Tips Interview Kerja pertanyaan apa Kelebihan dan Kekurangan

TRISULA

Tips Interview kerja

Kadjiro.com – Ketika sobat sudah banyak mengirim lamaran pekerjaan ke berbagai perusahan. Tentu saja setiap hari berharap akan dipanggil untuk interview pekerjaan. Akhirnya di ponsel ada email panggilan untuk melakukan interview dari perusahaan yang telah diinginkan. Namun sobat masih bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan interview, agar dapat memberikan kesan yang baik. Sehingga dapat diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga : Contoh CV Magang buat Mahasiswa 

Sebenarnya sebuah interview itu tidak mencari jawaban yang benar dan salah. Tujuan sebuah interview itu untuk melihat karakter seseorang dari jawaban yang diberikan. Juga cara berpikir dan seberapa jauh kamu mengenali potensi diri kamu sendiri. Sehingga recruiter dapat melihat kecocokan untuk ditempatkan pada posisi pekerjaan yang dibutuhkan.  

Sobat tidak perlu khawatirkan hal itu. Karena disini saya akan memberikan tips bagaimana memberikan jawaban saat diinterview. supaya dapat memberikan kesan yang baik , Yang sesuai dengan dengan kriteria yang dicari sehingga bisa diterima kerja ditempat tersebut. Bagaimana tipsnya ,simak dibawah ini : 

Tips Interview Kerja (kelebihan dan kekurangan )

Jawablah pertanyaan dengan Jujur 

Jujurlah dalam menjawab segala pertanyaan, jangan coba untuk berbohong, karena gerak gerik dan mimik wajah kamu akan mudah terbaca jika berbohong. Seorang recruiter yang di tugaskan adalah seorang yang berpengalaman dibidang tersebut dia telah mempelajari terkait psikologi dan banyak lagi. 

Tetapi jangan juga jumawa dengan jawaban itu, kamu harus bisa membuktikan dikemudian hari, jika terbukti tidak dapat membuktikan apa yang kamu katakan , akibatnya kamu bisa mendapatkan penilaian negatif dari perusahaan. sampai kemungkinan terburuknya di pecat. 

Menceritakan Pengalaman

Ceritakan apa yang pernah kamu capai didalam hidup. Bagaimana proses mencapainya, hambatan yang dilalui serta bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut. Hingga tenggat waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Hal seperti ini akan memberikan penilaian yang baik. Dari pada hanya memberitahukan saya mampu melakukan ini dan itu. 

Menjelaskan kelebihan yang relevan 

Ceritakan segala kemampuanmu yang relevan dengan posisi pekerjaan yang ingin di isi. Misalkan kamu melamar menjadi konten writer ,Ceritakan kemampuanmu dalam menulis , Riset keywords, Tentang SEO , dan promosi. Jangan menceritakan tentang kelebihanmu yang kurang relevan dengan job ,kelebihan hutang misalanya. Hehe 

Ceritakan kekurangan 

Semua orang memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan. Didalam interview ceritakan saja yang berkaitan dengan dunia profesional, misalnya kurang menguasai bahasa inggris atau public speaking yang belum bagus. Sertakan pula solusi untuk bersedia berkembang dan belajar jika itu terkait dengan job. 

Ceritakan Solusi

Setiap kekurangan yang kamu sampaikan sertakan pula solusi untuk meminimalisir kekurangan dengan belajar terus menerus sampai bisa benar-benar bisa dan ahli. Jelaskan dimana kamu akan belajar dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Hal itu akan menunjukan bahwa kamu serius dengan job yang akan kamu isi. Jadi jangan hanya menceritakan kekurangan tetapi jelaskan juga solusinya. 

Sebutkan jumlah kelebihan dan kekurangan sama 

Misalnya kamu menyebutkan 4 poin kekurangan maka kamu juga harus menyebutkan 4 poin kelebihan juga. jangan sampai kamu lebih banyak menyebutkan kekurangan karena hal dapat menutupi kelebihanmu dimata recruiter. 

Tujuanya supaya lebih berimbang, recruiter akan melihatmu sebagai manusia normal yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Tetapi yang terpenting adalah ceritakan keinginan kuatmu untuk berkembang menjadi lebih baik. Jadi tidak hanya pasrah dengan kekurangan saja. 

Tips Tambahan supaya diterima kerja

Kalau ditanya tentang cita-cita jawablah agar sesuai dengan keberlangsungan pekerjaan. Jika kamu menyebutkan cita-cita yang berpotensi membuatmu resign dikemudian hari, maka bisa saja lamaranamu akan ditolak. Sebagai contoh katakan saja cita-cita menjadi pemimpin, karena kepemimpinan itu sifatnya umum, bisa dimana saja. 

Seperti itu kira-kira jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ketika interview terkait kelebihan dan kekurangan. Dengan mengikuti tips-tips diatas dan mempersiapkan jawaban sebelum melakukan interview. Kamu bisa lebih percaya diri menghadapinya. Hindari jangan sampai gugup dengan mengatur nafas yang baik. Semoga tips interview kerja diatas bisa membantu sobat yang akan melakukan interview. Mudah-mudahan dapat diterima kerja ya. Terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar