11 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

TRISULA

Penyebab baterai hp cepat habis
Kadjiro.com – Sobs .. Baterai hp yang cepat habis sangat membuat tidak nyaman dalam pemakaian hp sehari-hari apalagi dipakai buat bekerja. Tentu disaat yang penting yang memerlukan hp untuk berkomunikasi dengan seseorang atau untuk urusan pekerjaan. Maka dari itu hp di era seperti sekarang haruslah awet dan tahan lama.

Juga sangat tidak nyaman memakai handphone dalam keadaan terhubung dengan charger. Apalagi waktu sedang bermain gim. Kabel yang tercolok dengan charger dapat menganggu tangan ketika memegang hp.

Smartphone terbaru saat ini pun yang menggunakan baterai jumbo terkadang juga masih kurang untuk penggunaan dalam satu hari penuh . Jadi dalam seharian itu pasti ada waktu untuk melakukan isi daya hp.

Maka dari itu kamu harus mengetahui apa saja penyebab baterai cepat habis. Banyak orang yang tidak menyadari beberapa hal yang terjadi pada hp nya . Ada beberapa hal kecil didalam pengaturan hp yang sebenarnya jadi penyebab baterai lebih boros. Dibawah ini adalah beberapa penyebabnya : 

Penyebab Baterai Cepat Habis 

1. Kecerahan Layar Yang tinggi

Penggunaan layar yang terlalu cerah juga sangat banyak menguras daya hp. Apalagi ketika berada diluar ruangan yang membutuhkan kecerahan yang tinggi. Maka dari itu untuk lebih menghemat daya baterai sobat bisa menurunkan kecerahan ketingkat rendah yang sekiranya masih bisa dipandang oleh mata.

Namun ada sebagian orang yang membutuhkan pencahayaan layar yang tinggi karena memiliki masalah kesehatan mata. Maka sobat bisa mengatur ke mode gelap. Dengan mengatur mode gelap layar hp akan lebih sedikit mengambil energi dari baterai. Selain itu kamu juga bisa mengatur secara otomatis tingkat kecerahan layar, pada umumnya ponsel sekarang sudah memiliki sensor cahaya yang dapat mendeteksi didalam ruangan atau diluar ruangan. Caranya masuk kepengaturan tampilan kemudian aktifkan pada kecerahan adaptif 

Penyebab baterai hp cepat habis

2. Banyak Aplikasi aktif dilatar belakang

Salah satu penyebab lainya baterai hp mudah habis adalah banyaknya aplikasi hp yang masih terbuka dilatar belakang. Meskipun tidak digunakan secara langsung, Sistem dari hp tersebut masih berjalan dan bisa menguras energi hp. Seperti misalnya VPN, kalender, internet speed, dan lain sebagainya. Meskipun aplikasi tersebut memberikan manfaat, tetapi harus diketahui itu menghabiskan daya baterai. Jadi nonaktifkan saja apabila fiturnya memang dirasa kurang penting. Caranya tekan pada aplikasi kemudian pilih info Aplikasi  dan Paksa Berhenti 

Penyebab baterai hp cepat habis

3. Mode perkecil layar aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang dapat diperkecil layarnya seperti yang terdapat pada YouTube premium. Dengan mengecilkan aplikasi lalu membuka aplikasi lainya itu artinya kamu sedang menggunakan dua aplikasi dalam satu waktu. Hal itu ternyata membuat prosesor bekerja jauh lebih keras sehingga membutuhkan banyak energi baterai.

Jika kamu memprioritaskan untuk menghemat baterai maka hindari pemakaian aplikasi seperti itu.

4. Fitur lokasi aktif

Gps yang selalu aktif juga bisa membuat baterai hp cepat habis. Gps merupakan layanan yang membutuhkan koneksi data terus menerus untuk mendapatkan info lokasi terkini  yang akurat. Apabila sedang berpergian kesuatu tempat yang membutuhkan GPS tentu itu penting .

Tetapi apabila tidak sedang bepergian, sebaiknya matikan saja fitur lokasi dihp kamu. Karena akan mubadzir membuang buang energi baterai dan kuota juga. Caranya menonaktifkan yaitu masuk ke pengaturan kemudian lokasi dan pilih nonaktifkan.

Penyebab baterai hp cepat habis

5. Fitur sinkronisasi yang aktif

Selanjutnya untuk lebih memprioritaskan baterai hp agar awet. Kamu bisa menonaktifkan fitur sinkronisasi pada semua akun. Guna fitur sinkronisasi adalah memperbarui segala informasi terkait dengan akun seperti Facebook , email Instagram dll. Yang terus memberikan  pemberitahuan terbaru terkait aplikasi tersebut.

Jika kamu tidak terlalu membutuhkan pemberitahuan dari sosial media atau email, matikan saja fitur sinkronisasi akun diponsel sobat. Dan untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru terkait aplikasi dengan cara membuka membuka aplikasinya langsung.

Cara nonaktifkan yaitu masuk ke pengaturan, pilih akun kemudian nonaktifkan sinkronisasi otomatis.

Penyebab baterai hp cepat habis

6. Baterai hp sudah lama

Salah satu penyebab umum baterai cepat habis adalah usia baterai yang sudah tergolong lama. Mungkin hp masih layak untuk digunakan dalam beberapa tahun kedepan terkait dengan fitur dan layananya yang masih terus update. 

Namun kekuranganya adalah dari baterai yang sudah boros. Jika seperti itu kondisinya, solusinya adalah dengan mengganti dengan baterai baru. Mungkin kamu bisa membaca rekomedasi baterai hp terbaik untuk mendapatkan informasi  baterai hp yang setara original dengan harga yang lebih terjangkau.

7. Sinyal Tidak Stabil

Terkadang sinyal provider yang tidak stabil turut menjadi sebab baterai cepat habis. Karena membuat sistem bekerja lebih keras dengan menyesuaikan kondisi sinyal. Jadi penting untuk memilih provider yang memiliki jaringan stabil dan luas sampai didaerah plosok terpencil supaya ketika dibawa kemana mana sinyal tetap setabil sehingga baterai jadi tetap awet.

8. Menggunakan wallpaper animasi

Menggunakan wallpaper animasi memang membuat tampilan layar handphone lebih hidup dan tidak membosankan. Tetapi tahukah kamu hal itu ternyata berpengaruh juga dengan baterai hp. Kamu bisa bandingkan sendiri memakai wallpaper biasa dengan animasi. Nanti akan terasa wallpaper animasi akan mengambil banyak daya dari baterai. Jadi pilih wallpaper biasa saja bila kamu Memprioritaskan baterai yang awet.

9. WiFi diset otomatis

Kita sering lupa mematikan WiFi ketika tidak menggunakanya lagi. Hal itu akan tetap membuat WiFi tetap bekerja dengan terus mencari  ketersediaan WiFi di lingkungan terdekat. Secara tidak disadari itu juga memakan banyak energi baterai. Jadi matikan saja WiFi ketika telah selesai menggunakanya dari cafe atau WiFi gratis fasilitas umum.

10. Banyak notifikasi aplikasi yang aktif

Di era sosial media yang semakin canggih ini. Manusia memang membutuhkannya untuk berkomunikasi atau mendapatkan informasi terbaru. Tetapi notifikasi terkadang sering muncul dari aplikasi seperti berita online atau dalam bentuk iklan dan lainya. Selain menganggu hal itu ternyata menguras banyak sekali daya baterai hp.

Jadi matikan saja notifikasi sosmed atau aplikasi tersebut bila dirasa kurang penting dalam fungsinya. Dengan cara masuk ke pengaturan, pilih Aplikasi kemudian Notifikasi lalu pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan notifikasi nya.

Penyebab baterai hp cepat habis

11. Cek penggunaan baterai pada aplikasi

Kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan baterai paling banyak. Jangan jangan ada aplikasi asing yang diam diam berjalan dan lain sebagainya. Dengan mengetahui aplikasi yang menghabiskan banyak daya selanjutnya kamu bisa membatasi izin pada aplikasi tersebut terkait notifikasi dan izin lainya. 

Masalah Baterai boros terselesaikan

Nah itu itu dia beberapa penyebab baterai cepat habis. Setelah kamu memahami penyebabnya dan menerapkan beberapa perubahan pada pengaturan seperti sinkronisasi, lokasi dan lainya seperti yang saya sebutkan diatas semoga masalah baterai boros dapat diselesaikan. Semoga bermanfaat terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “11 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis”

  1. Ping-balik: 7 Cara Mengosongkan Ruangan Penyimpanan di HP Xiaomi – Kadjiro

Tinggalkan komentar