Begini Cara Memperbaiki Blender Yang Tidak Bisa Berputar

TRISULA

Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar

Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar apa kabar masbos … Blender merupakan alat elektronik yang banyak digunakan oleh orang. Sebab kegunaanya untuk menghaluskan bahan bahan makanan atau buah-buahan. Fungsi sebuah blender sangat membantu orang ketika ingin menghaluskan bahan makanan dengan cepat tanpa ribet atau capek mengulek secara manual dengan cobek.

Disamping itu sebuah blender sering digunakan untuk usaha minuman jus atau minuman lainya. Jadi blender merupakan komponen penting didalam usaha tersebut. Jadi penggunaan dan perawatanya harus benar benar diperhatikan agar tidak rusak ditengah jalan ketika digunakan untuk jualan minuman. Beberapa orang mengalami kerusakan pada belender tanpa tahu apa penyebabnya , dibawah ini kasus yang umumnya terjadi pada belender tidak bisa berputar.

Penyebab blender tidak bisa berputar

  1. 1. Kerusakan pada mesin yang kemasukan air
  2. 2. Kerusakan pada bagian mesin yang tidak bisa berputar karena banyaknya kotoran yang menempel
  3. 3. Sering memaksakan menghaluskan bahan yang keras sehingga memberatkan kinerja mesin.
  4. 4. Blender tidak sengaja tersenggol dan terjatuh dengan keras

Apabila saat ini sobat sedang mengalami blender tidak bisa berputar, maka jangan terburu-buru membeli baru atau membawanya ke tukang servis. Coba cek beberapa hal dibawah ini untuk mendapatkan solusi memperbaikinya. Kira – kira bagaimana caranya ? Simak dibawah ini :

Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar

Blender termasuk elektronik dengan rangkaian yang simpel, terdiri dari beberapa bagian yaitu mesin, tombol saklar dan level, gigi terminal dan wadah. Sobat tidak harus menjadi seorang teknisi elektronik untuk bisa memperbaiki blender yang tidak bisa berputar. Dengan tutorial singkat dari saya ini, kemungkinan bisa menyelesaikan masalah blender sobat. Kira -kira bagaimana caranya ? Simak langkah langkahnya :

1 . Periksa jalur semua kabel

Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar

Blender tidak bisa berputar bisa jadi ada jalur kabel yang putus karena gigitan tikus atau serangga. Coba cek mulai dari kabel power sampai rangkaian didalamnya. Apabila ada kabel yang putus atau solderan yang lepas bisa jadi itu akar masalahnya. Langsung saja Sambung kabel dengan sulasi atau mensoldernya.

2. Periksa Dinamo apakah masih hidup atau tidak

Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar

Selanjutnya bongkar pada bagian casing mesin lalu periksa dinamonya dengan cara memeriksa ujung kedua jalur gulungan /lilitan apakah ada yang putus atau tidak. Bila Avo meter menunjukan tanda gerak itu artinya spull masih normal. Bila tidak, maka kemungkinan ada lilitan yang putus didalamnya. Kalau sudah seperti itu solusinya adalah mengganti dengan mesin blender yang baru atau gulung ulang spul apabila didekat rumah sobat ada tukang gulung spul.

Spull blender banyak dijual di toko listrik dengan harga spull blender sekitar 60rban tergantung merk juga.

3. Bersihkan Terminal/gigi blender

Selanjutnya cek pada bagian bawah wadah belender, periksa terminalnya apakah banyak kotoran yang menempel sehingga menghambat putaran. Bila iya langsung saja bersihkan sampai benar benar hilang kotoran atau sisa-sisa makanannya.  Kemudian colokan belender apakah sudah bisa berputar atau masih berdengung saja.

4. Berikan pelumas

Apabila ada bagian dari dinamo yang seret, solusinya dengan memberi pelumas pada bagian-bagian yang berpengaruh. Dengan memberi pelumas maka putaran dinamo akan semakin lancar dan suara dengungan yang mengganggu bisa hilang.

5. Karbon brush/bostel menipis

Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar

Salah satu penyebab lain blender tidak dapat berputar adalah karena bostel / karbon brush sudah mulai menipis sehingga mesin menjadi berat untuk menggerakan blender. Kamu dapat mengganti nya dengan yang baru banyak tersedia di toko listrik terdekat. Harganya murah cuma 5 ribuan. Kamu bisa membawa contoh bostel bekas pada toko untuk mengetahui ukuran dari bostel agar dapat pas dipasang pada dudukanya.

6. Kalau Putaran lambat itu kapasitor melemah

Kalau blender dapat berputar tetapi putarnya pelan sekali sehingga sulit menghaluskan bahan. Itu masalahnya ada pada kapasitornya. Bila masalah itu terjadi ganti dengan kapasitor yang baru yang banyak tersedia ditoko listrik.

Setelah mengetahui akar masalahnya sobat dapat langsung memperbaikinya, seperti yang telah saya paparkan diatas. Jadi tidak perlu membawa kepada tukang servis atau membeli yang baru. Tetapi bila dirasa ada hal-hal yang sangat teknis yang tidak bisa diperbaiki lagi, maka solusinya adalah membeli blender baru atau membawanya ke tukang servis profesional.

Tips merawat blender supaya awet

Apabila telah berhasil memperbaiki blender sehingga dapat berfungsi kembali. Selanjutnya adalah merawat belender sebaik mungkin agar tidak mengalami kerusakan lagi. Dibawah ini tips merawat blender agar awet dan tahan lama :

  1. 1. Jangan mengisi wadah blender dengan beban yang terlalu banyak. Karena dapat membuat mesin cepat panas akibat bekerja terlalu berlebihan.
  2. 2. Jangan lupa memperhatikan kebersihan blender dengan mencucinya sehabis dipakai. Dengan memasukan seperempat air yang dicampur perasaan jeruk nipis atau lemon kemudian tekan tombol Pulse.
  3. 3.akan lebih baik memotong kecil kecil terlebih dahulu bahan makanan seperti buah dan sayur, agar blender dapat bekerja lebih ringan dan makanan juga cepat halus.
  4. 4.Simpan blender ditempat bersih dan kering.
  5. 5. Setelah melakukan pencucian pertama menggunakan jeruk nipis kemudian cuci kembali dengan sabun dan air mengalir.

Akhir kata 

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar dan cara merawat blender agar awet. Jadi sobat sebelum membawanya ke tukang servis atau membeli baru sebaiknya baca tutorial dari artikel ini kemudian lakukan pengecekan Seperti yang saya sampaikan diatas. Semoga informasi ini bermanfaat terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar