7 Aplikasi untuk Membantu Menulis Bahasa Inggris, Gratis!

Anggi Novita Sari

Aplikasi untuk Membantu Menulis Bahasa Inggris

Kadjiro – Apakah kamu selama ini merasa kesulitan di dalam menulis bahasa Inggris? Bagi beberapa orang, menulis bahasa Inggris bukan sesuatu hal yang mudah. Terlebih lagi bagi kamu yang bukan native speakers, sangat dibutuhkan sekali keahlian khusus untuk kamu bisa melakukannya. Namun, saat ini kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan tersebut berkat adanya kemajuan teknologi. 

Sekarang, sudah banyak aplikasi untuk membantu di dalam menulis bahasa Inggris. Aplikasi-aplikasi ini bisa mengoreksi tulisan kamu, memberikan saran perbaikan dan memberikan tips bagaimana cara menulis yang lebih bagus lain. 

Selain itu, beberapa aplikasi juga menyediakan pemeriksaan tata bahasa dan koreksi ejaan. Semua fitur ini bisa membantu kamu menjadi seorang penulis yang handal, sehingga kamu akan merasa lebih percaya diri lagi untuk menulis. Yuk, simak langsung deretan aplikasi untuk membantu kamu menulis di dalam bahasa Inggris. 

Aplikasi untuk Membantu Menulis Bahasa Inggris 

Ada 7 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantu di dalam penulisan bahasa Inggris, yaitu : 

  1. Hemingway App 

Aplikasi Hemingway bisa membantu kamu di dalam menulis paragraf bahasa Inggris secara baik dan benar. Cara kerja dari aplikasi ini sangat mudah dan tidak ribet. Pertama, kamu harus impor dokumen ke dalam aplikasi tersebut. Nantinya, tulisan akan muncul di layar komputer dan akan dibagi ke dalam lima kategori warna. 

Setiap warna ini menandakan, bahwa tulisan harus disunting lagi supaya singkat, padat dan jelas. Warna kuning, artinya paragraf yang ditulis sangat kompleks dan terlalu panjang. Maka dari itu, hal yang harus dilakukan adalah menyingkatnya. 

Warna merah jambu, artinya kalimat kamu sangat rumit dimengerti oleh pembaca. Artinya, kamu harus menyunting lagi tulisan atau menghapusnya. Warna ungu artinya harus menggantinya ke frasa yang lebih pendek lagi. 

Lalu warna biru, artinya adalah kata keterangan di tulisan kamu harus diganti ke keterangan lainnya. Terakhir warna hijau adalah menandakan bahwa kalimat tersebut adalah pasif. 

  1. Grammarly 

Grammarly merupakan aplikasi untuk meningkatkan tata bahasa dan ejaan di dalam bahasa Inggris. Apabila kamu masih ragu dengan hasil tulisan kamu, maka langsung saja copy lalu paste tulisan ke dalam dashboard Grammarly. Nantinya, Grammarly akan melakukan perbaikan kesalahan pada tulisan kamu. 

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga bisa membantu di dalam pemilihan beberapa alternatif kata serupa. Sehingga, tulisan kamu akan terlihat jauh lebih menarik dan tidak menonton. Keunggulan lain dari aplikasi, yaitu memeriksa unsur plagiat di dalam sebuah tulisan. Hal ini sangat penting supaya tidak terjadi pelanggaran hak karya cipta. 

  1. Linguix 

Sama seperti dengan Grammarly, aplikasi Linguix juga berguna di dalam melakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan. Cara kerjanya sangat mudah, yaitu copy lalu paste tulisan kamu. Nantinya, Linguix akan menggaris bawahi tulisan yang harus dirubah. 

Linguix akan memberikan beberapa pilihan alternatif kalimat yang bisa dipadu dan padankan. Keunggulan ini yang bisa membantu para penulis di dalam mengembangkan sebuah paragraf menjadi lebih bagus lagi. Namun sayangnya aplikasi ini berbayar, tapi kamu bisa mencoba gratis selama 7 hari. 

  1. Wordtune 

Wordtune merupakan aplikasi berbasis AI untuk membantu para penulis di dalam mengembangkan tulisannya. Caranya tinggal copy dan paste tulisanmu. Nantinya, Wordtune akan memberikan pilihan alternatif kalimat yang bisa dipilih. 

Apabila sudah kehabisan ide di dalam menulis, maka Wordtune akan memberikan solusinya. Bahkan, Wordtune juga akan menambahkan beberapa kalimat ke paragraf dan tulisan kamu akan jauh lebih kreatif lagi. Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk para penulis pemula, karena mudah dan simple ketika digunakan. 

  1. Ginger Software 

Ginger Software adalah aplikasi untuk memperbaiki tata bahasa serta ejaan di dalam tulisan. Cara kerja dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Grammarly dan Linguix. Kamu tinggal copy lalu paste tulisan kamu yang harus diperbaiki. Namun sayangnya, aplikasi ini masih mempunyai banyak kekurangan dibandingkan aplikasi yang serupa. 

  1. Deepl Translator 

Deepl merupakan aplikasi yang dibuat untuk melakukan penerjemahan sebuah bahasa ke bahasa asing lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengguna bisa melakukan penerjemahan sebuah dokumen dengan format .pdf, doc dan pptx. 

Cara kerja dari aplikasi ini sangat mudah, cukup lakukan copy dan paste tulisan bahasa Indonesia kamu. Lalu, Deepl Translator akan menerjemahkannya menjadi bahasa Inggris. Aplikasi ini sangat cocok untuk para pengguna yang tidak terlalu menguasai bahasa asing. 

  1. Lingvanex 

Selain Deepl Translator, Lingvanex juga menjadi salah satu aplikasi yang bagus untuk menerjemahkan ke bahasa asing. Aplikasi yang satu ini menyediakan berbagai fitur yang sangat lengkap, seperti menerjemahkan berkas, menerjemahkan gambar, kamus dan masih banyak lainnya lagi. 

Cara kerja dari Lingavanex ini sama seperti dengan aplikasi terjemahan yang lainnya. Langsung saja copy lalu paste tulisan kamu, dan Lingvanex akan melakukan penerjemahan ke dalam bahasa Inggris. 

Menulis dengan menggunakan bahasa Inggris ini bukan menjadi suatu kendala lagi. Dengan aplikasi untuk membantu menulis di dalam bahasa Inggris, kamu akan terlihat seperti seorang native speakers

Bagi kamu yang hendak menulis artikel, novel arau berbagai macam tulisan lainnya, aplikasi di atas sangat praktis dan mudah digunakan. Segera coba dan semoga informasi di atas bisa membantu kamu di dalam proses penulisan menggunakan bahasa Inggris, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar