Manfaat Doa bagi Kehidupan dan Kesuksesan Manusia

TRISULA

“Kalau semuanya terwujud kamu nanti lupa caranya berdoa”

Setiap orang memiliki impian dan harapan. Untuk dapat tetap bergerak menjalani kehidupan karena adanya target yang ingin dicapai. Untuk mewujudkannya, seseorang tentu membutuhkan usaha keras agar dapat berhasil. Tetapi selain itu sebuah doa juga berperan penting bagi terwujudnya sebuah impian . 

Manfaat doa bagi kehidupan

Di dalam semua agama diajarkan betapa penting nya sebuah doa. ada doa yang dirapalkan sendiri ada yang diucapkan bersama-sama. Semuanya bertujuan untuk mengharapkan segala kebaikan dan dijauhkan dari segala keburukan. 

Maka dari itu sebuah doa akan memberikan banyak efek positif bagi seseorang yang mengamalkannya. Berikut ini adalah pengaruh dari amalan sebuah doa bagi kehidupan. 

Manfaat doa bagi kehidupan dan kesuksesan manusia 

Doa dapat membuat hati tenang 

Dengan rajin berdoa hati akan merasa tenang. Karena ketika berdoa itu artinya sobat sedang mengingat tuhan dan merasakan kehadirannya disekeliling kita walaupun mata tak bisa memandangnya tapi hati kita sanggup merasakan kehadirannya 

Karna sebab itulah hati menjadi tenang dan tentram karena merasa ada yang melindungi kita dari setiap hal-hal negatif yang ingin mendekat. 

Hati yang tenang akan mendekatkan hal -hal positif ke dalam diri. Jadi urutanya doa membuat hati tenang sedangkan hati yang tenang akan membuat doa terkabul. 

Membuat orang lebih bahagia 

Kenapa kebiasaan berdoa membuat orang lebih bahagia ? Karena ketika berdoa kita memasrahkan segala hasil akhir dari setiap usaha kepada Allah swt. Jadi tidak ada kekhawatiran apapun dalam menjalani hidup. Sebab dia yang maha segalanya, mampu untuk melakukan segala hal yang dia mau. Jadi tidak ada keraguan untuk memohon kepadanya. 

Dengan berdoa maka kita akan dijauhkan dari rasa khawatir, takut ,cemas dan lainya. Dan oleh sebab itu akan membuat kita lebih bahagia karena pikiran terbebas dari emosi negatif. 

Orang bahagia akan lebih mudah meraih kesuksesan. Karena dari aura yang positif dapat menarik hal hal positif kedalam kehidupan kita. 

Lebih fokus pada tujuan hidup

Dengan terus memanjatkan doa akan membuat kita fokus pada impian yang kita harapkan. Jadi upaya untuk mewujudkanya juga akan semakin tinggi. Karena setiap hari mengulang -ngulang kalimat doa harapan /impian jadi otomatis masuk kedalam bawah sadar. 

Sebagai pengingat bahwa ada hal-hal yang ingin dicapai didalam hidup. Dan juga menjadi alarm otomatis ketika ada godaan yang mengajak menyimpang dari jalur tujuan. 

Jadi kenapa alasan sebuah doa dapat mewujudkan impian, adalah karena doa yang rutin sama seperti afirmasi yang dapat menarik impian terwujud.

Menciptakan harapan 

Doa sama dengan harapan. Lawan dari harapan adalah keputusasaan. Manusia tanpa harapan ibarat dia tidak tahu kemana harus melangkahkan kakinya. Hidupnya akan sebagaimana air mengalir entah mengalirnya ketempat baik atau buruk.

Dengan rajin berdoa manusia akan lebih bergairah menjalani hidup. Karena dari sebuah doa akan menumbuhkan harapan -harapan tentang kebaikan. Harapan tentang kesuksesan , kebahagiaan dan kemakmuran dimasa mendatang. 

Jadi setiap hari akan selalu di isi dengan hal-hal yang berguna. Sekaligus mejauhi segala sesuatu yang kurang ada manfaatnya. Dengan harapan membuat hidup lebih bergairah sehingga tidak mudah putus asa dalam mengejar impian. Harapan membuat manusia tahan banting terhadap ujian. 

Dekat dengan Tuhan 

Dengan berdoa setiap hari dan setiap waktu akan mendekatkan manusia kepada tuhanya. Dengan dekat kepada tuhan akan membuat hidup lebih terarah. Jadi tidak mudah terjerumus kedalam kemaksiatan dan pikiran-pikiran negatif lainya. 

Terus lah berdoa disetiap langkah dalam kehidupan. Dalam Islam selalu dianjurkan untuk berdoa dalam setiap aktifitas yang dilakukan. Seperti doa sebelum dan sesudah tidur. Ketika akan bepergian, doa sebelum dan sesudah makan , masuk dan keluar rumah semua ada doanya. Semua itu bertujuan untuk memohon kebaikan dari segala aktifitas yang dilakukan. 

Bertambahnya keimanan 

Dizaman sekarang yang kemaksiatan ada dimana-mana , orang orang semakin terbuka atau malah bangga dengan dosa dosa yang dikerjakan. Tanpa adanya rasa malu sekalipun. Hal itu justru merusak citra negara indonesia yang terkenal religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan seperti yang tertulis dalam sila pertama pancasila. 

Semakin terbukanya internet membuat budaya barat semakin mudah untuk masuk dan mempengahruhi orang disini. Itulah perlunya memperkuat keimanan diri dengan terus mengingat tuhan dengan berdoa agar dijauhkan dari kemaksiatan yang menyebar dimana-mana. Sebuah doa dapat menajadi benteng untuk memperkuat keimanan kita. 

Dijauhkan dari kesombongan 

Ketika berdoa itu artinya kita mengakui bahwa kita manusia yang lemah dan tak berdaya tanpa pertolongan dari tuhan. Adapun ketika berhasil meraih sesuatu tak lupa untuk mengucapkan syukur. Mengakui bahwa dengan izin tuhan semua impian berhasil dicapai. 

Kalau orang jarang berdoa biasanya rentan untuk bersikap sombong kepada tuhan maupun kepada sesama manusia. Menganggap segala pencapaiannya adalah berkat usahanya dan kemampuannya sendiri. Dia lupa dengan yang menguasai segalanya yaitu tuhan. Atau bahkan mengingkari takdirnya. Nauzubillah.

Doamu menunjukan siapa dirimu

Isi dari doa-doamu menunjukan orang seperti apakah dirimu. Bila doamu terkait kebaikan orang tua dan sesama. maka kamu orang yang penuh empati dan berbakti kepada orang tua. Bila doa hanya tentang duniawi. Maka sebenarnya tujuanmu hanya mencari kenikmatan duniawi saja. Mungkin tuhan akan mengabulkannya tetapi akan jauh dari keberkahan. 

Maka dari itu perhatikan doa-doamu agar selalu meminta kebekahan dari segala hal. Memintalah rezeki yang berkah, ilmu yang berkah dan kebahagiaan agar ketika doamu dikabulakan kamu dapat memanfaatkan rezeki dan ilmu itu untuk kebaikan bersama dan bukan untuk kesenangan pribadi saja. 

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang pengaruh doa bagi kehidupan manusia yang sangat besar sekali manfaatnya. Doa ibarat sebuah senjata untuk mengarungi hutan belantara kehidupan. Dimana akan ada banyak halangan dan rintangan didepan sana. 

Tentu kalau hanya mengandalkan tubuh yang lemah ini kita akan hancur didalamnya tanpa pertolongan dari Tuhan. Teruslah berdoa , karena doa bukan hanya sekedar terkabul atau tidaknya tetapi ada keberkahan luar biasa didalamnya. Percayalah doamu sudah pasti didengar oleh Tuhan. Dan Tuhan lebih mengetahui mana yang terbaik buat hambanya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar