Rekomendasi Platform Menulis Artikel yang Dibayar

TRISULA

Rekomendasi Platform Menulis Artikel yang Dibayar

Mau nulis artikel dibayar? Di beberapa situs ini para penulis artikel kan mendapatkan honor mahal layaknya menulis di media cetak. Bahkan, ada situs yang membayar penulis dalam bentuk dollar, lho. Penasaran? Bagi penulis, menghasilkan uang dari rumah merupakan hal yang sangat menguntungkan. Terlebih ketika masa pandemi beberapa tahun lalu yang menyebabkan pekerjaan digital semakin digencari oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, saat ini sudah banyak media online atau situs yang menerima tulisan dari penulis luar. Dari mulai website yang tergolong kecil hingga situs berita milik grup besar. Setiap tulisan yang tayang, akan mendapatkan bonorimarium yang layak bagi penulis.

Platform Menulis Artikel

Ada beberapa pengelola situs atau website yang membayar per tulisan dalam bentuk poin yang bisa dikonversi ke rupiah. Jumlah poin tersebut akan dihitung berdasarkan jumlah view atau pembaca. Tak jarang beberapa website juga membayar penulis dengan jumlah honor yang sudah ditentukan.

Contohnya, ada situs yang membayar tulisan esai sepanjang 700-1200 kata sebesar 250.000-750.000. Ada juga yang membayar satu tulisan dengan harga 2,5 juta. Melihat jumlah rata-rata honor tulisan di media online, mungkin kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Jika dalam sebulan kamu mampu menulis 15 artikel yang per tulisannya dibayar 250.000 maka uang yang kamu dapat sekitar 3,75 juta.

Rekomendasi 7 Platform Menulis Artikel Dibayar

Apakah kamu penasaran dengan situs, website, atau platform untukĀ  menulis artikel yang bisa menghasilkan jutaan rupiah? Kuy, simak penjelasan dibawah ini.

1. Mongabay.co.id

Mongabay.co.id merupakan situs berita lingkungan yang cukup populer di Indonesia. Sejak kehadirannya di Indonesia, tepatnya 8 tahun lalu, situs ini banyak menurunkan liputan perihal lingkungan, flora, fauna, serta konflik satwa.

Situs tersebut merupakan bagian situs populer di dunia yang didirikan oleh Rhett A. Butler pada tahun 1999. Diluncurkan sejak April 2012 untuk meningkatkan minat terhadap alam dan kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan di Indonesia.

Jika artikel kamu berhasil terbit di situs ini, kompensasi yang akan diberikan yaitu Rp750 per kata. Sedangkan untuk foto akan diberikan kompensasi sebesar 50.000 – 100.000 per foto.

2. Geotimes.co.id

Geotimes Indonesia merupakan portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik. Situs ini juga memberikan ruang bagi para pembaca dengan perspektif tajam dari para pakar publik seputar agama, sosial, media, politik, dan ekonomi.

Jika kamu ingin mengirim tulisan kesini, ada baiknya untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku agar tulisan yang kamu kirim layak muat. Misal, dari unsur fakta, relevansi dan teori-teori pendukung lain. Sebagian besar konten di Geotimes.co.id berbentuk Esai dan Opini.

Selain itu, ada beberapa syarat lain yang harus diperhatikan, yaitu;

  • Tulisan terdiri dari 750-1000 kata.
  • Biodata pengirim harus jelas dan sesuai dengan kartu Identitas yang dimiliki.
  • Responsif terhadap isu-isu aktual.
  • Artikel yang dibuat harus argumentatif.
  • Tidak mengandung SARA.
  • Tulisan sepenuhnya menjadi penanggung jawab penulis.

Sedangkan untuk honor dari satu tulisan yang dimuat yaitu 350.000. Apa kamu tertarik untuk mencobanya?

3. Basabasi.co

Apakah kamu termasuk orang yang senang basa-basi? Atau sering menulis tulisan pendek hanya sekedar untuk berbasa-basi? Jangan lewatkan kesempatan untuk menulis ke situs Basabasi.co.

Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak, situs ini lebih fokus pada artikel-artikel ringan mulai dari cerpen, opini, dan resensi buku.

Selain itu, situs ini juga memiliki beberapa kategori tulisan dimana setiap naskah yang dikirim mempunyai harga yang berbeda. Jika kamu mengirim tulisan ringan dalam bentuk esai, kamu akan mendapatkan honor 100.000 per tulisan. Namun, ada juga yang dibayar sampai 300.000 untuk kategori esai dan opini. Sedangkan untuk puisi dan resensi buku kamu akan mendapat honor sebesar 200.000 – 250.000.

Biasanya tulisan yang kamu kirim akan disunting terlebih dahulu. Jika layak, tulisan kamu akan langsung diterbitkan di situs tersebut.

4. IDN Times

Siapa yang tidak kenal dengan situs populer yang satu ini? Ya, IDN Times merupakan situs menulis online yang mencari penulis handal yang tulisannya banyak dilihat dan dibaca orang, terutama topik yang masih fresh dan menjadi trending. Semakin banyak view, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan honor yang tinggi.

Setiap 100 views yang dihasilkan menjadi 1 poin. Poin kamu juga akan terus bertambah seiring banyaknya pembaca. Selain itu, poin tersebut juga bisa dikonversi dengan uang atau barang yang sudah disediakan. Minimal poin yang bisa ditukarkan adalah 500 poin, berlaku kelipatan.

Misal; kalau artikel yang kamu tulis menghasilan 150.790 vio ws, maka poin yang kamu dapatkan adalah 1500 poin atau setara dengan 150.000. Sisa poin sisa kamu juga tidak akan hilang melainkan akan menjadi saldo poin di situs tersebut.

5. Mojok.co

Pernah dengar motto “sedikit nakal banyak akal”? Ya, motto siapa lagi kalau bukan motto situs terkenal yang satu ini. Biasanya situs tersebut berisi konten satir yang membayar penulis dengan honor yang cukup layak.

Berapa sih honor menulis di Mojok.co?

Besaran honor yang akan diberikan pada penulis yaitu berkisar antara 250.000 – 350.000 per tulisan. Honor tersebut akan dikirim setiap hari Senin. Jadi, kalau kamu berencana menulis di website tersebut jangan lupa untuk melampirkan nomor rekening dan letakkan di badan e-mail.

Itulah 5 platform menulis artikel dibayar yang bisa dijadikan referensi buat kamu. Kalau sudah peluang, tunggu apa lagi? Yuk, mulai menulis artikel sambil mengais rezeki.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar