Apa itu Passion dan Salah Kaprah Tentang Passion

TRISULA

Apa itu passion

Kadjiro.com – Siang sobs.. Pasti sering kita mendengar kerja harus dari passion. Dimana-mana sering disiarkan oleh motivator, influencer atau orang-orang sukses bahwa kerja harus sesuai dengan passion agar hepi ngelakuinya. APaakah benar begitu BESTie..?

Memang sih kerja yang sesuai hobi atau gairah akan lebih enjoy ngelakuinya, tetapi kenyataanya tak selalu seperti itu. Realitas terkadang berbeda 180 derajat tidak seperti yang sering dikatakan motivator. Akan selalu ada tantangan dari setiap keputusan yang diambil entah kerja dari passion atau tidak.

Baca juga : Manfaat Doa bagi kehidupan manusia 

Banyak orang yang salah kaprah mengartikan passion sehingga akan berpengaruh negatif pada setiap keputusan yang diambil, kira-kira seperti apa kesalahan yang biasanya sering disalah pahami oleh orang-orang terkait dengan passion.. simak dibawah ini ya sobs….!

Apa itu passion dan Kesalahan orang memahami passion

Penjelasan singkatnya apa itu passion adalah Passion membuat orang semangat menyambut harinya karena menantikan sesuatu yang ingin dilakukan entah terkait pekerjaan, hobi dan lainya. Tetapi selain itu ada penjelasan lebih dalam tentang passion itu sendiri.. berikut untuk memahaminya lebih dalam agar tidak salah kaprah memahami passion. 

1. Passion itu bukan sekedar hobi

Pandangan bahwa passion itu cuma ngerjain apa yang disukai , seperti dari hobi menggambar, menulis dan lainya. Lebih dari itu sebuah passion berarti ngelakuin pekerjaan yang ada maknanya atau yang ada kontribusinya buat kebaikan orang lain. 

Kalau misal passion hanya dimaknai sebagai hobi, lalu bagaimana dengan hobi yang ngerugiin orang lain atau diri sendiri. Jadi passion itu maknanya lebih besar dari sekedar hobi ya BESTie..

2.  Sesuatu yang berasal dari dalam

Passion itu sebuah panggilan yang berasal dari dalam jiwa yang ingin diwujudkan keluar ke banyak orang. Bukan mengambil dari luar untuk kesenangan diri sendiri. Kalau seperti itu artinya kita hanya ingin muasin diri sendiri dan Jatohnya lebih ke egoisme.

Jadi sebuah passion itu sesuatu yang ada (dalam) lubuk jiwa yang diberikan oleh tuhan untuk memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar (luar).

3. Bukan sebuah topik atau aktifitas

Kalau sobat hanya mengenali passion sebagai sebuah topik atau aktifitas yang dilakukan, itu kurang tepat. Tetapi passion adalah soal tujuan yang ingin diwujudkan melalui topik atau aktifitas yang sering dilakukan.

Misalnya kamu menyukai aktifitas berjualan, selain untuk mendapatkan keuntungan sebuah passion memandang lebih jauh lagi yaitu membantu orang lain dengan menyediakan barang yang orang butuhkan.

Dengan cara pandang seperti itu akan menghindari pikiran negatif atau kebosanan  apabila jualan sepi.. karena ada tujuan yang lebih besar jadi gairah untuk melakukan akan terus menyala.

4. Bukan soal Suka ngga Suka

Sebuah passion dalam arti sesungguhnya memberikan energi untuk mengerjakan sesuatu yang mungkin ngga kita sukai karena ada tujuan untuk orang lain di dalamnya. Jadi sebuah passion itu membuat orang untuk berjuang. Bukan menjadikan orang jadi pilih-pilih mengerjakan sesuatu berdasarkan penilaian suka ngga suka. Jadi ngga gitu ya BESTie …

5. Passion itu ngga ada kaitanya dengan uang

Ada sebagian orang yang beruntung karena mendapatkan penghasilan sekaligus mewujudkan passionya. Tapi sebenarnya realitas ngga harus seideal itu. Terkadang orang mengerjakan passionya tanpa mendapatkan bayaran sepeserpun dari situ. Jadi passion ngga harus jadi satu dengan penghasilan ya BESTie..

6. Mulai dari hal-hal kecil

Bila sobat ingin mengerjakan sesuatu dari passion. Lakukan saja dari-hal kecil disekitar yang sekiranya sesuai dengan panggilan hati. Tidak perlu menunggu mapan atau berkecukupan untuk bisa menjadi bermanfaat.

Jangan menunggu siap untuk mewujudkan cita-cita/passion besar. Mulai saja sekarang dari hal-hal kecil yang masih berkaitan dengan panggilan jiwa.

7. Bosan di pekerjaan bukan berarti tidak passion

Bila sobat merasa bosan dengan suatu pekerjaan. Jangan jadikan passion sebagai alasan untuk keluar dari pekerjaan, passion tidak menjadikan orang menyerah dan berpikir pendek. Passion itu menghasilkan solusi dan penuh pertimbangan. 

Ingat kembali alasan terbesar mu bekerja apakah untuk menafkahi keluarga, mempersiapkan pendidikan anak atau membuat bisnis di kemudian hari. Jadi ingat selalu gairah terbesarmu.

Jangan hanya karena perasaan bosan kamu menyimpulkan bahwa pekerjaan saat ini bukan passion. Ingat juga pekerjaan tak selalu jadi satu dengan passion.

Nah, kira -kira begitu ya BESTie… Terkait masalah passion yang sering disalah pahami oleh orang -orang diluar sana. Ya karena pengaruh motivator yang sering mengucapkan passion-passion itu tanpa menjelaskan realitasnya dikehidupan. Akhirnya orang orang hanya memahami luarnya saja tanpa tau esensi nya. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat ya BESTie… Semoga harimu menyenangkan .. terima kasih (Zr)

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar