengan setrika baru. Periksa dulu apakah ada jalur putus pada kabel setrikanya. Cek menggunakan Avo meter antara ujung kabel dengan ujung steker. Bila Avo tidak menunjukan pergerakan itu artinya kabel putus.

Kamu bisa menggantinya dengan kabel setrika baru yang banyak dijual ditoko alat listrik dengan harga 15 ribuan. 

3. Elemen pemanas rusak 

Cara memperbaiki setrika terlalu panas

Selanjutnya akar kerusakan setrika yang rusak pada elemen pemanasnya. Lakukan pengecekan menggunakan multitester, apabila rusak, kamu bisa menggantinya dengan elemen pemanas baru yang bisa dibeli pada toko elektrik. 

4. Platina kotor atau rusak 

Letak platina yaitu tepat dibawah pengatur suhu yang berfungsi sebagai penghubung antara listrik dengan elemen. Apabila suhu sesuai maka arus listrik akan putus secara otomatis, sesuai dengan aturan thermostat. 

Karana prinsip kerja itu platina bisa mudah berkarat atau kotor. Karena sering putus nyambung yang menghasilkan percikan api. 

Lakukan pembersihan menggunakan kertas amplas sampai karat atau kotoran hilang. Setelah itu platina bisa berfungsi lagi seperti semula. 

5. Fuse atau sekring putus

Cara memperbaiki setrika terlalu panas

Lakukan pengecekan pada komponen fuse atau sekring menggunakan multitester apabila ditemukan off atau tak bergerak bisa dipastikan fuse mengalami kerusakan. Itulah sebab setrika tidak panas.

Untuk solusinya kamu bisa mengganti dengan sekring atau fuse baru yang banyak dijual ditoko elektrik dengan harga 3 ribu rupiah. 

Atau bisa juga melakukan jumper langsung menghubungkan jalur tanpa sekring. Namun sangat tidak disarankan karena setrika jadi tidak memiliki proteksi lagi ketika mengalami shorts atau konslet. 

Itulah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada setrika, kamu bisa memperbaikinya sediri dirumah dengan memeriksa kondisinya seperti tutorial diatas.

Jadi tanpa harus membawanya ke tukang servis elektronik kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat yang sedang mengalami masalah setrika terlalu panas. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar