3 Daftar HP Support eSIM, Terbaik dan Terbaru di Tahun 2024!

Anggi Novita Sari

Daftar HP Support eSIM

Kadjiro – Tahukah kamu, kini banyak operator seluler yang mulai mengeluarkan produk Embedded Subscriber Identity Module (e-SIM). Namun sayangnya, tidak semua smartphone sudah mendukung penggunaan eSIM. Maka dari itu, di bawah ini akan menyajikan informasi mengenai daftar HP yang sudah support eSIM

Table of Contents

Apa Itu eSIM? 

Apakah sebelumnya kamu mengira, bahwa eSIM mempunyai arti electronic SIM? Well, ternyata bukan itu, lho. eSIM merupakan singkatan dari Embedded Subscriber Identity Module yang secara umum berbentuk seperti module dan dipasang pada perangkat untuk menggunakan nomor telepon. 

Sebagian besar perusahaan telekomunikasi juga menyebut eSIM sebagai SIM digital, di mana kamu tidak harus memasang kartu fisik pada perangkat seperti SIM card pada umumnya. Dengan menggunakan eSIM, kamu hanya perlu mengunduh profil nomor telepon dari provider yang telah menyediakannya. 

Nantinya, profil yang sudah terunduh dan memprogram modul yang sudah terpasang pada ponsel kamu dan mengubahnya menjadi kartu SIM seperti biasanya. Namun sayangnya, saat ini eSIM hanya bisa digunakan pada smartphone yang sudah kompatibel dan series tertentu saja. 

Daftar HP Support eSIM 

Nah, sekarang kamu sudah tahu ya, apa itu eSIM? Apabila kamu tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah beberapa daftar HP yang support eSIM dari berbagai merek smartphone, yaitu : 

  1. iPhone Series 

iPhone merupakan perangkat yang konsisten untuk memberikan teknologi terbaru di dalam beberapa perangkatnya. Meski mempunyai harga mahal, tidak menjadikan orang-orang untuk tidak membeli perangkat iPhone.

 Justru dengan harga yang mahal, perangkat iPhone sudah dilengkapi berbagai fitur dan teknologi baru. Bahkan, perusahaan smartphone dunia menjadikan iPhone sebagai patokan di dalam membuat handphone dengan cara menirus desain dan mengikuti teknologi yang sudah tersemat di iPhone. 

Pada tanggal 12 September 2023 lalu, Apple sudah meluncurkan produk terbarunya, yaitu iPhone 15. iPhone 15 ini hadir dengan empat varian, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Untuk harga series dari iPhone 15 mulai dari tipe terendah sampai dengan tertinggi dibanderol mulai dari Rp15.000.000,00 – Rp24.000.000,00. 

Series iPhone 15 hadir dengan perubahan dan teknologi terbaru seperti USB type C yang menggantikan port lightning, desain titanium dan teknologi terkini yang sudah ada di series iPhone sebelumnya adalah eSIM. Teknologi eSIM ini sebelumnya juga hadir pada series iPhone 14, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. 

Meski diluncurkan pada 7 September 2022 lalu, semua perangkat series dari iPhone 14 ini sudah support eSIM. Sehingga di saat mengganti SIM, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mencopot SIM fisiknya. 

Selain series iPhone 15 dan 14, fitur eSIM juga sudah tersemat pada series iPhone 13, 12, 11, XS, XR dan SE 2020/2022. Kelebihan dari eSIM dibandingkan dengan SIM fisik adalah saat akan mengganti kartu SIM, kamu tidak perlu lagi repot-repot mencopot kartu SIM fisiknya. Nah, kelebihan dari eSIM ini yang mempermudah kamu yang suka traveling ke luar negeri. 

  1. Samsung Series 

Samsung adalah salah satu merek HP Android yang paling populer dan mempunyai market share sangat luas. Tingkat ketenaran dari Samsung ini berhasil didapatkan, karena Samsung mempunyai inovasi dan teknologi mengikuti pasar dunia. Sehingga, banyak orang yang menggunakan merek Samsung. 

Pada bulan Januari 2024 lalu, Samsung sudah mengeluarkan series flagship terbaru mereka, yaitu pada lini series Samsung Galaxy S24. Ada tiga perangkat yang berada di dalam serial S24, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24+ dan Galaxy S24 Ultra. 

Masing-masing perangkat Samsung di series S24 ini mempunyai teknologi dan fitur yang mutakhir. Fitur yang paling gencar oleh Samsung di lini series S24 adalah mempunyai teknologi dan fitur mutakhir. 

Fitur yang paling diincar oleh Samsung di dalam lini series S24 adalah fitur AI. Fitur AI ini bisa digunakan oleh pengguna Samsung series S24 secara offline tanpa koneksi internet untuk berbagai kegunaan, seperti bisa melacak objek foto, menghapus objek foto dan menerjemahkan secara offline baik via teks atau telepon. 

Selain itu, di series Samsung S24 sudah tersemat teknologi e-SIM. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir tentang teknologi yang sudah ada di series Samsung S24. Selain di series Samsung S24, fitur eSIM juga sudah tersemat di series Samsung sebelumnya seperti series S23, S22, S21, S20, Z Flip dan fol dan Note 20. 

  1. Google Pixel Series 

Apakah kamu tau kalau Google juga memproduksi HP Android? Bagi kamu yang sudah familiar dan mengikuti teknologi terkini, pasti nama Google Pixel sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. 

Google Pixel adalah handphone buatan Google yang menggunakan tampilan Android stock, yaitu tampilan asli dari Android. Bisa dibilang user interface murni buatan Google. Dengan menggunakan Android stock, perangkat Google Pixel minim dengan aplikasi bloatware dan iklan seperti yang ada di perangkat Android merek lainnya.

Fitur dan teknologi yang ada di Google Pixel juga sangat canggih, seperti perekaman hingga 4K 60fps, kamera mumpuni dan teknologi eSIM. Series terakhir dari Google, yaitu series Google Pixel 8 yang diluncurkan pada bulan Oktober 2023 lalu. 

Meski begitu, perangkat dari series Google Pixel 8 ini sudah tertanam teknologi eSIM. Bahkan, teknologi eSIM ini juga sudah tersemat di series Google Pixel sebelumnya yaitu series Pixel 7,6,5,4,3 dan Fold. 

Sekian penjelasan mengenai 3 HP yang sudah support eSIM di tahun 2024. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu menentukan pilihan di saat ingin membeli HP canggih dan terbaru. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar