7 Cara Aman Mengunduh Aplikasi Smartphone, Harus Diperhatikan!

Anggi Novita Sari

Cara Aman Mengunduh Aplikasi Smartphone 

Kadjiro – Dunia digital saat ini dibanjiri dengan aplikasi gratis. Untuk tetap terhubung dengan orang lain, mencari transportasi, membeli makanan, navigasi dan masih banyak lainnya lagi. Kamu hanya perlu menekan beberapa tombol, tekan install dan aplikasi sudah terpasang sempurna di perangkat yang digunakan. 

Menariknya lagi adalah banyak aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis. Namun, terkadang, aplikasi digunakan sebagai umpan supaya para penjahat dunia maya bisa melancarkan aksinya. Dan, begitu kamu mengunduhnya, maka pihak pengembang aplikasi akan mengumpulkan dan menjual data para pengguna. 

Karena alasan ini, kamu tidak boleh sembarangan download aplikasi sembarangan. Untuk meningkatkan keamanan, di bawah ini ada beberapa cara yang aman di saat download aplikasi

Cara Aman Mengunduh Aplikasi Smartphone 

Ada 7 cara aman mengunduh aplikasi di smartphone yang harus kamu perhatikan, yaitu : 

  1. Mengunduh Aplikasi di Official Store 

Semua aplikasi dasar sudah dipasang sebelumnya pada perangkat. Jadi, di saat kamu menginginkan aplikasi tambahan, penting bagimu untuk mengunduhnya melalui official store karena sebagian besar platform terkenal mempunyai sistem untuk melakukan evaluasi aplikasi sebelum dipublikasikan. 

Sebaliknya, jika kamu mengunduh dari toko tidak resmi, ini akan menempatkanmu pada resiko mengunduh aplikasi yang dimodifikasi oleh penjahat, karena aturannya lebih fleksibel. Pada intinya, berhati-hati di saat mengunduh aplikasi dari toko lain yang tidak bersertifikat. 

  1. Memperhatikan Izin 

Pada umumnya, di saat akan mengunduh aplikasi, mereka akan meminta kamu memberikan izin tertentu pada perangkat. Mungkin sebuah aplikasi membutuhkan penggunaan kamera untuk mengambil foto, mengakses galeri untuk edit media maupun menggunakan daftar kontak di saat melakukan panggilan telepon. 

Berhati-hatilah karena banyak aplikasi yang akan menggunakan akses ini untuk mengeksploitasi. Misalnya, aplikasi jahat mungkin akan meminta akses ke email maupun pesan singkat, yang merupakan tempat data berharga. Atau aplikasi yang mungkin bertanya lokasi, lalu menggunakannya untuk melacak tanpa kamu sadari. 

Jadi, di setiap kali ada aplikasi yang meminta untuk diberikan izin apapun, pastikan aplikasi tersebut sudah bisa dipercaya dan izin yang disertakan tidak membayarkan kamu. Akses ke kamera, mikrofon, riwayat penjelajahan dan kontak merupakan contoh izin yang berbahaya. 

  1. Memeriksa Ulasan 

Pada saat akan membeli barang, kamu pasti membaca ulasan terlebih dahulu supaya tidak kecewa. Itu juga harus diterapkan sebelum kamu install aplikasi apapun. 

Apabila suatu aplikasi mendapat banyak ulasan negatif, ini mungkin karena aplikasi tersebut dirancang dengan buruk, tapi bisa juga karena cara aplikasi mengelola data, menggunakan baterai, mengakses izin dan sejenisnya. Ini merupakan red flag yang mungkin akan menunjukkan aplikasi tersebut adalah berbahaya. 

  1. Memperhatikan Kamu Sudah Install Aplikasi Antivirus 

Mempunyai perangkat lunak antivirus maupun keamanan lainnya akan membantu kamu mengetahui apakah suatu aplikasi aman, karena mengidentifikasi dan menghilangkan potensi ancaman. Perlindungan kali ini juga berlaku untuk perangkat Android, karena bekerja langsung di dalam sistem operasi. 

Satu hal yang tidak kalah penting, setelah mengunduh suatu aplikasi maupun file, segera pindai menggunakan antivirus. Apabila antivirus menemukan aplikasi tersebut aman, kamu bisa terus menggunakannya. 

  1. Membaca Catatan Tentang Ponsel 

Tidak membutuhkan waktu lama untuk membaca perihal kebijakan privasi pengembang dan ketentuan perjanjian. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan langkah yang satu ini. 

Perhatikan hal-hal seperti informasi pribadi apa yang akan diakses dan bagaimana cara penggunaanya. Apabila kamu tidak bisa menemukan kebijakan privasi, maka ada potensi bahwa aplikasi tersebut adalah tidak sah. 

  1. Memeriksa Pembaruan 

Periksa kapan pengembang terakhir kali melakukan pembaruan aplikasi. Sebab, jika kadaluarsa, aplikasi tersebut akan lebih rentan terhadap serangan malware atau masalah keamanan. 

Aplikasi yang tidak pernah dilakukan pembaruan mungkin sudah tidak kompatibel dengan perangkat yang lebih baru. Bahkan, tidak memberikan dukungan jika terjadi masalah. Sebaliknya, aplikasi yang diperbarui secara berkala ini mempunyai tingkat keamanan lebih baik. 

  1. Memperhatikan Ekstensi File 

Perhatikan ekstensi file sebelum kamu mengunduhnya. Ekstensi merupakan huruf yang muncul setelah nama file tersebut. File yang mempunyai ekstensi .exe atau .scr sering dianggap berbahaya dan harus kamu hindari. 

Apabila kamu mengunduh file dengan salah satu ekstensi di atas, pastikan kamu mendapatkan dari situs web yang sudah terpercaya maupun kontak email yang dikenal. Juga pastikan kamu melakukan pemindaian guna memastikannya tidak menimbulkan ancaman pada perangkat. 

Itulah dia beberapa tips untuk tetap aman di saat mengunduh aplikasi dan mengurangi kemungkinan terjebak di dalam dunia digital. Jadi, pastikan kamu mempraktikkannya sebelum mengunduh segala jenis aplikasi apapun. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar