7 Rekomendasi Aplikasi Enkripsi Terbaik di Windows, Gratis dan Simple!

Anggi Novita Sari

Aplikasi Enkripsi Terbaik di Windows

Kadjiro – Aplikasi enkripsi bisa membantu kamu di dalam menyandikan data maupun file yang tersimpan di dalam PC maupun laptop agar tidak bisa diakses oleh orang lain, kecuali mereka sudah memasukkan kata sandi untuk deskripsi. Dengan meningkatkan scam online dan serangan malware, sangat disarankan bagi para pengguna Windows untuk mengenkripsikan data dan menambah lapisan keamanan tambahan. 

Pada kesempatan kali ini kamu akan diberikan beberapa aplikasi enkripsi terbaik di perangkat Windows. Bagi kamu yang penasaran dan ingin perangkatnya aman, maka bisa simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Enkripsi? 

Enkripsi merupakan aktivitas mengubah bentuk data yang awalnya mudah dipahami menjadi kode sulit untuk dipahami. Hal tersebut terjadi, karena fungsi utama dari enkripsi adalah mengamankan data. 

Selain itu, enkripsi digunakan untuk menanggulangi seiring adanya cyber crime atau kejahatan dunia maya. Seperti peretasan email, phising, pencurian data, carding dan lain-lain. 

Caranya, dengan mengacak data sensitif supaya berbeda-beda dengan aslinya. Dengan begitu, ketika hacker menerima data, mereka tidak akan bisa dengan mudah menggunakannya. Itu kenapa, berbagai platform digital seperti situs web dan media sosial kini menggunakan enkripsi. 

Daftar Aplikasi Enkripsi Terbaik di Windows 

Setelah paham mengenai pengertian apa itu enkripsi, maka kamu akan diberikan beberapa rekomendasi aplikasi enkripsi yang bisa dipilih dan digunakan. Saat ini banyak sekali aplikasi enkripsi bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, untuk 7 aplikasi yang ada di bawah ini sudah benar-benar terbukti aman digunakan pada perangkat Windows : 

  1. 7-Zip 

7-Zip memang sudah dikenal sebagai aplikasi untuk melakukan kompres file, tapi disisi lain, aplikasi ini juga sempurna untuk melakukan enkripsi file. Selain itu, aplikasi ini menggunakan enkripsi 256-bit AES untuk mengunci beberapa file yang sudah kamu kompres sebelumnya. 

Apabila ingin mengaksesnya, kamu harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu. Aplikasi satu ini sangat mudah digunakan, di mana kamu hanya perlu memilih file, mengompresnya ke dalam arsip serta memberikan enkripsi menggunakan kata sandi yang kuat. 

  1. VeraCrypt 

VeraCrypt mempunyai algoritma enkripsi secara open-source yang artinya, tidak ada perusahaan atau pemerintah bisa memaksa VeraCrypt untuk mendeskripsikan file kamu. Aplikasi yang satu ini cross-kompatibel dan bisa digunakan pada perangkat Windows, macOS dan Linux. 

Kamu juga bisa melakukan enkripsi keseluruhan praktisi maupun perangkat keamanan eksternal, seperti flashdisk. Bagian terbaiknya adalah aplikasi ini tersedia untuk di download dan digunakan secara gratis. 

  1. Age 

Age adalah aplikasi enkripsi modern dengan mempunyai segudang fitur menarik dan UI berbasis tek (mirip seperti CMD). Kemampuan enkripsi aplikasi satu ini ditenagai oleh algoritma enkripsi XchaCha20-Poly1305, sehingga sulit sekali untuk ditembus. 

Aplikasi yang satu ini juga menawarkan enkripsi dan dekripsi berbasis password, di samping fitur untuk mengelola password. Apabila tertarik menggunakan, kamu bisa langsung saja mengunduh aplikasi Age secara gratis di GitHub. 

  1. Gpg4win 

Gpg4win bisa membantu kamu di dalam memindai file dan email pada berbagai channel dengan lebih aman lewat bantuan enkripsi dan tanda tangan digital. Selain memberikan dukungan enkripsi yang kuat, dukungan tanda tangan digital juga memastikan jika file yang kamu kirim tidak dimodifikasikan di tengah perjalanan. Aplikasi yang satu ini bisa kamu unduh secara gratis untuk perangkat Windows yang sudah mendukung Windows terbaru, yaitu Windows 11. 

  1. BitLocker 

BitLocker adalah fitur enkripsi bawaan Windows yang memungkinkan kamu untuk mengunci penyimpanan dan menjaga data di dalamnya supaya tetap aman. Fitur yang satu ini hanya tersedia pada Windows versi Pro, Enterprise dan Education. BitLocker juga menawarkan dua metode enkripsi, yaitu berbasis hardware dengan chip Trusted Platform Module (TPM) dan berbasis software menggunakan kata sandi atau flashdisk. 

  1. Cryptomator 

Apabila kamu sering menyimpan file maupun data di dalam penyimpanan cloud, maka Cryptomator menjadi aplikasi yang wajib kamu install, terlebih dengan beberapa fakta yang mengatakan bahwa menyimpan di cloud tidak sepenuhnya aman. Dengan menggunakan aplikasi ini, hanya kamu yang mempunyai kunci untuk dekripsi data yang sudah di enkripsi. Aplikasi ini open source, sehingga jika kamu ragu, maka bisa melihat apakah aplikasi ini mempunyai backdoor atau tidak. 

  1. AxCrypt 

Terakhir, ada AxCrypt, aplikasi enkripsi di Windows yang bisa membantu kamu untuk mengamankan beberapa file penting kamu. Aplikasi yang satu ini menggunakan peran enkripsi dari AES-256 untuk memastikan data tetap aman. 

Selain itu, ada juga fitur bernama Mobile Encryption yang memungkinkan kamu untuk melakukan enkripsi file dari Android, iOS dan File Wipe untuk melakukan penghapusan file yang tidak terenkripsi. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai rekomendasi aplikasi enkripsi terbaik pada perangkat Windows. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu kamu di dalam menentukan pilihan, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar