Tips Belajar UTBK yang Efektif

TRISULA

Tips belajar utbk

Kadjiro.com – Jika sobat ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maka ada beberapa proses yang harus ditempuh sebelum mengikuti seleksi SBMPTN. Salah satu jalur yang ditempuh adalah UTBK. 

Baca juga : Apasih Passion itu? Inilah Salah Kaprah Tentang Passion 

Apa itu utbk ? 

Yaitu ujian UTBK ( ujian tulis berbasis komputer ) jadi hasil dari utbk ini digunakan untuk mengikuti sbmptn atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negri.  

Sesuai istilahnya ujian tulis berbasis komputer ,maka pelaksananya menggunakan perangkat komputer jadi tidak ada ujian menggunakan kertas dan pensil. 

UTBK merupakan ujian yang diselenggarakan LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Menjadi satu satunya lembaga tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. 

Lokasi pelaksanan sudah tersebar diseluruh Indonesia sehingga akan memudahkan peserta dalam memilih lokasi yang dekat dengan wilayah domisili. 

Jadi sebelum mengikuti UTBK sobat perlu mempersiapkan diri dengan belajar yang giat dan rajin. Dibawah ini saya akan memberikan tips belajar utbk supaya lebih efektif dan mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga akan mudah lolos dalam seleksi Sbmptn. Apa saja tipsnya simak dibawah ini : 

Tips Belajar Utbk 

1.Berdoa sebelum belajar

Apapun yang akan dikerjakan jangan lupakan untuk mengawali dengan doa. Supaya kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan. Berdoa lah sesuai dengan kepercayaan ya masing-masing. Untuk yang muslim ada bacaan doa tertentu sebelum belajar , tetapi bila tidak tahu bacaan doanya. Awali saja dengan bacaan “bismillah”

Baca juga : Manfaat Berdoa untuk kehidupan 

2. Buat jadwal belajar rutin 

Kunci supaya lulus tes utbk adalah belajar. Tanpa belajar sobat tidak akan bisa menguasai materi. Jadi buatlah jadwal rutin dijam-jam paling produktif , misal dipagi hari setelah subuh dimana otak masih fresh. Lakukan seperti itu secara rutin , coba paksa untuk awal-awal lama-lama akan terbiasa. 

3. Pelajari konsep dasar materi

Pelajarilah konsep materi dari dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum masuk ke materi yang lebih rumit. Pada tahap selanjutnya Hal ini akan menjadikanmu lebih mudah memahami sebuah materi secara keseluruhan. 

4. Pelajari materi yang termudah dulu 

Jika sobat menemui materi yang sulit, jangan memaksa untuk mempelajarinya, skip saja untuk mempelajari materi yang lebih mudah terlebih dahulu. Setiap orang memiliki waktu-waktu produktif tertentu dimana otak dapat bekerja lebih optimal , seperti dipagi hari , sore atau tengah malam. Maka dari itu kenali terlebih dulu waktu produktifmu untuk mempelajari materi-materi yang sulit. 

5. Rutin mengikuti try out utbk sbmptn

Kamu bisa menguji perkembangan belajarmu dengan mengikuti try out utbk yang banyak disediakan di internet. Dengan sering mengikuti try out kamu akan lebih banyak menemui contoh soal-soal baru yang kemungkinan juga akan muncul pada tes utbk. kamu dapat mengakses situs yang menyediakan ujian try out utbk di tryout.id atau edukasystem.com

7. Tetapkan durasi waktu dalam memahami materi 

Agar belajar dapat efektif kamu bisa memberikan goal serta jangka waktu sampai benar-benar memahami sebuah materi. Misalkan dalam 25 menit fokus untuk memahami satu materi secara menyeluruh.

7. Buat rencana mempelajari materi apa besok 

Kamu juga harus mengetahui materi apa yang akan dipelajari esok harinya, supaya menjadi jelas. Sehingga kamu tahu akan mempelajari apa selanjutnya. Cara ini juga akan membuatmu disiplin dan lebih tahan terhadap distraksi2 dari luar. 

8. Persiapkan tempat belajar senyaman mungkin

Ternyata kondisi atau suasana tempat belajar juga mempengaruhi psikologi ketika belajar. ketika tempat belajar itu bersih dan rapi belajar akan menjadi lebih fokus. Tanpa terdistraksi oleh barang-barang yang berantakan. 

9. Lakukan evaluasi diri 

Setelah melakukan pembelajaran, lakukan evaluasi tentang apa yang masih kurang, atau materi apa yang sulit untuk dipelajari. Catat semua materi yang sulit. Kamu bisa mencari refrensi materi tersebut di internet. 

Kemudian evaluasi motivasi diri dalam belajar, apakah cukup disiplin atau mudah tergoda untuk mengecek hp dan lainya. Pelajari juga kenapa rasa malas itu muncul dan lainya. Apakah dari tempat belajar yang kurang nyaman, atau waktu yang kurang tepat. 

10. Jaga Pola hidup sehat

Atur pola hidup sehat dengan makan yang sehat, teratur, dan berolahraga secara rutin. Ketika badan sehat peredaran darah ke otak akan lancar. Sehingga kerja otak bisa maksimal dalam mempelajari materi dari yang mudah sampai yang sulit. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan fokus dan mata jadi tidak mudah ngantuk. 

11. Jauhkan Distraksi 

Sebisa mungkin untuk menjauhkan segala macam distraksi dari proses belajar. Agar bisa 100% fokus belajar. Jauhkan ponsel dari tempat belajarmu. Diakui di zaman sekarang memang distraksi terbesar orang ketika belajar adalah ponsel. Maka dari itu dibutuhkan komitmen yang kuat untuk fokus belajar. 

12. Istirahat dan refreshing

Kamu boleh belajar dalam waktu berjam-jam, tetapi juga jangan terlalu keras. Kasih jeda sebentar untuk istirahat , entah melakukan perenggangan, mendengarkan musik atau tidur sebentar. Otak juga membutuhkan jeda untuk dapat bekerja optimal. Otak yang dipush terus menerus dapat menyebabkan stress. Jadi imbangi aktifitas belajarmu dengan istirahat yang cukup. 

Demikian tips belajar UTBK semoga dapat membantu sobat yang akan melaksanakan tes utbk. Memang belajar diera sekarang lebih mudah karena informasi bisa didapatkan dari mana saja. Tetapi sebanding dengan itu tantangan ya juga mudah didapatkan seperti distraksi dari ponsel dan internet. Maka dari itu motivasi dan komitmen sangatlah penting disini. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar