Review Xduoo X2s : Dap mungil tapi power gede

TRISULA

Xduoo X2s
Lazada.com


Jika anda ingin mencoba dap entry level dengan harga dibawah 1jutaan maka anda wajib mencoba Xduoo x2s. Portabel dap kecil mudah dibawa kemana-mana. Tetapi dengan power suara yang besar. Ukurannya sebesar korek Zippo sebelas dua belas lah. Mudah dimasukan ke kantong celana atau baju. 

Jika anda sedang mencari review tentang Xduoo x2s ,maka anda sedang berada di artikel yang tepat. Di bawah ini saya akan memberikan ulasan tentang Xduoo x2s lengkap. Mulai dari spesifikasi, desain, build quality dan sound quality. Simak penjelasanya dibawah ini. 

Spesifikasi Xduoo x2s 

Power Supply: Built-in 3.7V/800mAH battery

Charging Specification: 5V/1A

Card Support: support up to 128G TF/Micro SD card

Output Power: 250mW (32Ω load)

Support Format:

DSD: DSD64-DSD128 (DFF, DSF)

APE: 16-24bit/44.1-96khz

FLAC: 16-24bit/44.1-192khz

WAV: 16- 24bit/44.1-192khz

AIFF: 16-24bit/44.1-192khz

WMA,MP3,AAC, OGG

Frequency Response: 20Hz~ 20KHz(土0.5dB)

Gain: +6dB

THD+N: 0.003% (1KHz)

S/N: 108dB

Impedance: 16Ω~300Ω

Daya baterai: 10jam

Waktu charge: <2jam

Ukuran: 6.3*4.0*1.5cm

Berat: 50g

Desain dan build quality

Ukuranya sangat kecil hanya sebesar korek Zippo. Dengan ukuran mini seperti ini akan mudah dibawa kemana-mana dan ringan. Namun perlu berhati-hati juga akan mudah kelupaan naruhnya ataupun hilang. 

Bahanya terbuat dari aluminium Alloy jadi ketika dipegang terasa sangat solid dan tidak licin.

Layarnya tipe monokrom yang cuma memberikan warna kuning dan hijau. Mirip tipe Xduoo sebelumnya. Tetapi dengan ketajaman yang lebih baik. 

Cara mengoperasikan juga mudah. Cuma ada 4 tombol. Play dan pause diatas dan bawah. Next/previous di kiri dan kanan. Sisi samping ada tombol volume. Diatas ada power dan lubang caharger type c. Disampingnya lagi ada slot micro SD dan tombol reset. Nah gunanya reset untuk berjaga-jaga jika dap mengalami freez atau error lainya. Sementara dibawah ada lubang Jack 3.5mm. 

Selain yang saya sebutkan di atas tidak ada lagi fitur lainya seperti bluetooth atau lubang DAC. Namun yang menurutku sangat oke adalah tersedia fitur equalizernya dengan berbagai opsi genre. Dan dapat juga di custom dengan menu 6 band. Kita bisa mengutak-atiknya sesuai selera. 

Sound quality

Karakter suaranya masih sama dengan tipe Xduoo pendahulunya. Yaitu dengan tuning : Netral to Bright. Bass: Tight merata tidak ada suara bass yang aneh-aneh. Selain itu juga ciri khas Xduoo yaitu analitical menampilkan suara yang transparan yang sesuai dengan kualitas file audionya rekamanya.  

Untuk powernya bisa mengangkat sampai 300ohm. Ini lumayan besar dari segi powernya diharga dibawah 1jutaan. Sementara detail dan claritynya sangat bagus. Ibarat sebuah gambar 4d yang memiliki high resolusi. Clarity sangat clear dan presisi. 3d imaging nya juga bagus dapat menampilkan setiap layernya dengan rapi. 

Tetapi hal yang wajar dari sebuah produk adalah disamping kelebihanya pasti ada kekuranganya. Jadi menurut saya kelemahannya adalah sering keluar noise floor, mungkin efek dari power yang besar. Tetapi selain itu semua masih oke. Cocok untuk yang baru mau mencoba pengalaman baru mendengarkan musik dap. Dijamin akan merasakan perbedaan yang besar dari sound quality.

Kesimpulan

Jadi Xduoo x2s bisa jadi pertimbangan yang ingin bermain di dap entry level. Atau yang yang baru mau terjun didunia audiophile. Tidak perlu muluk-muluk langsung beli yang mahal jika budget tidak mencukupi. Coba dulu dari versi entry level jika sudah puas , nanti bisa naik ke high level.  

Untuk harga sangat terjangkau yaitu sekitar 700rban. Anda akan mendapatkan sound quality yang berbeda dari smartphone. Simple penggunanya dan dap ini hanya fokus di suara tidak ada yg lain. Baterei awet 10 jam. Cobain sendiri, audisi sendiri dan percaya dengan kuping sendiri. 

Sekian review pengalaman memakai Xduoo x2s.  Semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi pertimbangan bagi yang sedang ingin meminang dap ini . Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar