Macam macam Sholat Sunnah dengan Pahala Luar Biasa

TRISULA

Macam macam sholat Sunnah


Kadjiro.com-
Didalam agama Islam diwajibkan untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Itu berlaku untuk semua muslim laki laki dan wanita yang sudah mencapai umur baligh. Tanda baligh wanita ketika sudah mengalami fase haid dan untuk laki-laki apabila sudah pernah mimpi basah.

Selain sholat wajib 5 waktu ada juga sholat Sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Sholat Sunnah yaitu sholat yang dianjurkan untuk dilaksanakan, tetapi bila tidak dikerjakan juga tidak apa-apa atau tidak berdosa.

Baca juga : Tata Cara Puasa Tasu’a dan Asyura 

Ada banyak macam sholat Sunnah didalam Islam. Dikerjakan dengan tujuan mendapatkan ridho Allah SWT. Atau sedang memiliki hajat tertentu dan salah satu caranya dengan menjalankan ibadah-ibadah Sunnah. Tujuanya untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah supaya dikabulkan hajatnya.

Bagi sobat yang penasaran dengan macam macam sholat Sunnah yang memiliki pahala dan manfaat yang luar biasa, maka silakan simak dibawah ini supaya bisa diamalkan dikehidupan sehari-hari. 

Macam macam sholat Sunnah dengan Pahala Luar Biasa

1. Sholat Tahajjud

Sholat tahajjud yaitu sholat Sunnah yang dikerjakan diwaktu sepertiga malam. Dimana kondisi sangat tenang dan sepi . Orang yang sholat tahajjud akan mendapatkan manfaat luar biasa dikehidupanya.

Seperti :
1. Dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT.
2. Diberikan pertolongan dari segala kesusahan hidup
3. Dibimbing dalam setiap langkah hidupnya sehingga tidak mudah menyimpang kepada keburukan
4. Dan masih banyak lagi

Sholat tahajjud dikerjakan minimal 2 rakaat 1 salam. dan maksimal semampunya. Tata caranya seperti mengerjakan sholat wajib namun berbeda pada niatnya. Bila belum hafal bacaan niat bahasa Arab bisa ucapkan dalam hati ” aku niat sholat Sunnah tahajud 2 rakaat karena Allah ta’ala” . Sholat akan tetap diterima.

Niat sholat tahajud:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya: “Aku niat salat sunah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

2. Sholat Witir

Sholat witir merupakan salah satu ibadah sholat yang dicintai oleh Allah SWT. Dikerjakan dimalam hari dari setelah isya sampai sebelum waktu subuh. Pelaksanaanya dilakukan setelah sholat tarawih atau tahajud. Jumlah rakaatnya ganjil minimal 1 rakaat.

Sesuai dengan hadits riwayat Bukhari Muslim ; “sesungguhnya Allah itu tunggal ( witir ) dan menyukai yang ganjil ( hr. Bukhari dan Muslim ) .

Niat sholat witir : 

صَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَ

Ushalli sunnatal witri rak’atan mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta’ālā.

Artinya, “Aku niat salat sunah witir satu rakaat karena Allah ta’ala.”

3. Sholat Dhuha

Sholat yang dikerjakan diwaktu fajar dari mulai terbitnya matahari sampai naik di siang hari sebelum masuk Dzuhur. Sedang waktu paling afdhol dilakukan dipagi hari. Dikerjakan minimal 2 rakaat 1 salam dan maksimal semampunya.

Banyak faedahnya mengerjakan sholat Dhuha ,karena termasuk amalan yang mendatangkan kebaikan dalam urusan duniawi. berikut faedahnya :
1. Diampuni dosa-dosa
2. Dilancarkan rezekinya
3. Dimudahkan segala urusanya
4. Dibangunkan rumah istana disyurga
5. Pahalanya sama dengan bersedekah.

Niat sholat Dhuha:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

4. Sholat Qobliyah dan ba’diyah Dzuhur

Sholat Qobliyah dilakukan sebelum Dzuhur dan ba’diyah setelah dzuhur Kenapa sholat ini pahalanya sangat besar sekali. Karena dikerjakan diwaktu siang hari dimana orang pada umumnya sedang sibuk bekerja. Jadi butuh niat sungguh untuk mengerjakannya dan melawan rasa malas dan lainya.

Sesuai dengan hadits ” Barang siapa mengerjakan sholat 4 rakaat sebelum dan sesudah sholat Dzuhur, maka diharamkan baginya api neraka ” ( hr.  Abu Dawud dan Nasai )

Niat Sholat Qobliyah dzuhur :

اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatadh dhuhri rok’ataini qobliyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat mengerjakan sholat sunnah sebelum zuhur 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

Untuk niat sholat ba’diyah ganti kata Qobliyah dengan ba’diyah . 

5.Sholat Fajr atau Qobliyah subuh

Sholat 2 rakaat atau lebih yang dilaksanakan diantara adzan dan iqomat subuh. Dengan melaksanakan ibadah ini secara rutin maka akan diberikan rezeki yang melimpah oleh Allah SWT. Ini sesuai dengan bunyi hadits : 

” sholat dua rakaat sebelum subuh (sholat Sunnah Qobliyah subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR. muslim).

Niat sholat Qobliyah subuh ;

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatash subhi rok’ataini qobliyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat mengerjakan sholat sunnah sebelum subuh 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

6. Sholat Sunnah rawatib

Apa itu sholat Sunnah rawatib? Yaitu sholat yang dikerjakan sebelum dan sesudah sholat wajib 5 waktu. Dinamakan juga sholat  Qobliyah dan ba’diyah. Amalkan dengan tujuan mengharapkan ridho Allah SWT supaya berkah dalam menjalani kehidupan. Berikut keutamaannya sesuai dengan hadits : 

” Barang siapa mengerjakan 12 rakaat ( sholat Sunnah rawatib) dalam sehari semalam. Maka akan dibangunkan baginya rumah di surga ( Hr. Muslim).

Niat sholat rawatib yaitu niatnya sholat Qobliyah ba’diyah.

7. Sholat Setelah Berwudhu

Ketika kamu selesai berwudhu dianjurkan untuk  mengerjakan sholat Sunnah 2 rakaat. Seperti diajarkan pada bunyi hadits ;

 “Tidaklah seorang berwudhu dan menyempurnakan wudhu nya, lalu sholat 2 rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa, melainkan wajib baginya mendapatkan surga ( hr. Muslim ).

Niat sholat setelah wudhu :

أُصَلِّي سُنَّةَ الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Ushalli sunnatal wudhuu’i rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat shalat sunnah wudhu 2 rakaat karena Allah ta’ala,”

Baca juga : Manfaat Doa bagi kehidupan manusia 

Ada banyak sekali cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya dengan memperbanyak ibadah Sunnah , seperti yang saya sebutkan diatas. Selain mendapatkan pahala akhirat juga mendatangkan kebaikan didunia, seperti ketenangan hati, kelapangan rezeki dan dijauhkan dari segala keburukan.

Tak kalah penting juga dengan memperbanyak dzikir, sholawat , istighfar dan berbakti kepada orang tua. Semua itu adalah amalan yang akan mendatangkan balasan luar biasa dari Allah SWT. Semoga informasi tentang macam macam sholat sunnah ini bermanfaat dan kita semua dapat mengamalkannya. Amin.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar