6 Cara Membedakan Speaker Portable Bluetooth JBL Asli dan Palsu

Anggi Novita Sari

Cara Membedakan Speaker Portable Bluetooth JBL Asli dan Palsu 

Kadjiro – Semua orang suka mendengarkan musik. Kegiatan ini juga akan semakin asyik jika didukung dengan perangkat audio, terlebih dengan speaker portable bluetooth. Baik dari segi material dan desain, fitur-fitur istimewa yang dimiliki, hingga kualitas suara menjadi salah satu hal harus dipertimbangkan oleh para pengguna. Salah satu speaker bluetooth yang paling laris di pasaran adalah JBL. 

Speaker JBL pada umumnya memang dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal, tapi sebanding dengan kualitas serta keistimewaan fitur yang ditawarkan. Namun untuk kamu yang ingin membeli produk-produk dari JBL, sebaiknya perhatikan perhatikan beberapa hal dibawah ini untuk mengetahui speaker bluetooth JBL yang asli dan palsu. 

Cara Membedakan Speaker Portable Bluetooth JBL Asli dan Palsu 

Sebagai berikut adalah 6 cara yang bisa kamu lakukan di saat akan membeli speaker portable bluetooth JBL : 

  1. Memperhatikan Deskripsi Produknya 

Apabila kamu memutuskan untuk membeli perangkat audio secara online, jangan lupa memperhatikan judul dan deskripsi produknya secara lengkap serta mendetail. Sedangkan, untuk kamu yang ingin membeli di toko langsung juga harus tetap melakukan riset produk terlebih dahulu supaya tahu spesifikasi dari produk speaker tersebut. 

Misalnya, kamu ingin membeli JBL Charge 4. Perangkat audio kali ini bisa bekerja sampai dengan 20 jam lamanya disaat mendengarkan musik. Apabila kamu melihat di dalam kolom deskripsi, bahwa speaker portable bluetooth ini hanya mampu bekerja sampai dengan 5 jam saja, maka kamu harus meragukan keasliannya. 

Tidak ada salahnya, kamu membandingkan dengan toko online sebelah. Jangan sampai kamu terjebak memilih seri speaker yang tidak sesuai dengan kebutuhan audio dambaan. Daripada melakukan penukaran di kemudian hari, kamu bisa melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membayar. 

  1. Melihat Ulasan Pembeli 

Ulasan pembeli juga bisa menjadi salah satu acuan untuk membedakan apakah produk yang kamu ingin beli memang original atau tidak. Perhatikan juga semua foto yang ditampilkan di dalam halaman produk, kamu juga bisa melihat ulasan para pengguna yang sudah membeli produk tersebut dan jangan sampai terkecoh gambar bagus saja. 

Di sisi lain, jika kamu melakukan pembelian secara online, pastikan sudah mencari tahu apakah si penjual memang terpercaya atau tidak. Apabila meragukan, lebih baik membeli speaker portable bluetooth di toko lainnya. Untuk menambah pengetahuan kamu mengenai produk perangkat audio JBL yang ingin dibeli, maka bisa melihat berbagai ulasan di YouTube

  1. Memperhatikan Ciri-Ciri Tampilan Fisiknya 

Pada saat kamu tidak ingin membeli produk speaker JBL secara online, maka langsung saja datang ke tokonya. Kamu bisa melihat bagaimana tampilan fisik dari produk ini dan mencobanya langsung. Sebagai contoh, di pasaran sudah tersedia JBL Pulse palsu yang sudah dijual. Apabila dilihat dari bentuknya, baik yang asli atau palsu ini mempunyai rupa, ukuran dan warna yang cukup identik. 

Supaya kamu bisa membedakan dengan mudah, pertama kali kamu bisa melihat dari ada atau tidaknya logo merk JBL. JBL Pulse yang asli mempunyai logo di bagian atas, sedangkan untuk yang palsu tidak menemukan segala jenis ornamen apapun. 

Hal lain yang menjadi pembeda adalah letak tombolnya. Pada bagian atas, ada berbagai tombol fungsi berwarna putih untuk produk speaker JBL yang asli. 

Selain itu, ada tempat port untuk mencolokkan kabel di bagian samping. Apabila dibandingkan dengan JBL Pulse yang palsu, kamu akan menemukan slot microSD tambahan di bagian sampingnya. 

Kamu juga bisa melihat desain dari speaker bluetooth yang ingin kamu beli dari situs resmi milik JBL. Biasanya, ada detail tombol dan port yang telah tersedia. Bandingkan saja gambar yang asli dengan produknya. Apabila ada perbedaan, maka patut dicurigai produk tersebut adalah palsu. 

Selain itu, speaker bluetooth JBL palsu ini tidak mempunyai material yang kuat dan tampak murahan. Di bagian bodi perangkat juga ada informasi Serial Number dan nomor tersebut bisa kamu lakukan pengecekan di situs resmi JBL untuk mengetahui perangkat tersebut asli atau palsu. 

  1. Memperhatikan Kemasan Produk 

Disaat kamu ingin membelinya di toko online, maka perhatikan kemasan maupun produk kontak penjualan speaker JBL tersebut. Kemasan dari penjualan speaker JBL yang asli ini mempunyai tanda-tanda sebagai berikut : 

  • Hasil cetakan print yang beresolusi tinggi. 
  • Sudah dilengkapi dengan Serial Number. 
  • Mempunyai stiker barcode. 
  • Mempunyai icon Compliance.

Jadi, jika kamu melihat kontak penjualan tidak mempunyai cetakan yang bagus, biasanya hasil print wash out atau buram ini bisa dikatakan produk yang kamu beli adalah palsu. Selain itu, kotak penjualan selalu dilengkapi dengan cetakan Serial Number. Sebelum dibawa pulang, cek saja Serial Number tersebut melalui situs resmi JBL untuk memastikan bahwa produk tersebut adalah asli. 

  1. Tidak Mudah Terkecoh oleh Harga yang Ditawarkan 

Andaikata kamu ingin membeli JBL Clip 2, tercantum harga normalnya adalah Rp1.000.000,00 di situs resminya. Apabila kamu menemukan JBL Clip 2 di toko lain dengan harga yang lebih murah, cari tahu terlebih dahulu apa memang produk yang dijual asli atau tidak. Lebih mahal bukan berarti asli, sebaiknya kamu tetap waspada dengan beberapa hal yang berkaitan dengan fitur serta fungsi komponen melalui ulasan atau forum online

  1. Garansi Produk untuk Penggantian dan Service 

Bagaimana jika speaker bluetooth kamu rusak ketika baru dicoba dan pertama beli? Penting untuk memperhatikan garansi jika kamu ingin membeli barang elektronik. 

Tanyakan kepada pihak penjualnya apakah perangkat audio yang kamu beli ada masa garansinya atau tidak. Biasanya, JBL akan memberikan garansi selama 1 tahun yang bisa kamu klaim dengan mudah dari distributor yang sudah tersebar di beberapa kota. 

Nah, itulah dia 6 cara membedakan speaker portable bluetooth JBL yang asli dan palsu. Jadi, pilihlah produk incaran kamu dengan tepat dan bijak, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar