Cara mengatasi hp lemot Oppo, Vivo, Xiaomi dan lainya

TRISULA

Cara mengatasi hp lemot oppo

Cara mengatasi hp lemot Oppo,vivo dan lainya Kadjiro.com – Sobs hp lemot memang menyebalkan karena akan mengurangi pengalaman menggunakan hp tersebut. Dimana untuk membuka sebuah aplikasi akan membutuhkan waktu lama. atau penggunaan ringan seperti bermain sosial media pun jadi kurang nyaman juga.

Hp lemot bisa disebabkan oleh umur hp itu sendiri yang sudah tua sehingga prosesor juga menurun tentunya. Selain itu memori internal yang terlalu penuh juga bisa jadi sebab hp lemot.

Maka dari itu kamu harus memahami cara mengatasi hp lemot, supaya dapat lancar digunakan kembali sehingga kamu tidak perlu membeli hp baru atau membawanya ke tukang servis. Kira -kira begini langkah-langkah mengatasinya:

Cara mengatasi hp lemot Oppo, vivo, Xiaomi dll

Cara mengatasi hp lemot oppo

1. Bersihkan Memori Internal

Penyebab utama hp menjadi lebih lemot dari sebelumnya adalah karena kamu menyimpan terlalu banyak file di memori internal hp. Solusinya kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang kurang atau jarang digunakan. Atau simpan file foto dan video ke cloud storage misal google Drive atau terabox.

2. Tutup Semua Riwayat Aplikasi

Hp lemot bisa disebabkan ram hp kecil tetapi aplikasi yang digunakan sangat banyak. Ini juga bisa jadi sebab hp lemot. Jadi untuk mengatasi hp lemot karena ram hp yang kecil.

Hapus semua riwayat aplikasi pada tombol recent disebelah tombol home pada hp. Dengan hanya menggunakan satu aplikasi yang aktif maka hp tidak akan lemot lagi.

3. Rajin membersihkan Cache

Ada aplikasi pembersih file yang tersedia banyak di playstore ada yang gratis dan berbayar. Dengan menggunakan aplikasi itu kamu bisa menghapus file yang jarang digunakan. Atau menghapus file-file sampah yang tidak lagi diperlukan.

Dengan memanagement ram dan internal memori dengan baik maka hp tidak akan lemot lagi. Karena penyebab hp lemot itu salah satunya dari buruknya management ram dan memori.

4. Upload semua file ke cloud storage

Dengan meng-upload file didalam hp ke cloud storage maka file akan tersimpan aman disana  tanpa memakan memori internal. Jadi ruang Rom akan jadi lega dan penggunaan hp bisa lebih cepat.

Salah satu layanan cloud storage yang memberikan penyimpanan gratis salah satunya terabox, kamu bisa mendownloadnya di playstore.

5. Restart handphone

Ketika hp terasa sangat lambat untuk digunakan. Kamu bisa merestart hp untuk merefresh ulang sistem handphone agar dapat digunakan lagi. Hal ini merupakan cara termudah bila hp lag atau hang karena adanya kesalahan proses sistem didalam hp.

Jadi ketika restart hp sistem akan melakukan penataan ulang terhadap kesalahan didalam hp. Jadi akan bisa digunakan lagi dan akan lebih lancar daripada sebelumnya.

6. Kembalikan Ke pengaturan pabrik

Untuk kasus terparah bila hp sudah tidak bisa digunakan lagi karena sangat lemot sehingga sangat menganggu penggunaan harian. Kamu bisa melakukan reset pabrik.

Reset pabrik bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi hp. Karena itu bertujuan untuk melakukan reset pengaturan ke awal seperti saat baru pertama kali membeli hp.

Mungkin ada beberapa file yang akan hilang seperti aplikasi yang terinstal pengaturan seperti WiFi yang tersimpan dll. Itu bukanlah masalah besar jadi kamu tetap bisa melakukan reset pabrik untuk membuat hp kamu tidak lemot lagi.

7. Sadar dengan performa hp

Ketika kamu membeli sebuah hp kamu harus mengetahui besarnya ram dan Rom. Supaya kamu bisa menggunakan sesuai dengan kapasitasnya. Bila ram dan Rom kecil maka kamu jangan menggunakanya untuk aktifitas yang berat seperti bermain gim berjam-jam. Atau menginstal banyak aplikasi yang menghabiskan banyak memori.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan hp juga penting untuk mengatasi hp agar tidak lemot.

8. Update Software

Hp yang lemot terkadang disebabkan oleh sistem software yang sudah tertinggal terlalu jauh dengan updated terbaru. Sehingga tidak bisa menyesuaikan dengan layanan dan aplikasi terbaru dari google.

Maka dari itu hp lemot bisa dicoba dengan mengupdate dengan OS terbaru, yang tentunya dengan pengembangan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Juga adanya perbaikan kesalahan atau bug yang telah diperbaiki.

Hp jadi tidak lemot lagi

Dengan menerapkan tips diatas kamu bisa mendapatkan hp jadi tidak lemot lagi. Kamu bisa lancar menggunakanya untuk aktifitas sosial media dan lain sebagainya. Kira-kira begitulah cara mengatasi hp lemot berbagai merek sepeti Oppo, Vivo dan Xiaomi.

Sebenarnya ini berlaku untuk semua hp karena intinya komputasi hp itu sama saja membutuhkan ram dan Rom untuk menampung data, bila kedua itu bermasalah atau terlalu penuh maka kinerjanya juga jadi berat ,alhasil hp jadi lemot.

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Cara mengatasi hp lemot Oppo, Vivo, Xiaomi dan lainya”

  1. Ping-balik: 4 Rekomendasi MicroSD Terbaik dan Tidak Lemot! – Kadjiro

Tinggalkan komentar